TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Musisi Jepang Berkonsep Modern-Tradisional, Unik Abis!

Konsepnya gak pasaran, nih

GARNiDELiA (instagram.com/maria_grnd)

Semua orang biasa menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman, begitu pun dengan musisi. Saat ini, ada banyak musisi menyesuaikan diri dengan tren yang ada, seperti menggunakan musik EDM untuk instrumen lagu. Ada juga yang mengusung konsep idol di mana mereka bisa bernyanyi sambil menari dengan begitu lincah.

Namun, hal itu rupanya tidak berlaku untuk beberapa musisi asal Jepang. Kecintaan terhadap budaya tradisional, membuat mereka berani menggabungkan konsep modern dan tradisional sekaligus.

Irama musik dan outfit serba jadul jadi ciri khas. Meski begitu, lagu mereka juga tak kalah asik dari musisi berkonsep modern, lho. Berikut lima musisi Jepang dengan konsep modern-tradisional. Siapa saja, ya?

1. GARNiDELiA

GARNiDELiA adalah salah satu musisi asal Jepang yang mengusung konsep modern-tradisional. Lagu-lagu GARNiDELiA bergenre pop rock, salah duanya adalah "Yakusoku" dan "Gokuraku Jodo".

Grup musik yang berada di bawah naungan Sacra Music ini digawangi oleh Maria sebagai vokalis dan Toku sebagai komposer. Dengan suara tebal dan berkarakter, Maria mampu menyanyikan beragam jenis lagu mulai dari rock hingga ballad dengan merdu.

Meski buaian musik tradisional tidak begitu ditonjolkan oleh GARNiDELiA, pakaian dan gaya rambut tradisional yang kerap dikenakan oleh Maria menjadi ikon musisi ini. Bukan hanya sang penyanyi, para model yang tampil di MV mereka juga sering menggunakan pakaian tradisional, lho.

Baca Juga: 5 YouTuber Cover Lagu Jepang dan Anime yang Wajib Kamu Subscribe

2. Wagakki Band

Wagakki Band adalah sebuah grup band asal Jepang yang terbentuk sejak tahun 2013 lalu. Berada di bawah naungan label UNIVERSAL SIGMA, Wagakki mengusung konsep modern-tradisional. Mereka memadukan antara genre JPop, rok, dan metal dengan iringan musik tradisional Jepang.

Band yang terkenal lewat lagu "Senbonzakura" ini beranggotakan delapan musisi yang sangat berbakat. Penyanyi sekaligus komposernya, Yuko Suzuhana, berperan sangat penting dalam band ini. Sebab, ia juga didapuk sebagai seorang vokalis sekaligus leader.

Lagu-lagu Wagakki Band menghadirkan nuansa budaya Jepang yang sangat kental. Selain karena MV dan outfit serba tradisional, alunan instrumen yang digunakan juga menonjolkan suara koto, shakuhachi, shamisen, dan wadaiko yang merupakan alat musik tradisional Jepang.

3. Nao Toyama

Bukan sekedar seiyuu atau pengisi suara, Nao Toyama juga merupakan orang yang bergelut di bidang tarik suara, lho. Penyanyi kelahiran 11 Maret 1992 ini bahkan sudah merilis sejumlah judul lagu dan album yang berkonsep unik, salah satu konsepnya adalah modern-tradisional.

Meski tidak mengusung konsep itu secara keseluruhan, Nao sering kali mengenakan pakaian adat Jepang, seperti kimono dan yukata saat menampilkan lagunya. Lagu karyanya yang berjudul "Tomoshibi no Manimani" juga menonjolkan nuansa tradisional Jepang yang sangat kuat, lho.

4. Kokia

Kokia adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Jepang yang terkenal sebagai pengisi soundtrack games dan anime. Kokia punya suara lembut dan mendayu-dayu, sehingga karyanya selalu cocok didengarkan di tempat tenang atau pun menjelang tidur.

Meskipun hampir semua lagunya terdengar bak lagu ballad, Kokia sebenarnya tidak stuck hanya di satu genre lagu. Sejumlah karyanya bahkan beberapa kali menggunakan konsep gabungan antara modern dan tradisional.

Seperti lagu yang berjudul "Kurumarete", alunan musik tradisional berpadu merdu dengan suara lembut perempuan kelahiran 22 Juli 1976 itu.

Baca Juga: Kolaborasi dengan SUGA BTS, Fakta Menarik Penyanyi Jepang ØMI

Verified Writer

Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya