Comscore Tracker

Gak Cuma Modal Seram, 5 KMovie Horor Ini Juga Panen Penghargaan 

Awas, gak bisa tidur! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Sejak dahulu, film-film horor asal Korea Selatan telah banyak digemari. Meskipun gak semua orang suka, namun film dengan genre horor tersebut kerap kali berhasil menarik perhatian.

Gak cuma mengandalkan seram dan menegangkan, banyak film horor berkualitas yang memiliki alur cerita menarik juga sarat akan makna, khususnya yang asalnya dari Korea Selatan. Bahkan, ditambah dengan pengemasan yang apik dan akting memukau para pemerannya, terdapat film horor Korea Selatan (KMovie) yang sukses meraih banyak kemenangan dalam berbagai ajang penghargaan.

Gak cuma modal seram, lima KMovie horor di bawah ini nyatanya panen penghargaan.

1. A Tale of Two Sisters (2003) 

Gak Cuma Modal Seram, 5 KMovie Horor Ini Juga Panen Penghargaan asianwiki.com

Merupakan salah satu film horor asal Korea Selatan yang paling terkenal, A Tale of Two Sisters naskahnya ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Jee Woon. Bahkan saking suksesnya, KMovie yang tayang sekitar Juni tahun 2003 ini, sempat digarap ulang oleh Hollywood dengan judul The Uninvited pada tahun 2009.

Dibintangi oleh Im Soo Jung dan Moon Geun Young selaku pemeran utama, film horor ini berkisah tentang sepasang kakak adik perempuan yang sering mendapat perlakuan kejam dari ibu tiri mereka. Selain mampu meraih box office, KMovie ini pun meraih banyak penghargaan, misalnya saja Best New Actress, Best Picture, sampai dengan Best Cimenatography.

2. The Host (2006) 

https://www.youtube.com/embed/i6b42ZMkUcQ

Menjadi salah satu film karya Bong Joon Ho yang panen prestasi, The Host dibintangi oleh Song Kang Ho, Byun Hee Bong, Bae Doo Na, dan Goo Ah Sung. Sempat tayang di salah satu stasiun TV Indonesia beberapa waktu lalu, KMovie ini berkisah mengenai teror yang tercipta dari seekor monster yang berasal dari Sungai Han.

Selain para pemainnya yang begitu berjaya di ajang penghargaan, The Host pun mampu memenangkan kategori Best Film di berbagai ajang berbeda, yaitu Blue Dragon Film Awards 2006, Asian Film Awards 2007, dan Baeksang Arts Awards 2007.

Baca Juga: 5 Film Horor yang Terinspirasi dari Teori Konspirasi Mengerikan

3. Thirst (2009) 

https://www.youtube.com/embed/NxAtC_zlieI

Masih merupakan film yang dibintangi oleh Song Kang Ho, Thirst digarap oleh sutradara Park Chan Wook yang dikenal pula dengan filmnya yang berjudul Oldboy dan The Handmaiden. Bertemakan vampir, KMovie berjudul Thirst ini turut pula dibintangi oleh Kim Ok Bin dan Shin Ha Kyun. Menjadi KMovie horor berkualitas, salah satu prestasi membanggakan dari Thirst, yaitu mendapatkan penghargaan di Cannes Film Festival 2009 dalam kategori Jury Prize.

Gak hanya mencekam, Thirst juga dibumbui dengan kisah cinta unik dan tak biasa. Menampilkan banyak adegan dewasa, KMovie yang satu ini sangat tidak cocok ditonton oleh kalian yang belum cukup umur.

4. Bedevilled (2010) 

https://www.youtube.com/embed/dG2bObtGlsI

Mengisahkan pembalasan dendam seorang ibu terkait dengan kematian anak perempuannya, Bedevilled merupakan KMovie horor yang digarap oleh Jang Cheol Soo selaku sutradaranya. Berhasil mengantarkan Seo Young Hee selaku aktris utamanya banjir penghargaan sebagai Best Actress di berbagai ajang berbeda, KMovie ini turut dibintangi oleh Park Jung Hak, Bae Sung Woo, dan Hwang Geum Hee.

Selain aktris Seo Young Hee, sang sutradara yang bernama Jang Cheol Soo pun berhasil memenangkan banyak penghargaan sebagai Best New Director. Tidak sampai di situ, film ini pun berhasil menjadi Best Film di ajang Golden Cinematography Awards tahun 2011.

5. The Wailing (2016) 

https://www.youtube.com/embed/43uAputjI4k

Tayang dengan durasi sekitar 156 menit, KMovie The Wailing berkisah tentang maraknya kasus pembunuhan keluarga di sebuah desa, di mana pelakunya merupakan anggota dari keluarga itu sendiri.

Pada awalnya, polisi yang menyelidiki percaya kalau perilaku para pelaku disebabkan mengkonsumsi jamur yang tumbuh di sekitar lokasi kejadian. Namun, banyak warga yang meyakini kalau kasus-kasus tersebut dipengaruhi oleh kekuatan gaib, bahkan merupakan sebuah kutukan yang berasal dari seorang warga Jepang.

Naskahnya ditulis dan disutradarai oleh Na Hong Jin, KMovie The Wailing diperankan oleh Kwak Do Won, Hwang Jung Min, Chun Woo Hee, dan Kim Hwan Hee. Berhasil menjadi Best Film di ajang Baeksang Arts Awards ke-53, The Wailing juga panen cukup banyak penghargaan di ajang Blue Dragon Film Awards ke-37 dan Daejong Film Awards ke-53.

Demikian lima daftar KMovie horor yang tidak cuma mengandalkan seram, namun juga panen penghargaan di berbagai ajang. Dari semua KMovie-nya, mana nih yang bakal kalian tonton?

Baca Juga: 5 Film Korea Tentang Usaha Penyelamatan ini Bikin Tegang!

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya