Comscore Tracker

7 Film Bertema Dystopia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Seru Banget!

Ada Chris Evans juga, lho!

Saat ini film tidak hanya sebuah hiburan belaka bagi masyarakat, namun sudah menjadi sebuah gaya hidup. Maka gak mengherankan jika perfilman dunia mampu melahirkan genre-genre baru setiap waktunya. Salah satu yang cukup masih asing di telinga banyak orang adalah film bergenre dsytopia.

Dystopia sendiri secara umum adalah gambaran keadaan di masa depan yang lebih buruk dari saat ini. Film dengan genre dystopia bersifat fiksi, sehingga mampu memanjakan para penontonnya dengan alur cerita yang unik, seru dan mendebarkan. Nah, berikut ini adalah 7 film bertema dystopia terbaik yang wajib kamu tonton. Yuk disimak!

1. Snowpiercer (2014)

https://www.youtube.com/embed/nX5PwfEMBM0

Dibintangi Chris Evans, film ini akan menceritakan kehidupan masa depan di mana  perubahan cuaca dan alam telah menghancurkan semua makhluk hidup, dan hanya menyisakan segelintir manusia yang hidup di dalam sebuah kereta. Film ini semakin menegangkan saat Curtis (Chris Evans) menemukan sebuah kebenaran yang terjadi di dalam kereta tersebut.

Endingnya yang mengandung twist pun membuat film ini semakin menarik untuk ditonton hingga akhir. Di dalam situs IMDB sendiri film ini mendapatkan rating 7,1.

2. Battle Royale (2000)

https://www.youtube.com/embed/N0p1t-dC7Ko

Diadaptasi dari novel karangan Koushun Takami, Battle Royale menjadi salah satu film yang cukup revolusioner dalam genrenya sejak dirilis pada tahun 2000 silam. Film ini mengisahkan masa depan Jepang di mana pemerintah telah melibatkan satu kelas siswa dan membawa mereka ke sebuah pulau antah berantah.

Di sana mereka dipaksa untuk saling membunuh satu sama lain demi bertahan hidup. Motivasi dan intrik setiap karakter dalam film ini menjadi sajian yang menarik untuk diikuti. Tak hanya itu, film ini pun menyajikan adegan-adegan yang sangat mengejutkan dan menegangkan. 

3. The Hunger Games (2012)

https://www.youtube.com/embed/mfmrPu43DF8

Diambil dari adaptasi sebuah novel dengan judul yang sama, The Hunger Games memiliki konsep cerita yang cukup mirip dengan Battle Royale. Meski begitu film ini memiliki perbedaan-perbedaan yang signifikan, mulai dari tokoh utama yang lebih terfokus dan konsep tempat yang lebih canggih dan futuristik.

Dibintangi Jennifer Lawrence, film ini cukup sukses hingga dibuat empat sekuelnya. Menampilkan tokoh utama Katniss Everdeen, film ini mampu menyajikan latar cerita battle royale tanpa mengesampingkan sisi-sisi humanis seorang manusia.

Baca Juga: 6 Film Kocak Zachary Levi yang Perlu Kamu Tonton, Gak Cuma Shazam!

4. V for Vendetta (2005)

https://www.youtube.com/embed/lSA7mAHolAw

Dibintangi Natalie Portman dan Hugo Weaving, film ini berkisah negara Inggris Raya yang dipimpin oleh sebuah pemerintahan tirani. Namun semuanya berubah saat seseorang misterius bertopeng Guy Fawkes dengan nama V hadir untuk melepaskan masyarakat dari tirani tersebut.

Meski begitu, adegan-adegan action bukan menjadi fokus dalam film ini, melainkan proses spiritual dan bertukar pikiran yang dihadirkan tokoh utama di didalamnya. Film ini menjadi salah satu film bergenre dystopia dengan rating tertinggi, yaitu 8,2.

5. Mad Max: Fury Road (2015)

https://www.youtube.com/embed/hEJnMQG9ev8

Jarang sekali sebuah film franchise lama mampu mengubah menjadi maha karya. Namun Mad Max: Fury Road berhasil melakukannya saat rilis pada tahun 2015. Film karya George Miller ini sendiri merupakan film lanjutan dari tiga film Max yang hadir pada tahun 1979 hingga 1985.

Film ini sendiri bercerita tentang seorang wanita yang melakukan pemberontakan terhadap pemimpin yang kejam di sebuah tempat bernama Wasteland. Dalam upaya tersebut, ia juga kemudian dibantu oleh seorang drifter bernama Max (Tom Hardy). Hal lainnya yang cukup menarik dalam film ini adalah kostum pemain dan cinematoraphynya yang keren.

Film ini sendiri sukses meraih enam penghargaan Oscar pada tahun 2016 lalu, di antaranya adalah Best Costume dan Best film Editing.

6. Children of Men (2012)

https://www.youtube.com/embed/2VT2apoX90o

Berlatar Inggris di tahun 2027, film ini bercerita tentang seorang mantan aktifis yang berusaha menyelamatkan ibu hamil, yang sudah sangat langka, ke sebuah tempat perlindungan. Hal ini menjadi rumit karena keadaan dunia saat itu yang tengah chaos. Tidak hanya menegangkan, film ini memiliki nilai yang mendalam karena berisi kritik sosial yang akan selalu relevan dengan kondisi nyata saat ini.

7. The Matrix (1999)

https://www.youtube.com/embed/vKQi3bBA1y8

Meski dirilis hampir dua dekade yang lalu, Matrix dianggap sebagai film dystopia terbaik hingga saat ini. Tak hanya mampu menyajikan adegan-adegan yang revolusioner di dunia perfilman, film ini juga menyajikan cerita yang sangat luar biasa. Bercerita tentang seseorang yang terpilih bernama Neo (Keanu Reeves), yang memiliki kemampuan untuk mengubah  tatanan realitas.

Konflik dalam film ini menjadi sangat menarik karena menyajikan pertarungan melawan penguasa otoriter. Film ini sendiri mampu meraih 4 penghargaan Oscar, diantaranya adalah Best Visual Effect dan Best Sound Effect. Di dalam situs IMDB, film ini sendiri memiliki rating 8,7.

Itulah tujuh film dengan tema Dystopia terbaik yang sangat menarik untuk diikuti ceritanya. Tak hanya itu, film dengan tema ini juga mampu memberikan kesadaran kepada kita untuk memperbaiki kondisi bumi saat ini agar tidak terjadi hal buruk di masa depan.

Baca Juga: 6 Film Terorisme yang Diangkat dari Kisah Nyata, Bikin Tegang & Emosi

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You