Comscore Tracker

5 Musisi Indie Asal Semarang yang Lagunya Wajib Kamu Dengarkan

Lagunya enak-enak banget lho!

Mungkin jika dibandingkan dengan beberapa musisi beken yang berasal kota lain di Indonesia, beberapa nama musisi indie asal Semarang ini kurang sedikit familiar di telinga kamu.

Jika dibandingkan dengan banyaknya musisi indie asal Jogjakarta, Bandung, atau bahkan Jakarta yang berhasil memikat pendengar di kancah musik nasional, musisi asal Semarang memang belum banyak yang mencapai taraf itu.

Tapi, mereka juga memiliki sederetan karya musik yang patut diperhitungkan lho! Nggak percaya? Yuk simak lima musisi indie asal Semarang dan lagu-lagu hits andalan mereka yang benar-benar menyenangkan di telinga.

1. Serempet Gudal (Sereal)

https://www.youtube.com/embed/Bdru2e3Lf_g

Grup musik bergenre Orkes ini mempunyai banyak karya dengan lirik lagu super nyentrik, unik, lucu,  penuh kontroversi, bahkan ada yang sedikit vulgar. Semua lirik yang mereka tulis meski terkesan vulgar sebenarnya bermaksud untuk mengkritik keadaan sosial di sekitarnya. Penampilan mereka di setiap aksi panggungnya pun juga tak kalah nyentrik dari lagu-lagu mereka.

Grup yang terbentuk pada tanggal 05 Mei 2006 ini merupakan sekumpulan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang gemar bermusik di teras kampus awalnya hingga akhirnya memutuskan untuk membentuk sebuah band.

Serempet Gudal  ini  beranggotakan Dimas Xella (Vokal), Tilar Febri Pepeb (Backing Vocal), Alto Bonci (Marakas), Gembeng (Perkusi), Panji (Gendang), Eka Bayi (Lead Gitar), Enno (Bass), Bondan (Gitar), Abil Kawul (Keyboard), dan yang terakhir Inu Ambon (Drum).  

Beberapa lagu hits mereka diantaranya: Zeng, Andeng-Andeng, Kimcil, Malingsia dan juga Selaput Dara.

2. Figura Renata

https://www.youtube.com/embed/umdJ2kYoh6o

Nama yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di kalangna penikmat musik indie.

Figura Renata beranggotakan dua orang yaitu Eviassita Putri (vokal) dan Bima Sinatrya (gitar dan vokal) yang mengusung genre folk. Karya mereka benar-benar patut diperhitungkan loh.  

Inilah sederetan lagu milik Figura Renata yang wajib banget masuk playlist kamu yaitu : Elegi, Hingga Tenang, Benalu, Rasa dan Karsa, serta Malas.

Baca Juga: Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musik

3. Good Morning Everyone

https://www.youtube.com/embed/LGymNBRdx5s

Jika mendengar nama band yang satu ini atau bahkan sekadar mencari nama band ini di mesin pencarian internet, yang keluar hanyalah nama band ini disandingkan dengan band besar kenamaan Indonesia yaitu Sheila On 7.

GoodMorningEveryone memang memiliki vibes musik 90-an  seperti halnya yang dimilki oleh seniornya itu, tapi bukan berarti mereka menjiplak lho ya. Good Morning Everyone memiliki cirinya sendiri dan secara perlahan membuktikan bahwa mereka bisa membuat karya yang dapat membuat image band mereka lepas dari baying-bayang Sheila on 7.

Band ini digawangi oleh Yuli (Gitar), Ichsan (Vokal), Daniel (Gitar), Dhani (Bass) dan  juga Erwin (Keyboard) melalui banyak karyanya mulai mendapatkan hati para menikmat musik Tanah Air, sebut saja Tunggu Aku, Move On, Secepat Mungkin dan juga Friendzone.

4. Pingkel Standing

https://www.youtube.com/embed/pOBvqWdVVeY

Apabila kamu sangat menyukai genre musik SKA, kamu harus segera mendengarkan lagu-lagu musisi yang satu ini. Yup, Pingkel Standing merupakan band indie kenamaan asal Semarang yang mengusung genre SKA New Wave. Kenapa dinamakan new wave? Karena dalam menggarap musiknya, Pingkel Standing mencampurkan beberapa genre seperti hiphop, reggae, rocksteady, dan juga chacha.

Band ini dimotori oleh Vanya (Vocal), HellariusDaru (Vocal,Trombone), Iqbal (Saxophone Tenor), Ajiw (Saxophone Alto), Faris (Guitar), Cikal (Bass), Dempo (Drum),  dan Pandu (Percussion).

Mereka punya sederetan lagu yang bisa memanjakan telinga kalian dengan alunan musik mereka, diantaranya Because So Sexy, Putus Saja, Teman Baik, Tinggalkan Dia, dan juga Vespa Cinta

5. Aljabar

https://www.youtube.com/embed/KNhpNnirqro

Band bergenre jazz ini terbentuk pada awal Desember 2010. Sejak awal terbentuk Aljabar mencoba menggabungkan musik jazz dengan beberapa genre lain seperti soul, RnB, hiphop dan juga pop. Nyatanya music Aljabar langsung mampu diterima oleh khalayak.

Aljabar sendiri memilki tiga orang punggawa yaitu Gatot Hendraputra (Vokal & Gitar), Koko Chandradinata (Piano & Synth), dan Mirza Firdaus (Bass). Ini dia sederetan lagu ciamik milik aljabar yang harus banget kamu dengarkan yaitu: Flattery, Asa, Spellbound, Razzle Dazzle dan juga Sebuah Kata

Itu tadi 6 musisi indie dari Kota Semarang yang siap mewarnai playlist-mu. Karya mereka patut diperhitungkan dan sangat enak untuk di dengar bukan? Yuk, terus dukung musisi lokal ya.

Baca Juga: 5 Lirik Lagu Indie Lokal Ini Syarat akan Makna, Pas Buatmu Merenung!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya