Comscore Tracker

Korra: Bagaimana Cara Amon Mengambil Kemampuan Pengendalian Elemen?

Penasaran gak sih kenapa Amon bisa sebahaya itu?

Amon, terlahir sebagai Noatak, adalah pemimpin yang karismatik dan misterius dari kelompok revolusioner anti-bender yang dikenal sebagai Equalists. Tujuan utama mereka adalah untuk memperkenalkan kesetaraan bagi semua golongan dengan secara permanen menyingkirkan para pengendali elemen. Amon adalah seorang pejuang yang gesit dan tanpa takut menghadapi lawan-lawannya.

Mengaku sebagai non-bender yang tidak bersalah dan mendapat kekuatan untuk menghapus kekuatan pengendalian elemen seseorang secara permanen, kekuatan yang sebelumnya hanya dimiliki Avatar, Amon banyak mendapat simpati dari orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Tapi identitasnya terbongkar oleh Korra dan ternyata Amon adalah seorang pengendali air dari Suku Air Utara, anak seorang kriminal bernama Yakone.

Selain itu, adiknya, Tarrlok, adalah seorang anggota dewan Republic City yang secara tidak sadar menjadi alat balas dendam Amon terhadap Korra.

Seperti yang kita ketahui, Amon memiliki kemampuan bloodbending dan bisa menghilangkan kekuatan pengendalian elemen seseorang. Tapi bagaimana sebenarnya cara kerja kekuatan ini? Mari kita bahas dari awal.

1. Masa lalu Tarrlok di Suku Air Utara hingga berakhir di Republic City

Korra: Bagaimana Cara Amon Mengambil Kemampuan Pengendalian Elemen?The Legend of Korra

Noatak dilahirkan di Suku Air Utara dan memiliki adik bernama Tarrlok. Mereka berdua sama-sama seorang pengendali air. Sang ayah Yakone, melatih mereka dengan kejam untuk mengembangkan kemampuan mereka. Yakone menggunakan kedua putranya untuk membalaskan dendamnya pada Aang karena sudah mengambil kekuatan pengendalian airnya.

Setiap bulan purnama, Yakone membawa Noatak dan Tarrlok untuk melatih pengendalian darah mereka pada hewan liar seperti serigala kutub. Kemampuan Noatak pun tak main-main. Ia bahkan mampu melakukan bloodbending tanpa harus menggerakkan tangannya dan hanya menggunakan pikirannya, seperti ayahnya Yakone.

2. Sejarah bloodbending

Korra: Bagaimana Cara Amon Mengambil Kemampuan Pengendalian Elemen?Nickelodeon Avatar: The Last Airbender

Bloodbending adalah kemampuan khusus dari waterbending yang memungkinkan pengendali air untuk memanipulasi cairan dalam tubuh makhluk hidup, memungkinkan pengendali air untuk menggerakkan otot-otot seseorang. Teknik ini disebut sebagai teknik yang paling gelap, paling kuat, dan paling ditakuti dari semua pengendali elemen, dan ini adalah satu-satunya seni yang diketahui membahayakan kondisi mental penggunanya.

Teknik ini ditemukan oleh waterbender bernama Hama saat dia ditahan di penjara yang dirancang oleh Negara Api khusus untuk menahan waterbender. Selama penahanannya, ia menyimpulkan bahwa semua kehidupan pasti mengandung air dan mengembangkan kemampuan dengan mempraktikkannya pada tikus-tikus di penjara.

Bentuk dan gaya yang digunakan oleh para pengendali darah menyerupai seorang dalang mengendalikan boneka atau wayang. Jika pengendalian air menggunakan gerakan mengalir dengan lengan, bloodbending membutuhkan bentuk gerakan yang lebih kaku dan berbeda dengan cabang pengendalian air lainnya, yaitu healing.

Karena sifatnya yang ekstrem, hanya segelintir pengendali air mampu menunjukkan kemampuan untuk bloodbending. Teknik ini dianggap sebagai seni bela diri yang gelap dan jarang digunakan dalam pertempuran oleh sebagian besar pengendali air.

Selain itu, kemampuan ini hanya bisa dilakukan saat bulan purnama ketika kekuatan pengendali air berada di puncaknya. Hanya Yakone, Tarrlok, dan Amon yang telah menunjukkan kemampuan melakukan seni gelap ini tanpa bantuan bulan purnama. 

Baca Juga: 5 Pengendali Udara Terbaik di Serial Avatar dan Korra

3. Macam-macam bloodbending

https://www.youtube.com/embed/oFv4PEkBzYA

Bloodbender mampu membuat korban mereka melayang di udara dengan cara yang sama seperti waterbender mengangkat air di udara. Selain itu, dapat digunakan untuk menyerang dan membuat korbannya tidak sadar. Tak hanya itu, bloodbending juga mampu menghancurkan dan mengganggu aktivitas organ-organ internal korban. Inilah sebabnya bloodbending adalah kemampuan paling berbahaya. Ada dua jenis bloodbending:

  • Bloodbending secara psikis (psychic bloodbending)

Psychic bloodbending adalah kemampuan untuk menggunakan bloodbending dengan gerakan minimal, membuat penggunaannya hampir tidak terlihat.

Yakone pernah menggunakan kemampuan ini untuk mengendalikan seluruh ruang sidang sementara tangannya masih terikat oleh borgol. Dia mewariskan teknik ini kepada putranya, Noatak dan Tarrlok. Namun, hanya Noatak yang menguasai kemampuan itu, melakukannya pada usia 14 tahun dengan berlatih menaklukkan seluruh serigala.

Belakangan, sebagai Amon, ia menggunakan kemampuan ini dalam duel secara minimal mengubah gerakan lawan-lawannya dan memberi dirinya keuntungan tanpa harus mengungkapkan bahwa ia seorang pengendali air.

  • Bloodbending yang memutus aliran chi lawan (bending severing)

Bloodbending dapat digunakan untuk memutuskan hubungan antara seseorang dan kemampuan pengendalian elemennya dengan memblokir chakra dan memutus aliran chi mereka, memiliki efek yang sama seperti energybending yang dilakukan Aang pada Ozai dan Yakone.

Teknik ini membutuhkan kontak fisik langsung antara tangan pengguna dan dahi korban. Efek dari teknik ini akan bertahan lama, permanen, dan, tidak seperti pemblokiran aliran chi, korban tak bisa mendapat kembali kemampuan pengendalian elemennya.

Menurut Katara, teknik ini "memisahkan" seseorang dari pengendalian elemennya, membuatnya kebal terhadap semua metode penyembuhan. Energybending adalah satu-satunya metode yang dikenal untuk membalikkan efeknya.

4. Bagaimana Amon mempelajari teknik "menghilangkan pengendalian"? 

https://www.youtube.com/embed/AyUE6d9zoo0

Amon sama sekali tidak melakukan hal yang sama dengan Aang. Aang mengendalikan energi dalam diri seseorang - bentuk pengendalian elemen yang paling kuno dan mendasar, dan sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh makhluk dengan koneksi kuat ke dunia arwah. Amon hanya menggunakan bloodbending untuk memblokir chakra orang tersebut.

Kita tahu bahwa chakra-chakra ini dapat dimanipulasi secara fisik karena chakra ketujuh Aang terkunci ketika dia ditembak kilat oleh Azula, dan terbuka kembali ketika punggungnya menabrak batu yang menonjol saat bertarung dengan Ozai. Oleh karena itu, seorang bloodbender yang sangat terampil seperti Amon seharusnya dapat memblokir chakra dan menyebabkan beberapa cedera internal.

Di mana dia belajar teknik ini? Kemungkinan Amon menciptakannya sendiri. Pada waktu antara meninggalkan Suku Air Utara dan muncul di Republic City, dia pasti telah mempelajari bloodbending dan belajar tentang chakra. Mungkin dia mendapat ide setelah membaca tentang chakra Aang yang diblokir.

Dia mungkin juga bereksperimen dengan pengendali elemen di desa-desa terpencil untuk menghindari konflik ketika eksperimennya belum sempurna. Atau mungkin dia menggunakan hewan - bagaimanapun juga, beberapa hewan mampu mengendalikan elemen.

5. Apakah kemampuan ini bisa berbalik arah dan mengembalikan pengendalian elemen yang sudah hilang?

https://www.youtube.com/embed/gqShcyXS8Js

Secara teoritis iya, tetapi keuntungan yang dimiliki Amon adalah bahwa kemampuannya bisa langsung diterapkan dan berdampak pada korban, sesuatu yang hampir tak mungkin bisa dilakukan non-bender dan bukan pengendali air. Amon hampir pasti menggunakan bloodbending untuk memblokir jalur chi dalam tubuh seseorang dengan cara yang lebih permanen.

Kita tahu Ty Lee juga bisa melakukannya dengan memberikan tekanan (totok); ini mampu menghilangkan kemampuan pengendalian elemen, tetapi ini hanya sementara. Sementara bloodbending dapat mengakses mekanisme yang sama dengan lebih efisien untuk memutus aliran chi.

Amon tidak memblokir chakra karena itu tidak akan menghilangkan kemampuan pengendalian elemen. Chakra dikaitkan dengan energi kosmik murni alam semesta. Chakra yang tertutup akan mencegah Avatar mengendalikan Negeri Avatar. Jadi, kemungkinan besar itu hanya pemblokiran aliran chi, karena sudah terbukti bahwa aliran chi yang terganggu bisa menghilangkan kemampuan pengendalian elemen.

Lantas jika Katara adalah pengendali air terbaik di dunia, kenapa ia tak bisa menyembuhkan Korra? Karena Katara bukan Avatar, hehehe~

Baca Juga: 5 Fakta Serial Avatar: The Legend of Korra yang Belum Kamu Tahu

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya