Comscore Tracker

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwin

Keputusan tersulit yang pernah dihadapi oleh Levi

Pada misi perebutan kembali Shiganshina, Levi dihadapkan dengan pilihan yang sulit di mana dirinya harus menyelamatkan salah satu dari dua harapan terbesar bagi umat manusia. Levi harus memilih untuk menyelamatkan Erwin atau Armin yang tengah sekarat setelah bertarung dengan Titan.

Setelah perdebatan dengan Eren dan Mikasa, Levi memilih untuk menyelamatkan Armin dengan menyuntikkan serum Titan kepada Armin. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi para penggemar mengapa Levi lebih memilih pemula yang berpotensi dibandingkan dengan sahabatnya yang merupakan komandan yang berpengalaman. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini adalah lima alasan mengapa Levi lebih memilih Armin dibandingkan Erwin. Simak ulasan berikut. 

1. Erwin tidak lagi memiliki ambisi untuk memimpin Pasukan Pengintai 

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwinzerochan.net

Sebelum kematiannya, Erwin sempat berdiskusi bersama Levi. Saat itu Levi bertanya apa yang akan Erwin lakukan setelah rahasia ruang bawah tanah keluarga Yeager terungkap dan rahasia dunia luar terungkap. Erwin menjawab bahwa dia tidak tahu.

Erwin mengakui bahwa apa yang ia lakukan selama ini hanyalah mengantarkan nyawa ratusan prajuritnya kepada kematian hanya karena ia ingin mengetahui kebenaran dunia luar dan untuk memastikan bahwa apa yang dikatakan ayahnya itu benar.

Melihat hal tersebut, Levi menyadari bahwa Erwin sudah berada di puncak keputusasaannya. Levi juga melihat bahwa Erwin sudah tidak lagi memiliki ambisi untuk memimpin Pasukan Pengintai. 

2. Armin memiliki potensi besar yang tidak dapat digantikan oleh siapapun

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwinskywingknights.com

Tak seperti Erwin yang sudah berada di unjung keputusasaannya, Armin masih memiliki ambisi besar untuk melihat dunia luar. Armin bermimpi untuk melihat lautan, gurun dan semua hal menakjubkan yang ada di dunia ini.

Armin juga merupakan prajurit yang cerdas dan berpotensi besar. Armin dapat berpikir jernih dalam situasi apapun dan itu adalah kelebihan Armin yang tidak dimiliki oleh siapapun. Hal inilah yang membuat Armin menjadi salah satu harapan terbesar bagi umat manusia. 

3. Levi berpikir bahwa sudah waktunya Erwin untuk beristirahat

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwinattackontitan.fandom.com

Jauh sebelum Eren bergabung dengan Pasukan Pengintai, Erwin telah memimpin banyak ekspedisi ke luar tembok. Setiap ekspedisi yang ia lakukan, Erwin selalu pulang dengan membawa kantung mayat. Mengerikannya lagi, tak jarang Erwin tidak dapat menemukan mayat prajuritnya sendiri.

Hal tersebutlah yang selalu menghantui Erwin. Bahkan, Erwin mendapatkan julukan sebagai "Iblis" yang akan menyelamatkan manusia. Sebagai iblis, Erwin mengantarkan nyawa prajuritnya kepada kematian. Hal tersebut ia lakukan untuk menyelamatkan manusia dari neraka dunia.

Levi berpikir bahwa mungkin beban tersebut sudah terlalu berat bagi Erwin, sehingga Erwin sudah tidak dapat lagi menanggung beban tersebut. Levi juga berpikir bahwa mungkin Erwin sudah lelah dengan itu semua sehingga akhirnya Levi memutuskan untuk membiarkan sahabatnya untuk beristirahat dengan tenang.

Baca Juga: 5 Hal Tidak Masuk Akal tentang Pasukan Pengintai di Attack on Titan

4. Mimpi Armin untuk melihat lautan

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwinattackontitan.fandom.com

Di malam setelah Historia dilantik untuk menjadi ratu baru, Armin, Eren dan Mikasa sempat berkumpul dan berbincang. Di tengah perbincangan tersebut, Armin dengan semangat mengingatkan Eren yang tengah emosi, tentang mimpinya untuk melihat lautan.

Tanpa disadari, percakapan tersebut didengarkan oleh Levi. Ini mungkin hanyalah hal yang kecil. Namun setidaknya, Levi yang berhati dingin sedikit tersentuh dengan tekad besar yang masih dimiliki oleh Armin.

Kita mengetahui bahwa melihat lautan dan merebut kembali kebebasan manusia adalah mimpi terbesar Armin dan Eren sejak mereka kecil. Setelah mereka dewasa, mereka masih konsisten dan berjuang keras untuk mewujudkan mimpi mereka.

Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Levi menyimpan harapannya kepada Armin.

5. Erwin telah siap mati sebagai pahlawan 

Attack on Titan: 5 Alasan Mengapa Levi Memilih Armin Ketimbang Erwinattackontitan.fandom.com

Setelah berdebat dengan Eren dan Mikasa, Levi akhirnya memutuskan untuk memberi serum Titan tersebut kepada Erwin. Namun tepat sebelum Levi menyuntikkan serum tersebut, Erwin menolaknya dan berkata "Bagaimana bisa kau tahu bahwa ada orang lain yang masih hidup di luar tembok?".

Erwin mengetahui bahwa banyak prajuritnya yang masih terkapar sekarat di luar tembok. Maka dari itu, Erwin memilih untuk bertanggung jawab dan mati bersama prajuritnya yang telah ia seret ke dalam misi bunuh diri. Ini adalah alasan terbesar mengapa Levi memilih Armin.

Itulah lima alasan mengapa Levi lebih memilih Armin daripada Erwin. Bagaimana menurutmu? Apakah keputusan Levi adalah keputusan yang tepat?

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta Menarik Tentang Kekuatan Armored Titan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya