Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Korea Seru yang Diadaptasi dari Kisah Nyata

Sudah nonton semua filmnya? #IDNTimesHype

Dimulai dari kisah tentang kehidupan yang menyentuh hati hingga cerita mengenai kejahatan yang mengerikan, selalu ada kisah menarik dalam kehidupan manusia. Tak jarang, kisah-kisah ini menginspirasi para produser film untuk mengangkatnya ke layar lebar.

Meskipun selalu ada beberapa hal yang didramatisasi, film yang diadaptasi dari kisah nyata biasanya akan terasa lebih realistis dari film pada umumnya. Di bawah ini adalah deretan film Korea seru yang diadaptasi dari kisah nyata. Penasaran apa saja filmya? Simak ulasan berikut.

1. Silenced

https://www.youtube.com/embed/k3BUIreDAeY

Kang In Ho (Gong Yoo) adalah seorang guru seni yang baru saja direkrut untuk mengajar di Sekolah Gwangju Inhwa, sebuah sekolah untuk anak-anak tuli. Pada awalnya, In Ho merasa aneh dengan sikap murid-muridnya yang selalu berusaha untuk menghindarinya. Seiring berjalannya waktu, murid-murid tersebut mulai dekat dengan In Ho dan mulai mengungkapkan rahasia kelam sekolah tersebut.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada awal era 2000-an. Selama bertahun-tahun, murid-murid di Sekolah Gwangju Inhwa menjadi korban dari kekerasan dan pelecehan seksual oleh pengurus sekolah tersebut. Hingga pada akhirnya, para pelaku berhasil ditangkap dan Sekolah Gwangju Inhwa ditutup setelah seorang guru berhasil mengungkap kekejaman yang ada di sekolah tersebut.

2. Memories of Murder

https://www.youtube.com/embed/0n_HQwQU8ls

Berlatarkan 1986, film ini menceritakan tentang Detektif Park Doo Man (Song Kang Ho) dan Detektif Jo Yong Koo (Kim Roe Ha) yang sedang menyelidiki sebuah kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Provinsi Gyunggi, Korea Selatan. Karena metode penyelidikan dan kurangnya petunjuk, penyelidikan keduanya tak kunjung membuahkan hasil.

Hingga suatu hari, Detektif Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung) yang berasal dari Seoul dikirim untuk menyelesaikan kasus tersebut. Dengan menggunakan metode Tae Yoon yang lebih cerdas, para detektif mulai mendapatkan petunjuk dari sang pembunuh.

Film ini diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Korea Selatan pada 1986 hingga 1991. Sepuluh perempuan ditemukan tewas selama periode tersebut. Karena ini adalah kasus pembunuhan berantai pertama di Korea Selatan, para polisi tidak siap untuk menangani kasus tersebut. Terlebih, keterbatasan teknologi pada tahun tersebut juga membuat para polisi semakin kesulitan dalam menangkap si pelaku.

Baca Juga: 5 Film Horor Korea Bertema Exorcism dan Aliran Sesat

3. The Chaser

https://www.youtube.com/embed/t20zhdWoBzQ

Eom Jung Ho (Kim Yoon Seok) adalah seorang mantan polisi yang kini menjalankan bisnis prostitusi untuk bertahan hidup. Masalah mulai muncul ketika perempuan yang bekerja kepadanya mulai menghilang secara misterius satu per satu.

Saat Jung Ho memulai penyelidikan, Jung Ho menyadari bahwa gadis-gadisnya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai. Jung Ho pun memulai pengejaran untuk menangkap pembunuh berantai tersebut.

Dalam film ini, Ha Jung Woo berperan sebagai pembunuh berantai yang bernama Je Yeong Min. Karakter Yeong Min dalam film ini diadaptasi dari pembunuh berantai sungguhan yang menargetkan perempuan dan selalu menggunakan palu untuk membunuh korbannya. Menariknya, sebelum si pembunuh tertangkap karena kasus pembunuhan, pelaku sempat ditangkap oleh polisi atas tuduhan pencurian. Namun, tak lama kemudian, pelaku dibebaskan kembali karena polisi menduga bahwa pelaku hanyalah pencuri biasa.

4. The Attorney

https://www.youtube.com/embed/QDaG0IF7ucc

Dalam acara pertemuan dengan teman-teman sekolahnya, Song Woo Seok (Song Kang Ho) yang merupakan seorang pengacara pajak menyombongkan prestasinya dan berbicara buruk tentang pengacara dan para mahasiswa yang menjadi pengunjuk rasa.

Di sisi lain, Park Jin Woo (Im Shi Wan) ditangkap oleh polisi karena dituduh merupakan seorang simpatisan Korea Utara. Setelah mengetahui bahwa Jin Woo dipenjara atas tuduhan palsu, Woo Seok mulai membela mahasiswa dan memperjuangkan hak asasi manusia.

Film ini didasarkan pada apa yang terjadi di Korea Selatan pada 1987. Karakter Woo Seok mewakilkan Roh Moo Hyun, Presiden Kesembilan Korea Selatan yang terkenal karena kariernya sebagai aktivis hak asasi manusia dan pengacara.

5. Hope

https://www.youtube.com/embed/9PsBBsX6TC0

Meskipun harus hidup sederhana, seorang gadis kecil bernama Im So Won (Lee Re) hidup bahagia bersama kedua orangtuanya, Im Dong Hoon (Sol Kyung Gu) dan Kim Mi Hee (Uhm Ji Won). Hingga suatu hari, semuanya berubah ketika So Won menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual dari seorang pemabuk.

Meskipun luka fisik dapat disembuhkan, So Won mendapatkan trauma yang luar biasa setelah kejadian tersebut. So Won bahkan tidak ingin bertemu dengan ayahnya. Oleh karena itu, Dong Hoon harus bersembunyi di balik kostum kartun favorit So Won agar dirinya dapat mendekati dan menghibur putrinya.

Film ini diadaptasi dari kasus Cho Doo Soon yang sangat terkenal di Korea Selatan pada 2008 lalu. Saat itu, seorang gadis berusia 8 tahun dipukuli dan diperkosa di toilet umum oleh seorang pemabuk berusia 57 tahun.

Itulah lima film Korea seru yang diadaptasi dari kisah nyata. Jadi, dari kelima film di atas, film yang mana saja yang sudah pernah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Film Gangster Korea Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya