Comscore Tracker

5 Film Genre Distopia yang Diadaptasi dari Novel

Wajib kamu tonton!

Film bergenre distopia merupakan gambaran ketika masyarakat mengalami kemunduran mulai dari kemiskinan, ketidakadilan dan tak adanya rasa kemanusiaan karena peradaban di ujung tanduk. Biasanya film bergenre distopia berlatar pada masa depan dan mengangkat banyak topik mulai dari lingkungan, budaya, ekonomi dan sains.

Banyak novel yang diangkat ke layar lebar dan sukses menarik hati penonton. Berikut 5 film genre distopia yang diadaptasi dari novel!

1. Children of Men (2006)

https://www.youtube.com/embed/2VT2apoX90o

Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya PD James dan disutradarai oleh Alfonso Cuarón. Film ini menceritakan ketika peradaban manusia terancam punah karena manusia mengalami kemandulan.

Theo Faron (Clive Owen) bertemu dengan mantan istrinya, Julian (Julianne Moore). Ia sedang dalam misi untuk mengevakuasi Kee (Clare-Hope Ashitey) dari Inggris karena aparat mulai menekan penduduk dan keadaan semakin kacau.

Children of Men menunjukkan gambaran masyarakat yang berada di ujung tanduk bersamaan dengan kekerasan serta mengikisnya rasa kemanusiaan. Meskipun bergenre distopia, visualisasi dari film ini terasa relevan.

2. The Giver (2014)

https://www.youtube.com/embed/xvp6FnYWRZU

Mengambil latar pada masa depan dimana masyarakat tercipta sempurna, setara, tanpa warna dan tak mengenal cinta dan rasa sakit. Jonas mendapatkan tugas untuk menjadi receiver. Receiver merupakan orang yang menerima memori tentang kehidupan dimasa lalu.

Melihat masa lalu membuat Jonas sadar bahwa mereka semua harus belajar tentang warna kehidupan, merasakan sakit, menunjukkan dan menerima cinta. Hal tersebut membuat Jonas sebagai anomali di masyarakat yang sempurna. Ia dengan cepat menjadi public enemy.

Lois Lowry menulis novel "The Giver" pada tahun 1993 yang kemudian diangkat menjadi film pada tahun 2014. Brenton Thwaites memerankan karakter utama Jonas serta didukung oleh aktris papan atas mulai dari Jeff Bridges, Meryl Streep hingga penyanyi country Taylor Swift.

3. The Hunger Games (2012)

https://www.youtube.com/embed/mfmrPu43DF8

Adaptasi dari trilogi novel karya Suzanne Collins menceritakan tentang masa depan dimana setelah kemenangan perang saudara, rezim yang menang melakukan opresi terhadap 12 distrik yang mengelilingi Capitol. Hunger Games merupakan permainan untuk anak usia 12-18 tahun diikut sertakan untuk bertarung di arena sampai hanya satu orang yang selamat.

Katniss Everdeen merupakan karakter utama yang menjadi volunteer untuk menggantikan adiknya saat terpilih menjadi peserta Hunger Games. Trilogi novel "The Hunger Games" ini diadaptasi menjadi empat film yang mengisahkan perjalanan Katniss bersama orang-orang yang melakukan pemberontakan terhadap rezim yang berada di bawah kekuasaan Presiden Snow.

Film ini diperankan oleh Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen, Josh Hutcherson sebagai Peeta Melark dan Liam Hemsworth sebagai Gale. Selain itu, beberapa aktor ternama turut meramaikan The Hunger Games seperti Stanley Tucci, Lenny Kravitz dan Donald Sutherland sebagai Presiden Snow.

Baca Juga: 10 Potret Tom Blyth, Aktor Pendatang Baru di Semesta The Hunger Games

4. City of Ember (2008)

https://www.youtube.com/embed/VVF6e-WRayI

Pada akhir peradaban di bumi, peneliti membuat kota bawah tanah untuk umat manusia yang tersisa. Kota itu hanya dapat bertahan 200 tahun. Mereka diperintahkan untuk meninggalkan kota untuk kembali ke permukaan dengan intruksi yang ditinggalkan melalui kotak besi. Namun kotak besi itu hilang seiring berjalannya waktu.

Kota itu mulai sering mengalami mati listrik serta berkurangnya bahan makanan. Dua remaja bernama Lina Mayfleet dan Doon Harrow menggali rahasia kota Ember dan berusaha mencari jalan keluar ketika energi di kota mulai habis.

Penulis novelnya, Jeanne DuPrau, terinspirasi dari orang-orang pada tahun 1950-an yang takut akan pecahnya perang nuklir hingga orang-orang membuat tempat persembunyian bawah tanah di rumahnya. Film ini dibintangi oleh Saoirse Ronan sebagai Lina Mayfleet dan Harry Treadaway seabgai Doon Harrow.

5. The Maze Runner (2014)

https://www.youtube.com/embed/AwwbhhjQ9Xk

Film ini diadaptasi dari novel karya James Dashner ini rilis pada tahun 2014 menceritakan tentang Thomas dan kawan-kawan yang terjebat di labirin raksasa. Thomas muncul pertama kali di sebuah tempat asing tanpa memori apa pun kecuali nama. Tak hanya ia namun juga anak-anak lain yang berada di dalam sebuah labirin raksasa. Mereka menciptakan masyarakat di tengah labirin itu dengan nama Glade.

Glade merupakan wilayah hijau yang ada di tengah labirin. Pada saat siang hari, gerbang antara Glade dan labirin dibuka. Mereka percaya bahwa menyusuri labirin adalah cara untuk menemukan jalan keluar. Thomas bergabung dengan mereka sebagai Runners.

Karakter utama The Maze Runner diperankan oleh Dylan O’Brien serta mantan aktor cilik Thomas Brodie-Sangster dan Ki Hong Li. Adaptasi novel populer ini dibuat menjadi trilogi film yang sukses.

Film-film tersebut memiliki banyak moral value yang bisa dipetik. So, dari kelima film di atas yang mana favoritmu?

Baca Juga: 7 Film Bertema Dystopia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Seru Banget!

atika siska Photo Writer atika siska

write to escape

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya