TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Arc Turnamen Paling Underrated yang Pernah Ada dalam Anime dan Manga

Padahal tak kalah seru dengan arc lainnya! #IDNTimesHype

funimation.com/Dragon Ball Super

Salah satu hal yang membuat seri shonen selalu tampak menarik adalah arc turnamen. Hampir setiap seri shonen memiliki arc turnamen dan kebanyakan arc turnamen selalu menjadi arc terbaik dalam serinya. Selain menampilkan banyak pertarungan yang epik, arc turnamen juga dapat menjadi ajang bagi seri untuk memperkenalkan karakter-karakternya kepada para penggemar.

Meskipun arc turnamen selalu menjadi arc yang menarik untuk disaksikan, sayangnya tidak semua arc turnamen dapat sepopuler arc Ujian Chunin dalam seri Naruto atau arc Arena Surga dalam seri Hunter x Hunter. Kali ini, penulis sudah merangkum lima arc turnamen paling underrated yang pernah ada dalam anime dan manga. Simak ulasan berikut.

1. Turnamen Kehancuran (Dragon Ball Super)

Dok. Toei Animation/Dragon Ball Super

Dragon Ball memang memiliki dua arc turnamen terbaik sepanjang masa, yaitu Tenkaichi Budokai dan Turnamen Kekuatan. Namun, arc turnamen terbaik Dragon Ball tidak hanya itu saja. Turnamen Kehancuran adalah salah satu arc turnamen terbaik di Dragon Ball yang jarang disebutkan.

Selain menampilkan banyak pertarungan epik yang menegangkan, arc ini juga memperkenalkan ras Saiyan baru dan juga para petarung hebat. Salah satunya adalah Cabba, seorang Saiyan yang menjadi murid Vegeta. Kemudian, ada juga Hit, karakter hebat yang menghentikan waktu dengan sekejap.

Baca Juga: 5 Duo Terkuat yang Pernah Ada dalam Anime Seri Dragon Ball

2. Turnamen Dunia Iblis (Yu Yu Hakusho)

Dok. Studio Pierrot/Yu Yu Hakusho

Sementara Turnamen Kegelapan menjadi salah satu arc terbaik dalam seri ini, Yu Yu Hakusho juga memiliki arc turnamen lainnya yang tak kalah seru dengan Turnamen Kegelapan, yaitu Turnamen Dunia Iblis.

Hal yang membuat turnamen ini berbeda dengan Turnamen Kegelapan adalah turnamen ini diselenggarakan di dunia Raizen, leluhur Yusuke. Tak hanya itu saja, Turnamen Dunia Iblis juga jauh lebih sulit dari Turnamen Kegelapan.

Meskipun Yusuke, Hiei, dan Kurama berpartisipasi dalam turnamen ini, mereka berhasil dikalahkan. Tidak ada yang cukup kuat untuk mencapai final turnamen ini, sesuatu yang sangat jarang terjadi dalam seri shonen.

3. 7th Gunpla Battle Championship World Tournament (Gundam Build Fighters)

crunchyroll.com/gundam-build-fighters

Seri Gundam Build Fighters sendiri memang berfokus pada turnamen. Seri ini berfokus pada Sei Iori yang merasa tidak percaya diri untuk mengemudikan Gunpla. Hingga pada akhirnya, dirinya bertemu dengan orang yang siap membantunya, yaitu Reiji.

Berkat bantuan Reiji, mereka berdua berhasil mengalami peningkatan yang sangat pesat dan menjadi petarung terbaik di dunia. Sebagai seri yang berfokus pada turnamen, seri ini lebih berfokus pada pertarungan-pertarungan epik ketimbang pengembangan karakter yang biasanya dilakukan oleh seri anime pada umumnya.

4. Winter Cup (Vivid Strike)

Dok. Seven Arcs Pictures/ViVid Strike

Dalam dunia Vivid Strike, seorang perempuan muda dapat menggunakan sihir untuk menambah usia mereka dan berpartisipasi dalam pertarungan MMA di Winter Cup. Turnamen ini menampilkan pertarungan seru antara para gadis kecil yang menggunakan sihir mereka untuk berubah menjadi perempuan dewasa.

Setiap pertarungan dalam turnamen ini berjalan dengan singkat, tapi memberikan dampak yang besar. Transformasi yang dilakukan oleh para peserta turnamen juga dianimasikan dengan sangat baik. Selain itu, arc ini juga memiliki antagonis utama yang sangat kuat dan tampak mustahil untuk dikalahkan.

Baca Juga: 5 Anime yang Wajib Kamu Tonton jika Suka Code Geass

Verified Writer

Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya