5 Anime tentang Pemberontakan Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Pemerintah jadi antagonis utamanya di anime ini?

Pada umumnya, antagonis anime hanya bersembunyi di balik organisasi teroris. Hal tersebut tentunya jauh lebih mudah, karena sang protagonis mendapatkan dukungan dari pemerintah atau asosiasi yang membela negara. Namun, apa jadinya jika pemerintah itu sendiri yang justru menjadi antagonis utamanya?

Seperti kelima anime di bawah ini, berikut ini adalah sederet rekomendasi anime terbaik tentang pemberontakan. Para protagonis di anime ini harus melakukan pemberontakan untuk memulai revolusi. Mau tahu apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Code Geass

https://www.youtube.com/embed/v-AGjx0N24U

Disebut sebagai gabungan dari Death Note dan Gundam, Code Geass berfokus pada seorang remaja genius bernama Lelouch Lamperouge. Saat dirinya masih kecil, ibunya dibunuh di hadapan matanya. Ketika dirinya menuntut kepada ayahnya untuk mencari pembunuh ibunya, Lelouch malah dianggap sudah menghina kerajaan, sehingga dirinya dibuang ke Jepang yang kini sudah berubah menjadi Area 11.

Suatu hari, Lelouch mendapatkan kekuatan Geass dari seorang gadis misterius. Kekuatan tersebut memungkinkan Lelouch untuk mengendalikan orang lain hanya dengan menatap matanya. Dengan kekuatan Geass di tangannya, Lelouch memanfaatkan organisasi pemberontak di Area 11 untuk menggulingkan Britannia dan membalas dendam kepada ayahnya.

2. Akame ga Kill!

https://www.youtube.com/embed/sCGWxQuSoDU

Semuanya terbalik di Akame ga Kill!. Di sini, kelompok pembunuh bayaran berperan sebagai protagonis utama, sementara pemerintah berperan sebagai antagonis utamanya. Kekaisaran dipimpin oleh pemerintah yang sangat korup.

Di sana, pemerintah memeras rakyatnya dengan pajak yang sangat tinggi. Selain itu, warga sipil juga harus terbiasa dengan kebrutalan karena eksekusi publik sering terjadi di sana.

Anime ini berfokus pada Tatsumi, seorang pemuda yang pergi ke ibu kota untuk menyelamatkan desanya yang sekarat. Namun, setibanya di sana, Tatsumi malah menemukan kebusukan pemerintah.

Setelah secara tidak sengaja bertemu dengan pasukan revolusioner, Night Raid, Tatsumi memutuskan untuk bergabung dengan kelompok tersebut untuk menggulingkan pemerintah di Kekaisaran.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Anime Romantis Studio Ghibli yang Cocok buat Remaja

3. Guilty Crown

https://www.youtube.com/embed/JToS6gmWzgw

Setelah Virus Kiamat menyebar dan menyebabkan kekacauan besar di Jepang, Jepang kini berada di bawah kekuasaan GHQ. Di satu sisi, GHQ membantu untuk menahan penyebaran virus tersebut. Namun, di sisi lain, GHQ juga menerapkan peraturan yang kejam dan mengekang kebebasan masyarakat Jepang.

Anime ini berfokus pada Shuu Ouma, yang mendapatkan Kekuatan Raja. Dengan kekuatan tersebut, Shuu bergabung dengan Funeral Parlor, sebuah organisasi revolusioner yang bertujuan untuk merebut kembali kemerdekaan Jepang di tangan GHQ.

4. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

https://www.youtube.com/embed/dqDB6gQLbPM

Setelah kehilangan tubuhnya karena melakukan ritual terlarang, Edward dan Alphonse Elric memutuskan untuk menjadi Alkemis Negara. Tujuannya adalah untuk menemukan cara mengembalikan tubuh mereka. Namun, setelah menjadi Alkemis Negara, Elric bersaudara menemukan bahwa pemerintah Amestris sedang menyembunyikan sesuatu.

Hal tersebut terungkap ketika Maes Hughes tiba-tiba dibunuh setelah mengetahui tujuan dari pemerintah Amestris. Ketika para protagonis mengetahui kebusukan pemimpin mereka, Fuhrer King Bradley, terjadi pertempuran yang menentukan nasib Amestris.

5. One Piece

https://www.youtube.com/embed/LHTYpWI3S6Q

One Piece memang lebih berfokus pada petualangan Luffy dan Bajak Laut Topi Jerami dalam mencari harta karun One Piece. Meskipun begitu, seri ini tetap mengandung unsur pemberontakan karena pemerintah ditampilkan sebagai antagonis dalam seri ini.

Sebagaian besar dunia One Piece dikuasai oleh organisasi tirani besar yang dikenal dengan Pemerintah Dunia. Pemerintah Dunia menganut paham Keadilan Mutlak, di mana siapa saja yang melanggar peraturan pemerintah adalah penjahat yang layak dimusnahkan meskipun harus mengorbankan nyawa orang yang tidak bersalah.

Pemerintah Dunia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap dunia One Piece. Oleh karena itu, kemungkinan jika Pemerintah Dunia akan menjadi musuh terakhir dalam seri ini.

 

Jika kamu menyukai anime dengan tema pemberontakan, maka kelima anime di atas sangat direkomendasikan untuk kamu. Jadi, dari kelima anime di atas, yang mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime tentang Kehidupan Gangster, Penuh Aksi!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

https://www.youtube.com/@animelore666

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya