Comscore Tracker

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan Terjawab

Akting Jun Ji Hyun jadi sorotan #WaktunyaKorea

Kingdom: Ashin of The North tayang perdana melalui platform Netflix pada Jumat (23/7/2021). Episode spesial ini dibintangi oleh Jun Ji Hyun, Park Byung Eun, Kim Sia, Kim Roiha, hingga Koo Kyo Hwan. 

Episode spesial arahan Kim Seong Hun akan menjawab berbagai pertanyaan dari dua season sebelumnya. IDN Times sudah menyaksikannya dan menemukan 6 kelebihan dan kekurangan tentang episode spesial Kingdom: Ashin of The North (2021).

Peringatan: artikel ini berpotensi mengandung spoiler. Jika tak ingin terkena, hati-hati saat membacanya, ya!

1. Minim dialog, Jun Ji Hyun berbicara melalui ekspresinya

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Kingdom: Ashin of The North (2021) menghadirkan dua karakter yang sempat muncul di Kingdom season 2 (2020). Karakter Jun Ji Hyun dan Park Byung Eun akan mengantarkan penonton memahami penyebab terjadinya semua masalah di Joseon.

Dikenal sebagai ratu drama komedi, Jun Ji Hyun berhasil tampil prima di dalam episode spesial ini. Cukup banyak aspek yang membuat penonton terkesima dari aktingnya. Cara penulis Kim Eun Hee menggambarkan Ashin cukup mendalam. Dan hal tersebut bisa dibawakan dengan baik oleh Jun Ji Hyun.

Meski minim dialog, Jun Ji Hyun sebagai Ashin mudah berbicara kepada penonton dengan ekspresinya. Hanya melalui sorot matanya, penonton bisa memahami perasaan mendalam yang Ashin rasakan. Kemampuan memanah yang Ashin miliki menjadi daya tarik lainnya.

Selain itu, karakter Min Chi Rok yang diperankan oleh Park Byung Eun menjadi karakter penting di episode spesial ini. Kingdom: Ashin of The North (2021) akan menyuguhkan hubungan unik diantara Ashin dan Min Chi Rok.

Kim Sia pemeran Ashin kecil tampil memuaskan di babak pertama film ini. Transisi perubahan kepribadian yang dilakukan Kim Sia dan Jun Ji Hyun terlihat halus.

Penonton juga akan dibuat takjub dengan tatapan tajam Aidagan yang diperankan oleh Koo Kyo Hwan. Serta sosok Kim Roiha yang memerankan karakter ayah Ashin, Tahab.

2. Kingdom: Ashin of The North (2021) bercerita tentang pembalasan dendam sosok Ashin hingga asal mula tanaman kebangkitan

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Melalui trailer-nya, penonton bisa menebak jika Kingdom: Ashin of The North (2021) akan menceritakan pembalasan yang dilakukan Ashin karena kehilangan keluarganya. Episode spesial ini akan bercerita tentang kisah Ashin hingga tanaman kebangkitan dengan setting lokasi di bagian utara Joseon. 

Penonton akan dibuat penasaran dengan asal mula dari tanaman kebangkitan. Kehadiran Min Chi Rok di dalam episode spesial ini tidak berhubungan langsung dengan tanaman kebangkitan, melainkan dengan karakter Ashin.

Keputusan tepat untuk menghadirkan episode spesial sebelum Kingdom season 3 rilis. Penonton akan lebih mudah beradaptasi dengan kehadiran karakter Ashin yang diperankan oleh Jun Ji Hyun.

3. Desain produksi khas film saeguk, make up special effect yang total, hingga colorgrading bernuansa cool tone

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Meski berada di dalam satu universe, penonton akan melihat beberapa perbedaan dan nuansa baru. Hal ini tidak mengherankan karena setting waktu dan lokasi yang berbeda.

Berlokasi di bagian utara Joseon, desain produksi di dalam film ini dibuat berbeda. Lokasi yang dipilih memiliki struktur hutan lebat. Berbeda dengan dua season sebelumnya yang diambil di jantung Joseon, dekat dengan permukiman warga.

Di era waktu ini, klan perbatasan yang tidak dianggap di bagian manapun hingga klan barbarian akan menjadi karakter yang muncul. Pedesaan terasingkan hingga hutan terbengkalai menjadi setting yang dipilih.

Hal ini juga mempengaruhi kostum yang para karakter pakai. Pakaian musim dingin berlapis dengan warna gelap menjadi pilihan setiap karakter.

Sama seperti dua season sebelumnya, make up special effect karakter zombie di episode spesial ini patut dipuji. Film bergenre thrillerslashergore, khususnya zombie sangat kuat dibagian art directing.

Sutradara Kim Seong Hun mengatakan jika color grading yang mereka pilih berbeda dengan dua season sebelumnya. Meski tampak sama, warna yang episode spesial ini pilih bernuansa cool tone.

Biru, orange, cokelat, hingga hitam jadi deretan warna yang akan terlihat di dalam frameMood episode spesial ini semakin terasa mencekam karena warna-warna tersebut cenderung pudar.

Baca Juga: 10 Potret Cast Kingdom: Ashin of The North di Konferensi Pers, Keren!

4. Meski karakter protagonis, Ashin menggambarkan sosok anti-hero

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Selama ini, banyak yang masih belum memahami makna dari karakter protagonis dan antagonis. Protagonis adalah karakter yang membawa alur film. Sedangkan antagonis adalah karakter yang melawan protagonis.

Di dalam Kingdom: Ashin of The North (2021), Ashin merupakan karakter protagonis. Terlepas dari dia adalah pahlawan atau penjahat. Jika kamu menonton episode spesial ini secara full selama 93 menit. Kamu pasti setuju jika karakter Ashin cocok disebut anti-hero.

Meski ia adalah sosok pahlawan bagi klan dan tentu dirinya sendiri. Ia membalaskan dendam dengan cara yang merugikan orang lain. 

Melihat antusias penonton, karakter Ashin tetap akan dicintai meski dirinya membawa malapetaka bagi sekitar. Maka tidak mengherankan jika Ashin cocok disebut sebagai anti-hero.

5. Isu politik, pelecehan perempuan, hingga kehidupan rakyat di perbatasan jadi fokus utama

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Jika menonton film bergene horor, khususnya zombie, penonton akan fokus kepada jalan cerita, karakter zombie, dan cara protagonis bertahan hidup. Tapi di balik itu, Kingdom: Ashin of The North (2021) menyuguhkan berbagai isu yang marak terjadi. Mulai dari isu politik hingga kehidupan rakyat minoritas.

Film ber-setting saeguk atau kerajaan tidak akan terlepas dari perebutan takhta hingga perjuangan membela negara. Hal ini juga akan kamu lihat dari karena Tahab dan Min Chi Rok.

Hidup sebatang kara, Ashin harus tinggal di pangkalan militer dan membuat dirinya menjadi minoritas. Sebagai perempuan, pelecehan seksual berbentuk verbal dan fisik tentu akan ia rasakan. Tetapi sebagai pejuang, Ashin bisa melindungi dirinya sendiri.

Selain itu, penggambaran klan Ashin yang tinggal di bagian perbatasan dan tidak diakui oleh daerah manapun juga menjadi sorotan. Episode spesial ini akan menceritakan tentang kemalangan yang menimpa kaum marginal.

6. Sang penulis sangat cerdik, semua pertanyaan baru terjawab di babak ketiga film

Review Kingdom Ashin of The North: Semua Pertanyaan Akan TerjawabStill cut Kingdom: Ashin of The North (dok. Netflix/Kingdom: Ashin of The North)

Dalam waktu 93 menit atau satu episode, penulis Kim Eun Hee berhasil menyuguhkan berbagai kisah dengan padat. Meski berat, isu yang dibahas tidak membuat tayangan ini menjadi sukar untuk dipahami.

Penonton akan diajak menyusun puzzle sejak menit pertama film ini dimulai. Tetapi penulis Kim tidak akan membiarkan penonton menemukan jawabannya dengan cepat.

Di babak ketiga KIngdom: Ashin of The North (2021) penonton pada akhirnya akan menemukan semua jawaban dari pertanyaan. Cara bercerita yang penulis Kim pilih membuat penonton semakin penasaran di setiap menitnya.

Itu dia 6 kelebihan dan kekurangan tentang episode spesial Kingdom: Ashin of The North (2021) versi IDN Times. Rating 4,5/5 layak untuk episode spesial ini menurut penulis. Kamu bisa tonton Kingdom: Ashin of The North mulai Jumat (23/7/2021) di Netflix.

https://www.youtube.com/embed/aEdGurB9Z60

Baca Juga: 10 Fakta Peran Jun Ji Hyun di Kingdom: Ashin of The North, Anti-hero?

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya