Comscore Tracker

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxic

Dijamin gak bakal jadi fans toxic kalau punya pemikiran ini!

Fans toxic termasuk salah satu jenis fans yang paling dihindari oleh fans-fans KPop lainnya. Karenanya tak heran, jika ada cukup banyak orang yang lantas khawatir kalau-kalau dirinya akan dilabeli toxic dan dijauhi oleh fans-fans lainnya.

Meski terkadang hal ini terjadi di luar kesadaran kita, namun sebenarnya kamu bisa mencegahnya lebih dulu dengan menanamkan beberapa pemikiran yang membantumu terlihat lebih dewasa dan positif, lho!

Untuk kamu yang penasaran, yuk simak 5 pemikiran yang wajib kamu tanamkan agar kamu gak dianggap sebagai fans yang toxic!

1. Semua grup pasti terdiri dari idol-idol yang sudah terbukti kualitasnya

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxicallkpop.com

Pernah gak sih kamu bertemu dengan fans yang suka berkomentar kalau idol atau bahkan grup tertentu sebenarnya gak berkualitas dan gak pantas untuk debut?

Meski pada dasarnya setiap orang memang berhak menyampaikan pendapat hingga bahkan kritik, namun komentar-komentar seperti ini justru bisa dikategorikan sebagai hate speech dan membuatmu justru dianggap sebagai fans yang toxic, lho!

Maka dari itu, kamu wajib banget meningkatkan rasa toleransimu dengan menanamkan pemikiran bahwa semua grup sudah pasti terdiri dari idol-idol yang sudah terbukti kualitasnya.

Karena tahukah kamu bahwa debut menjadi idol itu sebenarnya bukanlah suatu perkara yang mudah? Dengan jumlah trainee yang bisa mencapai ratusan orang dalam satu agensi, para idol ini nyatanya harus berusaha dengan sangat keras agar bisa tampak menonjol di tengah persaingan yang sangat kompetitif, lho!

Karenanya, para idol yang berhasil debut ini tentu merupakan sosok-sosok yang memang terpilih dan terjamin kualitasnya. Mereka merupakan orang-orang yang berhasil melewati berbagai macam seleksi yang sangat ketat dan membuat agensi yang menaungi mereka yakin bahwa idol-idol tersebut memang layak untuk didebutkan.

Jadi, jangan sampai kamu memandang idol-idol tertentu dengan sebelah mata, ya. Karena bisa saja pemikiran itu sebenarnya terbentuk hanya karena kamu belum melihat potensi dan kelebihan dari idol tersebut.

2. Semua idol sama-sama bekerja keras dan punya cerita perjuangannya masing-masing

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxictwitter.com/onzeit

Selanjutnya, seperti yang kita tau sebenarnya perjuangan menjadi idol itu sangatlah jauh dari kata mudah. Dan karenanya, kita wajib banget mengapresiasi kerja keras setiap idol bahkan meskipun kita bukanlah salah satu fans dari idol tersebut.

Dengan fakta bahwa persaingan dalam industri hiburan di Korea Selatan sangatlah ketat, maka wajar saja kalau setiap idol lantas diwajibkan untuk terus bekerja keras agar bisa tetap eksis dan dikenal oleh publik.

Setiap idol ini juga tentu saja punya cerita kelam mereka masing-masing terkait usaha keras mereka agar bisa tetap bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat. Tak peduli mereka datang dari agensi besar maupun agensi kecil, mereka semua tentu punya tekanan dan perjuangan mereka masing-mssing.

Dan entah mereka pernah membagikan cerita tersebut secara terang-terangan atau berusaha untuk menyimpannya sendiri, tapi percaya deh, sebenarnya tidak ada idol yang perjalanan kariernya lancar-lancar saja, lho!

Karenanya, kamu wajib banget menanamkan pemikiran bahwa setiap idol merupakan sosok-sosok yang pekerja keras dan pasti punya cerita perjuangannya masing-masing.

Dan ketimbang sibuk membandingkan perjuangan satu idol dengan idol lainnya, akan lebih baik jika kamu menjadikan cerita-cerita perjuangan tiap idol tersebut sebagai pembelajaran dan motivasi untuk ikut mengembangkan dirimu sendiri.

Dijamin deh, kamu gak bakal dilabeli sebagai fans yang toxic jika kamu bisa menghargai hal yang satu ini!

Baca Juga: Jago Akting, 10 Idola KPop yang Dinantikan Fans untuk Main Drama

3. Setiap grup punya tema dan pasarnya masing-masing

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxicinstagram.com/gfriendofficial

Aku gak suka sama grup A, karena aku gak suka sama grup yang terlalu imut-imut dan keliatan polos kayak mereka. Kalau grup B sih sebenernya aku suka, tapi image mereka terlalu dewasa dan seksi. Nah, kalau grup C sih sebenernya cukup menarik, tapi sebagai fans yang berumur, aku jadi agak males kalau harus ikutin grup yang semua membernya masih SMA kayak mereka.

Oke, sekarang coba deh inget-inget lagi, kira-kira kamu pernah gak punya pendapat-pendapat seperti di atas?

Eits... Tapi jangan keburu takut, ya! Karena pemikiran seperti itu masih termasuk hal yang wajar banget kok buat dimiliki. Mudahnya, pemikiran seperti ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh masalah preferensi dan selera masing-masing orang saja. Jadi pada dasarnya punya pemikiran seperti ini gak lantas bakalan bikin kamu jadi fans yang toxic, kok!

Meski begitu, tolong diingat bahwa hal ini bukan berarti kamu bisa secara bebas menjelekkan grup lain hanya karena mereka gak masuk ke dalam seleramu, ya. Karena bagaimanapun, ketimbang melakukan hal-hal seperti itu akan lebih baik jika kamu mencoba menganggap bahwa mungkin kamu memang bukan pasar yang dituju oleh grup tersebut.

Oleh karena itu, salah satu pemikiran yang wajib banget kamu tanamkan adalah setiap grup pasti memiliki tema dan pasarnya masing-masing. Jadi kalau kamu gak menyukai atau tertarik terhadap suatu grup, jangan langsung menilai bahwa grup tersebut jelek dan gak menarik, ya!

4. Merendahkan grup atau idol lain sebenarnya gak bakal membuatmu lantas terlihat lebih superior

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxicdramabeans.com

Next, yang gak kalah penting adalah pemikiran bahwa merendahkan grup atau idol lain sebenarnya gak bakal membuat kamu lantas terlihat lebih superior.

Dengan semakin maraknya pencinta KPop, maka semakin ketat pula persaingan antar fans untuk membuat grup favorit mereka lebih menonjol ketimbang grup lainnya. Sayangnya, gak jarang beberapa fans justru salah langkah dan memilih untuk merendahkan grup lain agar grup yang mereka sukai bisa terlihat lebih hebat dan superior.

Padahal nih, sebenarnya hal-hal seperti itu termasuk sifat yang toxic dan gak jarang justru bisa memancing perdebatan antar fandom, lho!

Maka dari itu, coba deh kamu berusaha untuk lebih menghargai grup lain dan menghindari berbagai macam intervensi terhadap grup lainnya. Lagipula, bukankah memang setiap grup pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing?

Kalau begitu, bukankah terasa berlebihan jika kita justru terlalu sibuk mengais-ais kekurangan dari grup lain sementara grup favorit kita pun juga punya kekurangannya sendiri?

Yuk, pikirkan tindakanmu dengan lebih matang lagi!

5. Idol juga manusia yang punya perasaan dan terkadang bisa berbuat salah

Kamu KPopers? Tanamkan 5 Pemikiran Ini Agar Gak Menjadi Fans Toxicallkpop.com

Menjadi public figure tentu bukanlah hal yang mudah, terlebih pada industri KPop yang memang sedang populer sehingga pasarnya pun sangatlah luas. Karenanya, tak sedikit idol yang lantas mendapat semakin banyak tekanan dari berbagai pihak karena hal ini.

Tekanan-tekanan tersebut sendiri bisa berupa banyak hal, termasuk harapan untuk bisa menjadi sosok yang sempurna dan diteladani oleh banyak orang. Dan dengan adanya harapan seperti itu, tak sedikit publik yang justru merasa bebas untuk bisa melayangkan hujatan kepada idol-idol yang melakukan kesalahan.

Padahal kalau kita pikirkan kembali, bukankah para idol ini jugalah manusia yang tentunya tak luput dari kesalahan? Karenanya, bukankah menuntut mereka untuk sempurna termasuk hal yang sangat jahat dan tidak manusiawi?

Oleh karena itu, sebagai fans yang baik sudah sepantasnya kamu selalu menanamkan dan mengingatkan dirimu sendiri bahwa para idol jugalah manusia yang punya perasaan dan berbuat salah. Dengan pemikiran ini, kamu bisa membantu meringankan beban yang harus dipikul oleh para idol dan membuat mereka bisa lebih menikmati hidup mereka.

Penting banget nih buat kamu lakukan!

Nah, itulah 5 pemikiran yang wajib kamu tanamkan agar kamu gak menjadi fans yang toxic. Yuk, bersikap lebih positif dan dewasa agar aktivitas fangirling atau fanboying mu bisa jadi lebih nyaman dan seru!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa KPopers Seringkali Dipandang Miring oleh Orang Lain

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya