Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Komedi Adaptasi Komik

Gak hanya cerita superhero, ada yang lainnya juga, lho!

Sejak kesuksesan besar trilogi The Dark Knight karya Christopher Nolan, industri film telah berubah. Film superhero yang didasarkan pada komik adalah norma baru. Film-film semacama ini diputar di bioskop hampir setiap bulan, mencakup banyak film, alam semesta, dan rumah produksi.

Komik memang merupakan inspirasi yang baik untuk sebuah film. Dengan jalan cerita yang sudah tertata dan memiliki penggemar tersendiri, film yang diangkat dari komik memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. 

Tak hanya film superhero yang banyak diangkat dari komik, tapi ada juga beberapa genre lain, salah satunya adalah genre komedi. Berikut adalah rekomendasi film bergenre komedi yang diadaptasi dari komik.

1. Kingsman: The Secret Service (2014)

https://www.youtube.com/embed/kl8F-8tR8to

Sebelum menggarap film komedi ini, sutradara Matthew Vaughn terlebih dahulu membuat film Kick-Ass. Dalam film tersebut, Vaughn berhasil menggabungkan unsur komedi yang cerdas serta adegan aksi yang mendebarkan. Hal serupa juga ia terapkan dalam film Kingsman: The Secret Service, sebuah film yang diangkat berdasarkan komik karangan Mark Millar dan Dave Gibbons berjudul The Secret Service.

Gary "Eggsy" Unwin (Taron Egerton), merupakan seorang remaja yang mana mendiang ayahnya merupakan anggota mata-mata yang terampil. Kehilangan sosok sang ayah, emosi Eggsy menjadi tak stabil, ia melakukan tindak pidana dan harus masuk jeruji besi.

Namun, agen rahasia bernama Harry Hart (Colin Firth) mengenali Eggsy dan merekrutnya untuk menjadi trainee. Sementara itu, Richmond Valentine (Samuel L. Jackson) meluncurkan rencana jahat untuk memecahkan masalah perubahan iklim melalui pembunuhan massal di seluruh dunia. Apakah yang akan dilakukan oleh Eggsy dan agen Harry untuk menggagalkan rencana Richmond Valentine?

2. The Mask (1994)

https://www.youtube.com/embed/LZl69yk5lEY

Tahun 1994 tidak diragukan lagi adalah tahunnya Jim Carrey. The Mask adalah film kedua yang dibintangi oleh Jim Carrey pada tahun itu, setelah sebelumnya bermain dalam film Ace Ventura dan dilanjutkan dengan Dumb and Dumber. The Mask adalah film berdasarkan komik buatan Dark Horse berjudul The Mask yang memulai debutnya pada tahun 1989.

Cerita bermula ketika seorang karyawan bank bernama Stanley Ipkiss (Jim Carrey) menemukan topeng ajaib yang berisi roh dewa Norse Loki. Saat mengenakan topeng itu, Ipkiss menjadi seorang yang memancarkan pesona dan kepercayaan diri yang membuatnya menarik perhatian Tina Carlyle (Cameron Diaz).

Sayangnya, di bawah pengaruh topeng ini, Ipkiss juga merampok bank, yang membuat Dorian Tyrell (Peter Greene) kesal karena anak buahnya dituduh sebagai pelaku perampokan bank.

3. The Death of Stalin (2017)

https://www.youtube.com/embed/7KWg2nTYmk8

Sebuah buku komik yang cocok dengan bakat salah satu satiris politik yakni Armando Ianucci. Armando berhasil membuat film yang berkualitas lewat The Death of Stalin. Film pertamanya sejak In The Loop. The Death of Stalin diangkat berdasarkan komik berjudul La Mort de Staline.

Ketika diktator Joseph Stalin meninggal pada tahun 1953, kroni-kroninya bertarung dalam perebutan kekuasaan untuk menjadi pemimpin Soviet berikutnya. Di antara mereka adalah Georgy Malenkov, Nikita Khrushchev dan Lavrenti Beria. Saat mereka sibuk bertengkar, berkelahi, dan menusuk dari belakang untuk menuju puncak pemerintahan Soviet, pertanyaannya adalah siapa yang menjalankan pemerintahan sekarang?

4. Scott Pilgrim vs. The World (2010)

https://www.youtube.com/embed/7wd5KEaOtm4

Sebuah film komedi romantis berbalut aksi, Scott Pilgrim vs The World merupakan film yang didasarkan pada serial komik berjudul Scott Pilgrim karya Bryan Lee O'Malley. Sebagai seorang basssit untuk sebuah band garage-rock, Scott Pilgrim (Michael Cera) tidak pernah kesulitan mendapatkan pacar karena ia selalu jadi pusat perhatian banyak wanita ketika di atas pangggung.

Tapi ketika Ramona Flowers (Mary Elizabeth Winstead) mulai mencuri hati Scott Pilgrim, kehidupan Pilgrim menjadi lebih rumit. Mantan pacar Pilgrim kembali datang ke kehidupannya.

Baca Juga: 5 Film Adaptasi Komik Non Marvel & DC Ini Gak Kalah Seru Lho!

5. Men in Black (1997)

https://www.youtube.com/embed/1Q4mhYF9aQQ

Bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan Will Smith ke puncak perfilman Hollywood adalah film Men In Black. Disutradarai oleh Barry Sonnenfeld, Men In Black menggunakan formula teman-polisi. Berdasarkan komik berjudul The Men in Black karya penulis Lowell Cunningham.

Bekerja untuk sebuah lembaga pemerintah yang tidak resmi namun memiliki suntikan dana yang banyak, Kay (Tommy Lee Jones) dan Jay (Will Smith) adalah Men in Black, penyedia layanan imigrasi dan pengatur semua hal asing di Bumi.

Saat menyelidiki sebuah pertemuan yang mencurigakan, agen MIB mengungkap plot mematikan dari teroris intergalaksi yang sedang dalam misi untuk membunuh dua duta besar dari galaksi lawan yang saat ini tinggal di New York City.

6. Ghost World (2001)

https://www.youtube.com/embed/juzGS-GN79M

Sutradara Terry Zwigoff memulai karirnya dengan membuat film dokumenter tentang artis underground seperti Howard Armstrong di film Louie Blue dan Robert Crumb di film Crumb. Ketertarikannya dengan dunia buku komik sangat cocok untuk mengadaptasi novel grafis berjudul Ghost World

Kisah bermula ketika Enid (Thora Birch) dan Rebecca (Scarlett Johansson) baru saja lulus dari sekolah menengah. Sebagai seorang remaja, mereka harus mengambil langkah apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Ketika Enid tertarik pada Seymour (Steve Buscemi) dan Rebecca memusatkan perhatiannya pada Josh (Brad Renfro), persahabatan Enid dan Rebecca berubah untuk selamanya.

7. Deadpool (2016)

https://www.youtube.com/embed/ONHBaC-pfsk

Mengingat kesuksesan besar MCU dan dominasi mereka atas teater di seluruh dunia, Marvel dan 20th Century Fox memutuskan untuk mengambil risiko. Kerjasama ini menghasilkan film Deadpool, sebuah film action komedi yang diambil dari cerita dalam komik berjudul sama karya Fabian Nicieza dan Rob Liefeld.

Wade Wilson (Ryan Reynolds) adalah mantan anggota Special Forces yang sekarang bekerja sebagai tentara bayaran. Dunianya kacau ketika ilmuwan jahat bernama Ajax (Ed Skrein) menyiksa, merusak dan mengubahnya menjadi Deadpool. Eksperimen ini membuat Wade Wilson memiliki kekuatan penyembuhan yang cepat dan selera humor yang jorok. Sekarang, Deadpool menggunakan keterampilan barunya untuk memburu pria yang hampir menghancurkan hidupnya.

Film superhero yang diangkat dari komik memang masih menjadi primadona saat ini, tapi film bergenre komedi yang didasarkan pada komik juga tak kalah menyajikan jalan cerita yang seru dan lucu. Dari film-film di atas, kamu sudah pernah nonton yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Film Adaptasi Komik yang Siap Menemani Kamu Ngabuburit, Underrated

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya