TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film Anime Tersedih Sepanjang Masa, Banjir Air Mata!

Jangan lupa sedia tisu sebelum nonton!

Shouko Nishimiya (dok. Kyoto Animation/A Silent Voice)

Semakin digandrungi semua kalangan, animasi khas Jepang atau anime memang menawarkan berbagai genre dan cerita yang menarik untuk para penonton. Meskipun hanya berformat animasi, nyatanya beberapa anime juga berhasil mengacak-acak emosi penontonnya dengan alur cerita yang sedih, lho.

Nah, kalau suka film-film sedih, gak ada salahnya kamu coba nonton lima rekomendasi film anime di bawah ini. Dijamin bakal bikin kamu nangis, deh. Yuk, kita simak!

1. Grave of Fireflies

Mengambil latar pada zaman perang, Grave of Fireflies adalah salah satu anime yang digarap oleh studio Ghibli pada 1988. Alur cerita dalam film ini rupanya diadaptasi dari kisah nyata sang penulis, Akiyuki Nosaka, lho.

Film ini menceritakan tentang dua kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Situasi perang membuat keduanya harus kehilangan rumah serta orang tua mereka. Mereka pun pergi ke rumah bibi mereka, tetapi keadaan yang serbasulit membuat sang bibi juga enggan menerima mereka. 

Tak punya pilihan, Seita pun mengajak adiknya untuk tinggal di sebuah tempat pengungsian terbengkalai dan mencoba bertahan hidup. Keadaan menjadi semakin sulit bagi Seita ketika persediaan makanan mereka habis dan sang adik menderita malnutrisi. Akankah mereka bisa bertahan hidup?

Baca Juga: 5 Anime yang Ternyata Dicekal di Beberapa Negara, Apa Alasannya?

2. A Silent Voice

Digarap oleh Kyoto Animation, A Silent Voice menampilkan animasi yang indah dengan alur cerita yang cukup emosional. Berfokus pada topik bullying, film yang juga berjudul Koe no Katachi ini menceritakan tentang Ishida Shouya yang memiliki kehidupan layaknya anak SD lainnya.

Suatu hari, seorang anak bernama Nishimiya Shouko datang ke sekolahnya sebagai murid pindahan. Memiliki kekurangan dalam mendengar dan berbicara, Ishida beserta teman-temannya mulai merundung Nishimiya. Perundungan ini mulai terdengar oleh orangtua Nishimiya dan pihak sekolah sehingga Ishida dan teman-temannya saling menuduh siapa yang memulai perundungan tersebut.

Akibatnya, Ishida dijauhi oleh teman-temannya dan berganti menjadi target bullying. Setelah bertahun-tahun kemudian, Ishida secara kebetulan bertemu lagi dengan Nishimiya dan bertekad untuk memperbaiki hubungannya dengan gadis tersebut.

3. I Want to Eat Your Pancreas

I Want to Eat Your Pancreas karya Yoru Sumino sebelumnya telah digarap sebagai film dan dibintangi oleh Takumi Kitamura dan Minami Hamabe. Namun, jangan salah, versi animenya juga tidak kalah sedih dan bisa menguras air matamu, lho.

Anime ini menceritakan tentang Haruki Shiga yang secara kebetulan menemukan sebuah jurnal di rumah sakit. Jurnal itu rupanya milik teman sekelasnya, Yamauchi Sakura. Tertulis di jurnal, Sakura rupanya memiliki penyakit pada pankreasnya dan hanya memiliki sisa waktu yang sedikit untuk hidup. 

Karena Haruki merupakan satu-satunya teman yang mengetahui rahasia Sakura, Sakura pun meminta Haruki untuk menemaninya menghabiskan sisa waktu hidupnya.

4. Ride Your Waves

Bergenre romance fantasy, film yang juga berjudul Kimi to, Nami ni Norareta ini juga gak kalah sedih dan sempat ditayangkan di Festival International du Film d'Animation d'Annecy pada 2019 lalu, lho. 

Film ini dibuka dengan seorang gadis bernama Hinako yang sangat menyukai laut dan  pindah ke daerah pinggir pantai. Suatu hari, apartemennya terbakar dan ia bertemu dengan seorang pemadam kebakaran bernama Minato. Memiliki minat yang sama dan saling mencintai, keduanya pun akhirnya berpacaran. 

Suatu hari, Minato meninggal karena berusaha menyelamatkan seseorang yang tenggelam di pantai. Hinako tentu saja sangat syok dan akhirnya pindah ke daerah tempat ia tidak bisa melihat pantai lagi. Masih bersedih dengan kematian Minato, Hinako pun kemudian menyanyikan lagu yang bisa ia dengarkan dengan Minato. Secara ajaib, arwah Minato muncul di dalam air setiap kali Hinako bernyanyi.

Baca Juga: 5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime Populer

Verified Writer

Trisnaynt

(~ ̄³ ̄)~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya