TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kronologi Kontroversi Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI

Baim Wong tuai pro-kontra akibat pendaftaran HAKI CFW

Paula Verhoeven dan Bonge (Instagram.com/paula_verhoeven)

Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual atau HAKI atas perusahaannya,  PT. Tiger Wong Entertainment, pada 20 Juli 2022.

Hal tersebut mengundang kritik dari berbagai macam kalangan, termasuk netizen. Akun Instagram Baim dan sang istri, Paula Verhoeven, pun diserbu. Mendapat hujatan, Baim langsung klarifikasi perihal kabar ini. Jadi gini kronologinya...

1. Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI

Paula Verhoeven dan Bonge (Instagram.com/paula_verhoeven)

Perusahaan artis PT. Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual atau HAKI ke Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) pada 20 Juli 2022.

Dilansir dari laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PSDKI) Kemenkum HAM, permintaan yang dilakukan Baim memiliki nomor registrasi JID2022052181. Perusahaan Baim mengajukan merek Citayam Fashion Week beralamat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

2. Permohonan Citayam Fashion Week masih dalam proses

potret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Permohonan PT. Tiger Wong Entertainment dalam mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ini diketahui bisa memakan waktu sekitar 2 bulan.

"Berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, pendaftaran merek perlu melalui beberapa tahapan mulai dari permohonan merek, pemeriksaan formalitas, pengumuman (2 bulan), pemeriksaan substantif (150 hari kerja), didaftar kemudian penerbitan sertifikat," ucap Agung Indriyanto, Koordinator Pemeriksa Merek.

Baca Juga: Perusahaan Baim Wong Daftarkan Merek 'Citayam Fashion Week'

3. Baim Wong tuai hujatan netizen

potret suasana Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Usai permohonan tersebut, Baim dan Paula mendapat hujatan dari netizen di berbagai platform. Bahkan namanya sampai trending di Twitter.

"Bukannya Citayam Fashion Week itu pencetusnya komunitas, yah. Punya hak apa Baim Wong daftarin itu ke HAKI/PDKI? Bahkan kurasa Bonge pun yg jadi ikon harusnya juga enggak berhak. Serakah banget jadi manusia," tulis akun @Kaistxxx, Minggu (27/7/2022).

Ernest Prakasa, selaku filmmaker sekaligus aktor, ikut geram terkait kabar yang lagi hangat di publik ini. Sutradara film Cek Toko sebelah ini pun beri sindiran pedas.

"Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia. HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu," tulisnya di Twitter.

4. Baim Wong langsung klarifikasi: (Citayam Fashion Week) bukan milik saya!

Paula Verhoeven dan Bonge (Instagram.com/paula_verhoeven)

Baim Wong pun kemudian memberikan klarifikasinya. Ia menyebut bahwa Citayam Fashion bukan miliknya. Tren yang lagi viral ini adalah milik Indonesia.

"Citayam Fashion Week bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia," kata Baim melalui akun Instagram miliknya @baimwong, Senin (25/7/2022).

Selanjutnya, Baim menjelaskan, ia hanya ingin menjadikan Citayam Fashion Week sebagai tempat yang legal. Ia menambahkan keputusannya ini agar Citayam Fashion Week bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia.

"Saya hanyalah orang yang punya visi MENJADIKAN Citayam Fashion Week sebagai AJANG untuk membuat tren ini menjadi wadah yang legal dan gak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tambahnya.

5. Baim Wong sebut Paula tergerak melihat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap fashion

Paula Verhoeven dan Bonge (Instagram.com/paula_verhoeven)

Dalam unggahannya tersebut, Baim mengatakan, mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, juga karena sang istri, Paula, yang mengerti dunia fashion.

"Berawal semua ini karena istri saya, karena dia mengerti dunia fashion dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan di mana orang-orang sudah memedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu gak harus mahal dan mereka bangga memakainnya. Kebanggan itu adalah achievement yang penting dan itu harus dibudidayakan," tulis Baim kemudian.

Baim pun menjelaskan, salah satu caranya adalah dengan membantu mereka untuk mewujudkannya.

"Orang-orang dengan mimpi yang besar yang harus membantu mereka. Bukan karena kepentingan bisa dapet berapa? Tapi visinya itu mau dibawa sejauh apa? Dan sejauh apa kita percaya dengan tujuan itu? Dan tujuan itu untuk kesejahteraan siapa? Apakah ada manfaatnya untuk orang banyak? Terlalu banyak risiko ketika kita mempunyai cita-cita atau tujuan yang besar, karena membuat sesuatu besar pasti memerlukan biaya," tambahnya lagi.

Baca Juga: Penjelasan Baim Wong soal Patenkan Citayam Fashion Week ke Ditjen HAKI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya