Comscore Tracker

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020

Didominasi oleh genre romantis #IDNTimesHype

Selain film dan drama, komik visual yang dikenal sebagai webtoon juga mampu menarik perhatian banyak orang lewat alur cerita maupun gambarnya. Mulai dari romance, aksi, hingga misteri, berbagai macam cerita telah sukses menghibur para pencinta komik di waktu luang mereka.

Kali ini, beberapa webtoon paling populer telah didominasi oleh genre romance. Meski banyak yang berasal dari luar negeri, ada juga webtoon populer yang berasal dari Indonesia, lho! Berdasarkan ranking popularitas pada aplikasi Webtoon, inilah 10 cerita webtoon yang paling banyak dibaca selama 2020.

1. The Secret of Angel

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020The Secret of Angel (webtoons.com)

The Secret of Angel berhasil menempati posisi pertama sebagai webtoon asal Korea, atau manhwa, paling populer. Dibuat oleh komikus bernama Yeongyi, webtoon ini menceritakan tentang Lim Ju Kyung, seorang gadis insecure yang pandai dalam bidang tata rias. Tak hanya itu, The Secret of Angel juga telah diadaptasi sebagai KDrama berjudul True Beauty yang dibintangi oleh Moon Ga Young, Cha Eun Woo, dan Hwang In Yeop. Jangan sampai kelewatan drama yang akan tayang pada 9 Desember 2020 ini, ya!

2. Pasutri Gaje

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020Pasutri Gaje (webtoons.com)

Webtoon yang populer sejak 2019 ini merupakan karya anak bangsa, lho! Dibuat oleh komikus Annisa Nisfihani, Pasutri Gaje menceritakan tentang kehidupan pasangan suami istri bernama Adimas dan Adelia yang lucu dan menarik. Sejauh ini, Pasutri Gaje telah memiliki 4,8 juta pengikut.

3. Touch Touch You

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020Touch Touch You (webtoons.com)

Menduduki posisi ketiga, webtoon karya SonPang ini menceritakan tentang pernikahan kontrak yang terjadi antara seorang gadis bernama Baek Jun Hee dan seorang pria tampan bernama Kang Lee Jun.

4. iMarried

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020instagram.com/about_tako

Dengan 2,2 juta pengikut, iMarried berhasil menduduki posisi keempat sebagai webtoon yang paling populer pada 2020. Karya milik Angellina ini telah memiliki tiga season dan mengisahkan tentang seorang pria yang tiba-tiba mengaku sebagai suami dari tokoh utama perempuan, yakni Amelie.

5. The Second Marriage

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020The Second Marriage (webtoons.com)

Webtoon bergenre romantis ini menceritakan tentang seorang ratu bernama Navier yang ingin menikah lagi dengan sang raja, terutama setelah ia baru mengeluarkan permohonan cerai dari istrinya. Hingga saat ini, The Second Marriage telah memiliki sekitar 700 ribu pengikut.

Baca Juga: Adaptasi Webtoon Populer, Inilah 6 Pemain KDrama 'True Beauty'

6. Mistake

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020Mistake (webtoons.com)

Memasuki posisi keenam, webtoon karya Cindy Chwa ini mengisahkan tentang dua murid yang terpaksa menikah akibat sebuah video skandal. Mereka harus rela menghadapi kritikan dari orang lain yang tidak mengetahui kebenaran di balik video tersebut.

7. My Anti-Fan!

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020My Anti-Fan! (webtoons.com)

Merupakan adaptasi kedua dari novel bertajuk So I Married an Anti-Fan karya Kim Eun Jung, My Anti-Fan! bercerita tentang konflik antara seorang reporter bernama Geunyoung dan seorang idol KPop bernama Whojoon. Akibat perbuatan salah paham, Geunyoung telah dianggap sebagai anti-fan dari Whojoon dan dipecat dari pekerjaannya. Sejak itu, ia telah membenci idol tersebut.

Webtoon ini juga telah diadaptasi menjadi live action yang dibintangi Chanyeol EXO dan Yuan Shanshan sebagai pemeran utama dan Seohyun SNSD sebagai pemeran pendukung.

8. LOOKISM

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020LOOKISM (webtoons.com)

Rilis sejak 2014, LOOKISM telah menjadi manhwa yang populer di kalangan pencinta komik. Karya dari komikus Park Tae Jun ini mengisahkan tentang seorang murid SMA bernama Park Hyung Suk yang mempunyai dua wujud, yaitu gendut dan buruk rupa serta tinggi dan tampan. Webtoon ini juga telah memiliki 2,4 juta pengikut, lho!

9. WEAK HERO

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020WEAK HERO (webtoons.com)

WEAK HERO adalah manhwa bergenre aksi yang menceritakan seorang murid bernama Yeon Sieun. Di balik wujudnya yang kurus dan kecil serta pemikiran yang kurang pandai, ia ternyata mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam berkelahi.

10. How to Fight

Ada The Secret of Angel dan Pasutri Gaje, 10 Webtoon Populer 2020How to Fight (webtoons.com)

Pada posisi terakhir, ada manhwa yang juga merupakan karya Park Tae Jun, yaitu How to Fight. Manhwa yang rilis pada April 2020 ini menceritakan tentang kehidupan Hobin yang berubah total setelah video perkelahiannya diunggah di layanan video streaming Newtube. Selain itu, How to Fight juga menyinggung soal isu perundungan yang kerap terjadi di Korea Selatan.

Itu tadi 10 webtoon paling populer selama 2020. Apakah kalian sudah membacanya semua?

Baca Juga: Ini 6 KDrama Adaptasi Webtoon yang Tayang Akhir Tahun 2020

Topic:

  • Audrie Safira Maulana
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya