Comscore Tracker

9 Film Keren Garapan Joko Anwar, Horor hingga Action!

Wajib tonton film-film dari sutradara keren Indonesia ini!

Sebagai sutradara, Joko Anwar telah banyak menghasilkan film-film menarik bagi Indonesia, dari drama, horor, hingga genre action jagoan. Sejumlah filmnya pun bukan hanya berhasil di dalam negeri, tapi juga internasional.

Dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik Indonesia, berikut daftar film Joko Anwar yang harus kamu tonton.

1. Janji Joni (2005)

https://www.youtube.com/embed/IToLFuNWDZg

Sesuai judulnya, film ini berkisah tentang Joni (Nicholas Saputra) yang berjanji untuk menepati satu permintaan seorang perempuan yang mencuri perhatiannya. Joni yang bekerja sebagai pengantar film ke bioskop diminta untuk bisa mengantar film kesukaan perempuan ini tepat waktu. Namun, hari itu seakan-akan satu semesta melawan takdir Joni.

2. Kala (2007)

https://www.youtube.com/embed/i3sl71mqLXE

Joko Anwar tidak spesifik menjelaskan latar waktu dan tempat dari film ini. Kala berkisah tentang sebuah negara yang membuat undang-undang baru untuk kedamaian. Namun, undang-undang ini justru menjadi pisau bermata dua, karena menjadi pembenaran orang-orang main hakim sendiri. Di antara keriuhan itu, ada seorang polisi bernama Eros (Ario Bayu) yang penasaran dengan kegaduhan yang muncul di tengah hidupnya.

3. Pintu Terlarang (2009)

https://www.youtube.com/embed/t3XZAUNgNzQ

Joko Anwar kali ini menggarap sebuah film dari adaptasi novel. Pintu Terlarang merupakan kisah yang dibuat oleh Sekar Ayu Asmara. Film ini bercerita tentang pemahat kenamaan yang mendapat cobaan setelah mendapat pesan minta tolong dari seseorang. 

4. Modus Anomali (2012)

https://www.youtube.com/embed/dvWiXLiCOzs

Modus Anomali memiliki kisah yang melambangkan kesialan. Seorang bapak yang mengajak keluarganya berwisata, justru dihadapkan dengan kehilangan mereka. Bapak ini tidak ingat dirinya siapa dan benar-benar tanpa arah. Joko Anwar membuat film ini dengan bahasa Inggris dengan alasan latar cerita film ini berada di luar negeri, lho. 

Baca Juga: 5 Artis Ini Sering Bintangi Film dan Serial Karya Sutradara Joko Anwar

5. A Copy of My Mind (2015)

https://www.youtube.com/embed/8JigYotRQoY

Film ini menggunakan latar waktu pada musim pemilihan presiden. Sekilas seperti biasa saja, tetapi kondisi itu berpengaruh bagi dua tokoh utama film ini. Sari (Tara Basro), pekerja salon murah jatuh cinta dengan Alek (Chicco Jerikho), penerjemah film bajakan. Percintaan mereka terguncang setelah iklim politik meningkat dan mengganggu stabilitas masyarakat awam.

6. Pengabdi Setan (2017)

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

Bagaimana kalau ternyata salah satu anggota keluargamu mengabdi kepada setan? Fakta itu yang harus diterima oleh Rini (Tara Basro). Ibunya mengabdi untuk setan agar bisa mendapat keturunan. Sebagai balasannya, Ian, adik Rini paling kecil harus dikorbankan untuk setan.

7. Folklore - A Mother's Love (2018)

https://www.youtube.com/embed/0qUdC6rOUUo

Film ini terinspirasi salah satu mitos mistis Indonesia. Seorang ibu (Marissa Anita) dan anak satu-satunya tanpa sengaja menemukan anak-anak yang tidak terurus di loteng rumah. Dengan inisiatif, ibu ini memulangkan anak-anak ini ke keluarganya. Namun, ada hal yang ibu ini tidak ketahui. Ia telah membuat Wewe Gombel murka, karena anak angkatnya dipulangkan.

8. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

https://www.youtube.com/embed/XY7falovJiI

Joko Anwar telah mempunyai film bertema horor thriller. FIlm satu ini salah satunya. Film ini berkisah tentang Maya (Tara Basro) dan sahabatnya, Dini (Marissa Anita) yang mengunjungi rumah peninggalan keluarga Maya di kampung. Suatu malam, Maya dihantui dengan suara lirihan perempuan melahirkan. Semenjak itu, mereka berdua menjadi saksi dan terjebak di dalam misteri kampung tersebut.

Saking kerennya, film ini raih banyak penghargaan baik di dalam maupun luar negeri, termasuk salah satunya tayang di Sundance Film Festival, lho!

9. Gundala (2019)

https://www.youtube.com/embed/8rauD1vxMCw

Film ini menjadi pembuka rangkaian kisah dari Bumilangit Universe. Gundala mengangkat cerita dari komik superhero terkenal di Indonesia. Sancaka kecil hidup sendiri setelah ditinggal ibu dan bapaknya. Kondisi ini yang membuat Sancaka harus melindungi dirinya sendiri. Kebiasaan ini berkembang hingga dirinya besar dan mendapat kekuatan petir. Fokusnya pun berubah, tidak hanya tentang dirinya.

Berikut daftar film Joko Anwar yang bisa dijadikan pengisi waktu luang kamu. Masih banyak film Joko Anwar lainnya di luar daftar ini. Jadi, kamu mau mulai tonton yang mana? 

Oh ya, bicara soal Sundance Film Festival: Asia 2021, kamu juga bisa lho ikut rangkaian acaranya dari tanggal 23-26 September 2021. Akan ada Panel Discussion dan juga Awarding Night yang bisa kamu tonton secara gratis di TikTok Sundance Film Festival: Asia 2021 ya! Kapan lagi kamu bisa tonton hasil diskusi terkait perkembangan industri film Indonesia? Ini kesempatanmu, dan klik di sini untuk menontonnya.

Baca Juga: Raih Sutradara Terbaik FFI 2020, Intip 10 Sepak Terjang Joko Anwar!

Topic:

  • Zahrotustianah
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya