Comscore Tracker

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime Populer

Studio anime apa saja?

Sebagai negara yang identik dengan anime, ada banyak studio animasi yang didirikan di Jepang. Karena anime sudah menjadi bagian dari budaya Jepang, banyak orang Jepang yang tertarik untuk menjadi seorang animator atau bahkan mendirikan studio animasinya sendiri.

Bahkan sebelum dunia ini menginjak era 2000-an, Jepang sudah memiliki banyak studio anime yang sudah merilis berbagai anime populer. Dari sekian banyak studio animasi yang berdiri di Jepang, berikut ini lima studio anime terbaik yang pernah ada. Apa saja? Simak ulasannya di sini!

1. Madhouse

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime PopulerLight Yagami dan L (dok. Studio Madhouse/Death Note)

Madhouse adalah salah satu studio animasi tertua di Jepang, di mana studio ini sudah didirikan sejak 1972. Madhouse didirikan oleh beberapa mantan animator Mushi Production, seperti Masao Maruyama, Osamu Dezaki, Rintaro, dan Yoshiaki Kawajiri.

Anime pertama yang diproduksi oleh studio Madhouse adalah Ace wo Nerae! yang dirilis pada 1973. Meskipun Madhouse sempat memproduksi anime OVA pada akhir 80-an dan awal 90-an, namun Madhouse lebih dikenal berkat seri anime TV dan film layar lebarnya.

Rekomendasi anime Madhouse: Death Note, One Punch Man, Hunter x Hunter (2011), Parasyte -the maxim-, dan No Game No Life.

2. Kyoto Animation

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime PopulerHoutarou Oreki (dok. Kyoto Animation/Hyouka)

Selain Madhouse, Kyoto Animation juga merupakan studio anime yang didirikan oleh mantan staf Mushi Production. Setelah Mushi Production mengalami kebangkrutan di 1973, para staf yang bekerja di studio tersebut mulai mendirikan studio animasi mereka masing-masing, dan salah satunya adalah Kyoto Animation.

Berpusat di Prefektur Kyoto, Jepang, Kyoto Animation dipimpin Hideaki Hatta dan Yoko Hatta. Selain menjadi studio yang memproduksi anime, Kyoto Animation juga menjadi penerbit novel ringan.

Pada 18 Juli 2019 lalu, studio ini mengalami musibah di mana terjadi kebakaran di studio utama Kyoto Animation. Akibatnya, 34 orang dilaporkan meninggal, 10 orang kritis, dan 30 orang mengalami luka ringan. Setelah kejadian tersebut, satu orang diamankan oleh polisi karena diduga sebagai pelaku dari kebakaran tersebut.

Rekomendasi anime Kyoto Animation: A Silent Voice, Violet Evergarden, Clannad, K-On!, dan Hyouka.

Baca Juga: 5 Studio Anime dengan Gaya Animasi Unik dan Otentik, Apa Saja?

3. Bones

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime PopulerEdward dan Alphonse Elric (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Bones pertama kali didirikan pada 1998, oleh mantan staf Sunrise, yaitu Masahiko Minami, Hiroshi Osaka, dan Toshihiro Kawamoto. Anime pertama yang diproduksi oleh studio Bones adalah proyek yang berkolaborasi dengan Sunrise, yaitu film Cowboy Bebop: Knockin' on Heaven's Door.

Pada 2007, studio Bones harus kehilangan salah satu pendirinya, Hiroshi Osaka, karena penyakit kanker. Sebelumnya, Hiroshi dikenal sebagai desainer karakter dari beberapa anime populer, seperti Mobile Suit Victory Gundam, Mobile Fighter G Gundam, dan The Mars Daybreak.

Rekomendasi anime Bones: Fullmetal Alchemist: Brotherhood, My Hero Academia, Bungou Stray Dogs, Darker than Black, Mob Psycho 100, dan Noragami.

4. Wit Studio

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime PopulerColossal Titan (dok. Crunchyroll/Attack on Titan)

Merupakan anak perusahaan dari I.G Port, Wit Studio adalah studio animasi yang didirikan oleh para produser Production I.G pada Juni 2012. Berpusat di Musashino, Tokyo, Jepang, studio ini dipimpin oleh George Wada dan Tetsuya Nakatake yang merupakan produser Production I.G.

Wit Studio mulai meraih popularitasnya berkat salah satu karya mereka, Attack on Titan, yang merupakan adaptasi dari seri manga berjudul sama karya Hajime Isayama. Meskipun begitu Attack on Titan tetap bukanlah satu-satunya karya terbaik yang diciptakan oleh Wit Studio.

Rekomendasi anime Wit Studio: Attack on Titan, Kabaneri of the Iron Fortress, Seraph of the End, Vinland Saga, dan The Ancient Magus' Bride.

5. MAPPA

5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime PopulerGojo Satoru, Fushiguro Megumi, Yuji Itadori, dan Nobara Kugisaki (dok. Studio MAPPA/Jujutsu Kaisen)

Sama seperti Wit Studio, MAPPA merupakan studio animasi yang terhitung masih muda. Meskipun begitu, kualitas MAPPA terbukti dapat menyaingi studio-studio animasi pendahulunya. MAPPA adalah studio animasi yang didirikan oleh Masao Maruyama, mantan produser sekaligus pendiri studio Madhouse.

Nama MAPPA sendiri merupakan akronim dari Maruyama Animation Produce Project Association. Pada 2016 lalu, Maruyama mengundurkan diri dari jabatannya dan mendirikan studio baru, yaitu Studio M2.

Rekomendasi anime MAPPA: Jujutsu Kaisen, Attack on Titan: The Final Season, Dororo (2019), Inuyashiki, Kakegurui, dan Dorohedoro.

 

Itulah lima studio anime terbaik yang pernah ada. Jadi, dari kelima studio anime di atas, studio yang mana yang sering kamu tonton animenya?

Baca Juga: Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik 

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya