Comscore Tracker

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Style

How adorable he is..

Memiliki nama asli Park Jae Sang, yang lebih populer dengan sebutan PSY ini, sukses merajai You Tube dengan chart viewer terbanyak selama lima tahun melalui single Gangnam Stylenya. 

Di umurnya yang sudah memasuki tiga puluh sembilan tahun, tak membuat ia mudah berpuas diri karena kesuksesannya sebagai artis papan atas.

Ia terus menelurkan single-single yang fenomenal, yang erat kaitannya dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya sukses di wilayah Asia saja, aksi dancenya yang fenomenal melalui single Gangnam Style, membuat dirinya diakui sebagai salah satu artis papan atas internasional.

Dan sekiranya sepuluh fakta mengenai beliau dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus melakukan inovasi di dalam sektor apapun itu. Jangan pernah patah semangat untuk tetap berkarya!

Sukses terus buat PSY!

1. Dress Classy, Dance Cheesy

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Stylebusinessinsider.com

Konsep Dress Classy, Dance Cheesy membuat PSY menjadi sangat terkenal sampai sekarang.

Maka dari itu pada setiap penampilannya, ia selalu memakai jas yang memberikan kesan formal, namun di dalam setiap aksinya ia menari dengan tingkah yang konyol hingga dapat membuat orang-orang yang melihatnya tertawa hingga terpingkal-pingkal.

Tingkah dan aksinya dalam proses produksi pembuatan lagu dan video klipnya dapat memikat hati bukan hanya K-Popers saja, tetapi hingga tingkat internasional. Konsep tersebut menjadi branding jati diri PSY, yang berbeda dengan konsep artis-artis lainnya. Tetapi bukan hanya menjual konsep saja, ia dikenal sebagai pribadi yang inovatif, multi talented, dan lucu. Hal tersebut ia gabungkan menjadi kombinasi di dalam setiap lagu hasil ciptaannya sendiri hingga ia menjadi salah satu entertainer papan atas di kancah internasional.

Bukan hanya menjual sensasi, tetapi inovasi di dalam berkarya. Keren!

2. Lagu-lagu Karya PSY Selalu Memiliki Konsep Dan Makna Tersendiri

Kreatifitas yang inovatif dalam berkarya, mungkin hal tersebut yang dapat kita lihat dalam setiap karya yang dibuat oleh PSY. Ia tidak sembarangan atau asal-asalan dalam membuat lagu, selalu ada konsep dan makna tersendiri di dalam setiap lagu ciptaannya. Sebagai contoh, lagu 'Gangnam Style' yang ditonton hingga 2,9 Miliar kali di You Tube, memiliki arti yang menyindir masyarakat Korea yang selalu tergila-gila dengan penampilan fisik yang sempurna sehingga operasi plastik yang dilakukan di sana sudah dianggap biasa. Lagu 'I Luv It' yang memiliki pesan untuk mencintai diri sendiri dengan apa adanya.

Lagu 'New Face' yang menggambarkan rasa ketertarikan kepada seseorang yang begitu dalam hingga rasanya ingin mengganti wajah kita dengan wajah yang baru. Lagu 'Daddy' di mana memiliki makna wajah kita apapun itu, ganteng atau tidak, kita mendapatkannya dari Ayahanda tercinta yang patut kita syukuri. Dan masih banyakkk lagi lagu lainnya yang unik dan keren banget.

3. Menghargai Orang Lain Baik yang Muda, Sebaya, Ataupun Lebih Tua

Menghargai orang lain, siapapun itu, berapapun usianya, apapun pekerjaan dan profesinya, merupakan salah satu nilai yang harus kita tanamkan di dalam diri sendiri. Jangan pernah memandang rendah orang lain, niscaya Tuhan akan mengangkat derajatmu di mata-Nya. Inilah salah satu pesan yang tertanam di dalam diri PSY. Di dalam video pembuatan video klipnya, tampak ia selalu mengucapkan terima kasih terhadap setiap kru yang ikut atas kerja kerasnya. Dengan sabar, ia mengajarkan anak kecil dan kru lain bagaimana cara menari Gangnam Style.

Saat bertemu orang yang lebih tua, ia akan menunduk dan mengucapkan salam. Saat bertemu orang dengan umur yang sebaya, dia akan memeluk dan mengucapkan terimakasih. Inilah idola dan public figure sesungguhnya yang layak kita teladani. Bagaimana guys, terinspirasi?

4. Setiap Membuat Video Klip, Ia Memikirkan Konsep Bagaimana Untuk Membuat Orang Tertawa

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Styleindowarta.com

Salah satu kelebihan dalam setiap video klip lagu ciptaan PSY, akan selalu ada nuansa humor yang ia bawakan.

Hal tersebut tidak terjadi secara instan saja, namun dalam proses pengerjaan video klipnya, PSY selalu memikirkan terlebih dahulu scene apa yang dapat membuat orang dapat tertawa. Setelah mendapatkan konsep scene yang lucu, ia akan mengarahkan semua kru untuk dapat beradegan seperti yang ia arahkan. Hal-hal seperti ini dibutuhkan sense of humour dan kreatifitas yang sangat tinggi. Pengerjaan video klipnya pun dilakukan secara profesional, mulai dari tarian-tariannya yang apik, scene, kostum, lokasi syuting, serta proses editing yang dipikirkan secara baik. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang kreatif, bukan hanya mau jadi followers saja.

5. Dalam Konser dan Video Klip, Sering Memakai Animasi Yang Lucu-Lucu

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Stylem.tempo.co

Bukan PSY namanya, kalau ga unik dan kreatif.

Hal ini dapat kita lihat dari konser dan video klip PSY, yang menganggap graphic design atau animasi sebagai salah satu hal yang dianggap penting. Makanya bagi yang suka lihat konser dan video klip PSY, akan sering kita lihat animasi lucu-lucu yang ditampilkan. Hal ini juga menjadi strategi PSY untuk memikat hati seluruh masyarakat, terutama bagi kaum muda. 

6. Memilih Untuk Tidak Melanjutkan Usaha Keluarga Di USA

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Styletelegraph.co.uk

Pada poin kali ini, kita sedikit membahas mengenai kehidupan pribadi PSY.

Bukan hanya pembuatan video klipnya yang unik, tetapi fakta dari kehidupan pribadinya pun cukup unik.

PSY dilahirkan dari keluarga yang cukup berada, dan tinggal di wilayah Gangnam, salah satu tempat di Korea Selatan yang banyak ditinggali oleh kaum elite di sana. Hal ini yang menginspirasi PSY untuk membuat lagu Gangnam Style karena seara langsung melihat kehidupan elite di sana, di mana banyak wanita yang cantik-cantik pun dapat ditemui.

Orangtuanya pun bukan orang yang sembarangan, memiliki profesi sebagai pengusaha kelas atas. 

PSY diminta melanjutkan usaha keluarga dan juga meneruskan kuliah di USA.

Setelah sempat dijalani selama beberapa tahun, PSY merasa bahwa hal itu bukan merupakan passionnya.

Ia pun secara tegas menolak untuk melanjutkan usaha keluarga dan memilih pulang ke Korea Selatan untuk menjadi seorang entertainer. Dan ternyata pilihan hidupnya tidak salah, ia menjadi entertainer papan atas yang juga diakui di kancah internasional.

7. Memilih Menikahi Perempuan Bukan dari Kalangan Artis Papan Atas

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Styleenewsdaily.info

Hidup itu pilihan, setuju?

Begitu pula dalam memilih pasangan hidup, PSY memilih untuk menikahi istrinya pada saat keduanya menginjak umur 29 tahun pada tanggal 14 Oktober 2006.

Istrinya yang tercinta itu bernama Yoo Hye-Yeon. Di mana mereka sama-sama memiliki ketertarikan di bidang musik, mereka bertemu di Yonsei University, yang pada saat itu istrinya mengambil cello sebagai salah satu konsentrasi jurusannya.

Mereka berpacaran selama tiga tahun sebelum memutuskan menikah, dan saat ini memiliki anak kembar perempuan.

Dalam sebuah wawancara, PSY berbicara mengenai istrinya, "She is the type of wife that all men are envious of".

Sooo cute!

8. Pernah Tampil Sebagai Bintang Tamu Pada Malam Final Britain Got Talent

Berbagai prestasi pun ditorehkan oleh artis berkebangsaan Korea Selatan ini.

Bukan hanya eksis dan terkenal di Korea Selatan atau wilayah Asia saja, namanya pun menjadi fenomenal bahkan di kancah internasional. Hal ini menunjukkan totalitas seorang PSY dalam berkarya, di mana hal ini bukan hanya membanggakan bagi dirinya saja, tetapi membawa nama Korea Selatan sebagai salah satu negara yang patut untuk diperhitungkan dalam menghasilkan entertainer yang hebat dan luar biasa. 

Seperti yang sudah kalian ketahui, Britain Got Talent adalah salah satu acara pencarian bakat televisi Inggris yang diciptakan oleh Simon Cowell. Pokoknya keren banget!

9. Diakui Sebagai K-Pop Artist Yang Dapat Masuk ke Amerika

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Stylemadonnatribe.com

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh PSY begitu fenomenal, dari mulai Gangnam Style yang ditonton sebanyak 2.9 Miliar view, Gentleman sebanyak 1 Miliar view, Hang Over (feat. Snoop Dogg) sebanyak 299 juta view, Daddy 288 juta view, New Face sebanyak 64 juta view, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat ia mendapat penghargaan dari Guiness Worlds Records sebagai Most Viewed Video Online, Most Liked Video Online, First Video To Be Viewed More Than One Billion Times, First Video To Be Viewed More Than Two Billion Times di channel You Tube. Single PSY, yakni Gentleman mendapatkan penghargaan Most Viewed Video Online In 24-Hours. Namanya pun diperhitungkan hingga di mata internasional. Ia pun diundang untuk bernyanyi di 34 negara, dan diminta untuk berkolaborasi dengan artis-artis papan atas, seperti Madonna, Kim Kadarshian, Snoop Dogg, Taylor Swift, dan masih banyak lagi.

10. Sering Diledek Mirip Kim Jong Un, Ia Membuat Video Klip Mengenai Korea

Karena memiliki tubuh yang tinggi besar, PSY sering dianggap mirip dengan pemerintah Korea Utara, yakni Kim Jong Un.

Hal ini menjadikan inspirasi di dalam dirinya, untuk membuat lagu berjudul Korea.

Dalam lagu ini digambarkan perbandingan antara Korea Utara dengan Korea Selatan yang notabene, sangat jauh. 

Korea Utara digambarkan lebih terfokus kepada sektor militer, tertutup, dan tidak bebas di dalam berekspresi; sementara Korea Selatan digambarkan sebagai negara yang modern, terbuka, inovatif, serta penuh dengan kegembiraan.

Tetapi PSY mengatakan ia sangat mengedepankan rasa nyaman, sehingga ia mengatakan lagu yang ia buat adalah untuk semua orang, termasuk penduduk di Korea Utara.

11. Dikenal Sebagai Pria Yang Bijaksana, Ia Juga Mau Menjadi Mentor

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Stylewowkeren.com

Bukan hanya di kalangan artis atau para fans PSY yang mengklaim bahwa ia adalah pribadi yang bijaksana, tetapi masyarakat kebanyakan pun menganggap PSY sebagai pribadi yang bijaksana. PSY bukan hanya suka tampil di depan umum, ia pun mau saat ditunjuk sebagai mentor dalam beberapa acara pencarian berbakat. Ia bukan hanya mau mengajar, tetapi juga mau berbagi pengalaman dan tips-tips yang menarik untuk kita simak. PSY pun berpesan kepada anak muda supaya kita terus semangat dalam menggapai mimpi. Apabila kita belum meraih mimpi kita, tidak usah takut dan gentar, karena kita masih muda sehingga banyak waktu dan pelajaran yang dapat kita ambil sebelum meraih mimpi itu. Bijaksana sekali ya.

12. Penyesalan Terbesarnya Adalah Saat Ia Tidak Dapat menghadiri Pemakaman Kakeknya

12 Fakta yang Belum Kamu Tahu Soal PSY Gangnam Styleupstation.id

Setiap orang pasti memiliki masa lalu.

PSY pun juga memiliki masa lalu dan juga penyesalan di dalam hidupnya.

Pada tahun 2011 ia ditangkap karena merokok dan memiliki ganja.

Karena hal tersebut, ia pun dimasukkan ke dalam penjara. Kakek PSY pada saat itu, harus dirawat di rumah sakit karena menderita kanker. Karena ia harus ditahan selama dua puluh lima hari, pada akhirnya ia tidak dapat mendampingi kakeknya pada masa kritis dan tidak dapat menghadiri saat kakeknya dimakamkan. Hal ini yang menjadi penyesalan terbesar seorang artis papan atas, PSY. 

Angelin Irena Photo Writer Angelin Irena

I love writing to keep my thoughts in the world. Thankyou for reading my articles. IG: @angelinirena. E-mail: angelinirena@yahoo.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya