Comscore Tracker

5 Film Bertema Pengadilan Buat Kamu Penyuka Film Serius

Film di genre ini dialognya cenderung banyak dan serius

Dalam film drama atau tayangan drama televisi terdapat satu tema yang berkisah tentang suasana pengadilan yang kerap kali disajikan dengan dialog-dialog nan panjang dan serius. Film dengan tema ini disebut dengan courtroom drama atau film bergenre courtroom.

Menurut penjelasan dari American Film Institute (AFI), courtroom drama didefinisikan sebagai genre film yang memperlihatkan pengadilan sebagai setting utama dari film tersebut. Film yang berkisah tentang orang yang kehidupannya bersinggungan dengan pengadilan, sepereti hakim, saksi mata, korban kejahatan, pelaku, dll, baik fiksi maupun nyata, juga dapat dikategorikan sebagai film courtroom.

Karena tema utamanya berupa pengadilan, maka tak heran jika dialog di film-film courtoom dibuat dengan cukup padat dan serius, yang biasanya hanya disukai oleh segelintir orang. Nah, buat kamu yang belum pernah menonton film courtroom dan pengen tahu seberapa serius dan panjang dialog-dialognya, berikut IDN Times rekomendasikan lima film bertema courtroom buat kamu semuanya. Silakan disimak!

1. 12 Angry Men (1957)

https://www.youtube.com/embed/_13J_9B5jEk

Sutradara: Sydney Lumet

Pemeran: Henry Fonda, Lee J. Cobb, Ed Begley, dll.

Durasi: 96 menit

IMDB: 8.9

Rotten Tomatoes: 100%

Jika kamu belum pernah sekalipun menonton film bertema courtroom, maka 12 Angry Men adalah pilihan yang tepat untuk menjadi tontonan pertamamu. Film yang ber-setting di satu ruangan ini berkisah tentang 12 orang juri di pengadilan yang berdiskusi mengenai putusan terhadap seorang terdakwa kejahatan berusia 18 tahun. Jika dinyatakan bersalah, maka terdakwa akan dihukum mati, tetapi jika ada keraguan yang masuk akal dari kasus tersebut, maka ia akan bebas. Keraguan yang diyakini oleh salah seorang juri membuat nasib anak muda ituditentukan oleh perdebatan kedua belas orang juri tersebut.

2. To Kill a Mockingbird (1962)

https://www.youtube.com/embed/KR7loA_oziY

Sutradara: Robert Mulligan

Pemeran: Gregory Peck, Mary Badham, Phillip Alford, dll.

Durasi: 129 menit

IMDB: 8.3

Rotten Tomatoes: 91%

Film yang diadaptasi dari novel terkenal peraih Pulitzer tahun 1960 berjudul sama karya Harper Lee ini berkisah tentang seorang pengacara, Atticus Finch (Peck) yang menangani kasus seorang pria kulit hitam yang dituduh memperkosa seorang wanita kulit putih di negara bagian Alabama pada tahun 1930-an. Rasisme dan diskriminasi terhadap orang kulit hitam pada era tersebut membuat hukum seolah menjadi berat sebelah bagi orang-orang kulit hitam.

3. Kramer vs. Kramer (1979)

https://www.youtube.com/embed/80UzhoD-RBs

Sutradara: Robert Benton

Pemeran: Dustin Hoffman, Meryl Streep, Justin Henry, dll.

Durasi: 104 menit

IMDB: 8.2

Rotten Tomatoes: 91%

Kramer vs. Kramer juga diadaptasi dari novel karya Avery Corman. Film ini berkisah tentang kasus perceraian sepasang suami-istri, Ted Kramer (Hoffman) dan Joanna Kramer (Streep) dan konflik keduanya di pengadilan saat persidangan mengenai hak asuh anak semata wayang mereka, Bill Kramer (Henry).

Selain menjadi film dengan penghasilan tertinggi di tahun 1979, Kramer vs. Kramer juga menjadi film peraih penghargaan terbanyak, termasuk meraih predikat Film Terbaik, di ajang Academy Awards ke-52 di tahun 1980.

Baca Juga: Gak Memulu Main di FTV, Ini 6 Daftar Film Christ Laurent 

4. The Accused (1988)

https://www.youtube.com/embed/NRQifnaioeM

Sutradara: Jonathan Kaplan

Pemeran: Jodie Foster, Kelly McGillis, Bernie Coulson, dll.

Durasi: 111 menit

IMDB: 7.2

Rotten Tomatoes: 90%

Film courtoom ini berkisah tentang seorang pelayan restoran, Sarah Tobias (Foster) yang diperkosa oleh sejumlah orang. Sarah bersama dengan pengacaranya, Kathryn Murphy (McGillis) berjuang di persidangan agar pemerkosa Sarah beserta dengan orang-orang yang memberikan dukungan saat kejadian tersebut terjadi mendapat hukuman yang setimpal atas perbuatan mereka. Film ini diadaptasi secara bebas dari kasus pemerkosaan terhadap Cheryl Araujo yang terjadi di tahun 1983.

5. Philadelphia (1993)

https://www.youtube.com/embed/wHSH-NpCQOw

Sutradara: Jonathan Demme

Pemeran: Tom Hanks, Denzel Washington, Jason Robards, dll.

Durasi: 126 menit

IMDB: 7.7

Rotten Tomatoes: 79%

Film ini berkisah tentang seorang pengacara di firma hukum, Andrew "Andy" Beckett (Hanks), di negara bagian Philadelphia. Andy yang merupakan seorang gay dan terkena AIDS dipecat dari kantornya karena sebuah insiden. Ia berpikir kantornya memecatnya karena ia homoseksual. Dibantu oleh pengacara lain, Joe Miller (Washington), Andy berjuang mengajukan tuntutan terhadap kantornya. Meski di awal pertemuan mereka Joe menunjukkan sikap antipati terhadap Andy, tetapi seiring berjalannya waktu Joe akhirnya dapat menerima perbedaan dan berteman dekat dengan Andy.

Itulah rekomendasi lima film bertema courtroom untuk kamu semua. Jangan lupa ditonton ya!

Baca Juga: Buat Pembelajaran Diri, 5 Film Hollywood Bercerita tentang Broken Home

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:00:03

Progress: 755.382 dari 813.350 TPS (92.87293%)

Just For You