Comscore Tracker

5 Anime yang Ternyata Dicekal di Beberapa Negara, Apa Alasannya?

Pernah menonton salah satu anime di bawah? #IDNTimesHype

Anime merupakan salah satu tontonan yang sudah dikenal di seluruh dunia. Dari hari ke hari, animasi asal Jepang ini bahkan meraih popularitas yang semakin tinggi dan mulai menjangkau lebih banyak penonton dari semua kalangan usia. 

Namun, rupanya tidak semua anime bisa diterima di semua tempat, lho. Beberapa anime ada juga yang dicekal dan dilarang tayang di beberapa negara dengan alasan tertentu. Penasaran? Yuk, kita simak selengkapnya di bawah!

1. Midori: Shoujo Tsubaki dicekal di Jepang

5 Anime yang Ternyata Dicekal di Beberapa Negara, Apa Alasannya?Midori: Shoujo Tsubaki (anime-planet.com/Midori: Shoujo Tsubaki)

Apakah Jepang pernah mencekal animenya sendiri? Tentu pernah, dong. Salah satu anime yang dilarang di Negeri Sakura ini adalah Midori: Shoujo Tsubaki.

Midori: Shoujo Tsubaki karya Suehiro Maruo adalah anime yang dirilis pada 1992. Mengambil genre body horror dan eroguro, anime yang juga berjudul Camellia Girl ini sempat dilarang tayang di Jepang karena menampilkan adegan kekerasan dan seksual secara eksplisit. Tak cukup sampai di situ, anime ini juga dicap sebagai salah satu anime terburuk sepanjang masa, lho.

Anime ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Midori yang bergabung dengan sirkus setelah sang ibu meninggal dunia. Karena karakternya yang polos, Midori kerap menjadi target pelecehan seksual dan mengalami kekerasan.

2. Pokémon dicekal di Saudi Arabia

https://www.youtube.com/embed/5LYyycD0YPA

Pokémon merupakan salah satu waralaba anime paling mendunia saat ini. Menghadirkan perjalanan Ash Ketchum untuk menjadi master Pokémon, animenya pun menarik pemirsa dengan berbagai monster-monster yang lucu. Namun, siapa sangka jika Pokémon ternyata dilarang di Saudi Arabia, nih. 

Rupanya, Pokémon dilarang sebab dianggap mempromosikan teori evolusi dari Charles Darwin dan mengandung perjudian. Karena itulah, segala pernak-pernik seperti kartu hingga video game Pokémon juga dilarang di Saudi Arabia. 

Baca Juga: 5 Penjahat Anime yang Menginginkan Keabadian

3. Attack on Titan dicekal di China

https://www.youtube.com/embed/o_go-8TFBXs

Attack on Titan karya Hajime Isayama juga merupakan salah satu anime yang paling banyak digandrungi saat ini. Mengambil cerita saat manusia dihadapkan dengan Titan pemakan manusia, anime ini tentu menghadirkan banyak adegan penuh darah yang mungkin akan mengganggu bagi sebagian penonton. 

Alhasil, anime ini akhirnya dilarang tayang di China karena banyaknya adegan berunsur gore. Selain dicekal karena adanya unsur kekerasan, alur cerita yang mengandung unsur politik juga menjadi alasan lain mengapa China melarang penayangan Attack on Titan.

4. Kite dicekal di Norwegia

https://www.youtube.com/embed/zXc3Jh7vbUo

Kite adalah anime yang ditulis oleh Yasuomi Umetsu dan rilis pada 1998. Kite menceritakan tentang seorang gadis bernama Sawa yang menjadi yatim piatu karena orangtuanya dibunuh. Di usia belia, ia pun menjadi pembunuh bayaran dan berusaha melacak orang yang membunuh orangtuanya.

Mengambil genre crime, Kite menampilkan banyak adegan yang mengandung unsur kekerasan. Namun, bukan hanya hal itu yang membuat anime ini dilarang, khususnya di Norwegia. Menurut peraturan yang berlaku, Kite akhirnya dilarang di Norwegia dengan alasan banyaknya adegan eksploitasi seksual anak di bawah umur. 

5. Record of Ragnarok dicekal di India

https://www.youtube.com/embed/T1av4x4LcqQ

Record of Ragnarok merupakan anime terbaru Netflix yang juga sempat booming di kalangan pencinta Anime. Anime ini menceritakan tentang pertarungan saat manusia terkuat akan bertarung satu lawan satu melawan dewa demi mencegah pemusnahan umat manusia. 

Meski memiliki alur cerita menarik, anime ini juga menimbulkan kontroversi lantaran menyinggung unsur-unsur sensitif bagi agama tertentu, nih, salah satunya bagi yang beragama Hindu. Penggambaran Shiva yang cenderung keliru di anime ini membuat Record of Ragnarok harus diblokir di India.

Nah itu tadi lima anime yang dilarang tayang di beberapa negara. Wah, bagaimana pendapatmu tentang kelima anime di atas?

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Mirip dengan Naruto

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya