TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Komedi Indonesia yang Penuh Pesan Moral, Terbaru Srimulat!

Berhasil mengundang tawa sekaligus membekas di hati

para pemain film "Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/filmsrimulat)

Film komedi memang kerap dicari oleh banyak orang untuk menghibur diri sejenak di sela padatnya aktivitas sehari-hari. Genre yang satu ini biasanya dipenuhi adegan kocak serta lelucon yang mengundang tawa para penonton. Tak heran, jika film komedi jadi "obat" ampuh penghilang stres.

Akan tetapi, masih ada beberapa film komedi yang tidak hanya sekadar lucu namun juga sarat akan makna. Membawakan pesan moral dengan komedi yang menggelitik. Berikut ini lima film komedi Indonesia yang penuh pesan moral!

1. Cek Toko Sebelah (2016)

Berlatar keluarga, film yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh Ernest Prakasa ini sukses menarik banyak perhatian para penonton. Dalam film Cek Toko Sebelah, ia berperan sebagai Erwin yang telah memiliki karier bagus dan kekasih menawan.

Namun, suatu hari sang ayah jatuh sakit dan menginginkan dirinya untuk melanjutkan usaha toko sembako milik keluarganya. Merasa dilema antara memilih karier atau ayahnya, keadaan kian pelik ketika kakaknya, Yohan (Dion Wiyoko), merasa tak dihargai sebagai anak tertua.

2. Srimulat: Hil yang Mustahal (2022)

Diadaptasi dari cerita grup lawak Srimulat, film yang merupakan kerja sama antara IDN Pictures dengan MNC Pictures ini disutradarai oleh Fajar Nugros. Berlatar tahun 1980an, film ini kembali menceritakan perjuangan grup lawak legendaris tersebut ketika memulai karier mereka.

Menghadirkan kembali lawakan khas Srimulat, film yang dibintangi oleh Bio One ini sukses mengocok perut para penonton. Tak hanya itu saja, ada banyak pesan moral yang dapat dipetik di dalamnya. Salah satunya adalah sikap berani untuk menunjukkan bakat serta kemampuan kepada orang lain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Komedi Adaptasi Komik

3. Imperfect (2019)

Disutradarai oleh Ernest Prakasa, film yang diadaptasi dari buku karya istrinya, Meira Anastasia ini mengangkat isu seputar body shaming. Dibintangi oleh Jessica Mila yang berperan sebagai Rara, seorang gadis muda yang sering mendapatkan tanggapan buruk soal penampilan fisiknya.

Semua komentar yang diberikan oleh orang-orang sekitar kepada Rara, membuatnya menjadi tak percaya diri. Alhasil, ia pun bertekad untuk mengubah penampilan dirinya. Akan tetapi, pada akhirnya Rara menyadari bahwa semua orang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Sebab, tak ada standar khusus untuk tampil memesona. Setiap orang memiliki khas dan kecantikannya masing-masing, kan? Jadi, alangkah lebih baik jika kamu mulai mencintai dan menerima diri sendiri.

4. Yowis Ben (2018)

Bergenre komedi romantis, film Yowis Ben yang disutradarai oleh Fajar Nugros dan Bayu Skak ini bercerita tentang perjuangan Bayu (Bayu Skak) serta teman-temannya dalam mengapai impian mereka bersama. Hidup dalam kesederhanaan, ia ingin sekali membentuk sebuah band yang dapat dikenal oleh banyak orang.

Menggunakan 90 persen bahasa Jawa, film ini tak hanya mampu mengocok perut namun juga mengandung banyak pesan moral. Hal tersebut dapat dilihat dari perjuangan Bayu bersama teman-temannya untuk mengapai mimpi mereka. Bahwasanya meraih kesuksesan itu dibutuhkan kerja keras, disiplin, dan sikap pantang menyerah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Komedi Indonesia dengan Kearifan Lokal

Verified Writer

I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya