Comscore Tracker

5 Film Anime Terlaris Sepanjang Masa, Ada Kimetsu no Yaiba!

Kamu sudah nonton semua animenya? #IDNTimesHype

Sejak era '90-an, anime sudah mulai dikenal di seluruh penjuru dunia dan digemari oleh masyarakat luas. Sejak saat itu, Jepang sudah memiliki sederet film anime box office yang laris di pasaran, seperti Princess Mononoke, My Neighbour Totoro, hingga Akira.

Nah, dimulai dari Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train hingga Ponyo, berikut ini adalah lima film anime terlaris sepanjang masa. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train

https://www.youtube.com/embed/ATJYac_dORw

Pada akhir 2020 lalu, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train berhasil mengukir sejarah dengan menggeser posisi Spirited Away sebagai film anime terlaris sepanjang masa. Tak hanya itu, Mugen Train juga berhasil menjadi film terlaris di seluruh penjuru dunia pada 2020 dengan omzet sebesar 500 juta dollar Amerika atau setara dengan 7,2 triliun rupiah lebih.

Mugen Train sendiri merupakan sekuel dari musim pertama seri Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Film anime ini berlatarkan di kereta dan berfokus pada pertarungan Tanjiro dan kawan-kawan melawan iblis yang bernama Enmu.

2. Spirited Away

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Dirilis pada 2001, Spirited Away adalah karya terbaik Studio Ghibli. Selama 19 tahun, Spirited Away memegang gelar sebagai film anime terlaris sepanjang masa sebelum akhirnya posisinya digeser oleh Mugen Train pada 2020 lalu.

Sebagai salah satu anime terlaris sepanjang masa, Spirited Away sudah meraup omzet sebesar 395 juta dollar Amerika lebih atau setara dengan 5,7 triliun rupiah lebih. Selain itu, Spirited Away juga sudah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, seperti Best Animated Feature di 75th Academy Awards, Golden Bear di 2002 Berlin International Film Festival, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Spirited Away menceritakan perjalanan seorang gadis kecil bernama Chihiro Ogino yang harus bertualang di dunia roh untuk menyelamatkan kedua orang tuanya.

Baca Juga: Geser 'Spirited Away', 'Demon Slayer' Jadi Film Terlaris di Jepang

3. Your Name

https://www.youtube.com/embed/xU47nhruN-Q

Dikenal juga dengan judul Kimi no Na Wa, Your Name merupakan karya terbaik Makoto Shinkai. Dirilis pada 2016, film anime ini sudah meraup omzet sebesar 380 juta dollar Amerika lebih atau setara dengan 5,5 triliun rupiah lebih.

Your Name menceritakan seorang gadis desa bernama Mitsuha Miyamizu yang bertukar tubuh dengan seorang remaja laki-laki yang tinggal di Tokyo bernama Taki Tachibana. Keduanya pun mulai mencari satu sama lain untuk menemukan alasan mengapa tubuh keduanya dapat tertukar.

4. Howl's Moving Castle

https://www.youtube.com/embed/iwROgK94zcM

Merupakan salah satu karya terbaik Studio Ghibli, Howl's Moving Castle adalah film anime yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones. Film ini menceritakan seorang gadis bernama Shopie yang berubah menjadi nenek tua berusia 90 tahun setelah dikutuk oleh seorang penyihir.

Dirilis pada 2004, film ini berhasil meraih omzet sebesar 235 juta dollar Amerika lebih atau setara dengan 3,4 triliun rupiah lebih. Pada 2006, Howl's Moving Castle masuk ke dalam nominasi Best Animated Featured di 78th Academy Awards.

5. Ponyo

https://www.youtube.com/embed/CsR3KVgBzSM

Masih merupakan salah satu karya terbaik Studio Ghibli, Ponyo adalah film anime yang disutradarai oleh sutradara yang sama dengan Spirited Away dan Howl's Moving Castle, yaitu Hayao Miyazaki. Dirilis pada 2008, film ini berhasil meraup omzet sebesar 203 juta dollar Amerika lebih atau setara dengan 2,9 triliun rupiah lebih.

Film ini menceritakan seekor ikan bernama Ponyo yang pergi dari rumahnya untuk menjelajahi dunia luas. Dalam petualangannya, Ponyo bertemu dan berteman dengan seorang anak bernama Sousuke.

 

Itulah lima film anime terlaris sepanjang masa. Jadi, dari kelima film di atas, film yang mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 7 Film Animasi Terbaik Studio Ghibli yang Bikin Kamu Mensyukuri Hidup

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya