Comscore Tracker

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!

Ada Kiriyama Akito Johnny's WEST, lho

Tidak hanya film dan serial animasinya, dorama Jepang juga masih menjadi tontonan yang laris di pasaran Indonesia. Selain karena episodenya yang sedikit, plot cerita dorama juga umumnya tidak bertele-tele dan sangat menarik untuk disimak.

Seperti halnya drama Korea dan film Indonesia, dorama Jepang tak jarang diangkat dari karya sastra, salah satunya novel. Beragam tema dan dibintangi oleh para anggota grup idola, berikut tujuh dorama adaptasi novel yang bisa jadi tontonan akhir pekanmu.

1. Five Days to Execution atau Kazoku no Tabiji wo Korosareta Otoko no Koroshita Otoko (2018)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!poster dorama Five Days to Execution (twitter.com/fujitv)

Dorama Five Days to Execution bercerita tentang seorang pengacara bernama Asari Yosuke (Takizawa Hideaki). Ia membuka kembali kasus pembunuhan orangtua dan kakeknya 30 tahun lalu atas permintaan seorang perempuan.

Sepanjang investigasi ulang, Yosuke pun menemukan banyak hal yang janggal dan mengejutkan. Dirilis pada 2018 lalu, Five Days to Execution diadaptasi dari novel Chichi to Ko no Tabiji karya Kenji Kosugi. Dorama 8 episode ini recommended banget buat kamu yang menyukai genre crime dan dunia hukum.

2. Mayonaka no Panya-san (2013)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!poster dorama Mayonaka no Panya-san (dok. NHK via mydramalist.com)

Rilis pada 2013, Mayonaka no Panya-san bercerita tentang kehidupan pemilik toko roti Buranjeri Kurebayashi. Toko yang hanya buka pada tengah malam ini awalnya dibuat karena ide istri dari Kurebayashi Yousuke (Takizawa Hideaki). Namun, sebelum ide itu terlaksana secara keseluruhan, sang istri terlibat kecelakaan dan meninggal dunia.

Tak ingin berlarut terlalu lama dalam kesedihan, Yousuke tetap melanjutkan pembuatan toko dan mengajak sahabatnya, Yanagi Hiroki (Kiriyama Akito), untuk bergabung.

Menyuguhkan berbagai visual roti khas Eropa, perut dijamin langsung lapar ketika menonton dorama adaptasi novel Oonuma Noriko ini. Sebaiknya, siapkan cemilan saat menonton drama satu ini.

3. The Memorandum of Kyoko Okitegami atau Okitegami Kyoko no Biboroku (2015)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!poster dorama The Memorandum of Kyoko Okitegami (dok. NTV via asianwiki.com)

Bergenre fantasi dan misteri, The Memorandum of Kyoko Okitegami menceritakan kisah detektif bernama Okitegami Kyoko (Aragaki Yui) yang mengalami masalah ingatan. Setiap bangun pagi, ia selalu melupakan hal yang terjadi di hari kemarin, termasuk nama dan pekerjaannya. Hal inilah yang membuat Kyoko mencatat segala hal di tubuhnya.

Rilis pada 2015, dorama NTV ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Nisio Isin. Dibintangi pula oleh Okada Masaki, kisah dorama sepuluh episode ini terbilang ringan sehingga dapat dijadikan tontonan santai di akhir pekan/

Baca Juga: 10 Dorama Jepang Hasil Remake Luar Negeri, Sudah Nonton?

4. Mozu (2014)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!poster dorama MOZU (tbs.co.jp)

Dirilis dalam dua season, dorama Mozu bercerita tentang tim investigasi khusus dari kepolisian yang ditugaskan untuk menangkap pelaku pengeboman di salah satu mal di Jepang.

Tiga detektif di tim tersebut adalah Kuraki Naotake (Nishijima Hidetoshi), Osugi Ryota (Kagawa Teruyuki), dan Akeboshi Miki (Maki Yoko). Diproduksi oleh TBS dan WOWOW, kisah dalam dorama Mozu diangkat dari novel karangan Go Osaka. Tegang dan mencekamnya sangat terasa, ternyata sang novelis turut terlibat dalam perancangan skenario dorama, lho.

5. Freeter Buy House atau Freeter, Ie o Kau (2010)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!poster dorama Freeter Ie wo Kau (fujitv.co.jp)

Dorama Freeter, Ie o Kau menceritakan kisah Take Seiji (Ninomiya Kazunari) yang kesulitan mencari pekerjaan baru setelah resign dari pekerjaan yang ia tekuninya selama 3 bulan.

Kondisi kejiwaan ibunya menjadi motivasi utama Seiji agar dapat segera menghasilkan uang untuk membeli rumah baru. Dengan tekanan dari ayah dan hadirnya masalah baru, berhasilkah Seiji mencapai impiannya?

Dorama 10 episode ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya novelis populer Arikawa Hiro. Membahas realita para pencari kerja sekaligus hubungan anak dan keluarganya, novel dan doramanya wajib kamu coba tonton, nih. Kabar baiknya, terjemahan bahasa Indonesia novel Freeter, Ie o Kau sudah diterbitkan oleh Penerbit Haru pada akhir November lalu.

6. Ties of Shooting Star atau Ryusei no Kizuna (2008)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!Poster dorama Ties of Shooting Stars (tbs.co.jp)

Ryusei no Kizuna menceritakan kisah Ariake bersaudara yang kehilangan orangtua mereka karena pembunuhan. Sejak saat itu, kehidupan ketiganya tidak sama lagi.

Tinggal di panti asuhan, si sulung Koichi (Ninomiya Kazunari) bersama anak tengah Taisuke (Nishikido Ryo) bekerja sama menjaga adik perempuan mereka, Shizuna (Toda Erika). 

Sambil bertekad akan membalaskan dendam kematian orangtua mereka suatu saat nanti, Koichi dan kedua adiknya belajar banyak hal tentang kehidupan. Diadaptasi dari novel Keigo Higashino yang berjudul Ryusei no Kizuna, drama sepuluh episode ini menyajikan plotnya yang bikin penasaran. Dibintangi Nino Arashi juga, lho!

7. Penance atau Shokuzai (2012)

7 Dorama Jepang yang Diadaptasi dari Novel, Banyak Dibintangi Idol!Poster dorama Penance (dok. WOWOW via cinematerial)

Penance bercerita tentang kematian seorang anak bernama Emily. Sebelum meninggal, Emily yang tengah bermain voli bersama keempat temannya mengalami kekerasan seksual dan dibunuh oleh seorang laki-laki asing. Nahas, teman-temannya tidak mengingat wajah si lelaki hingga mereka dewasa.

Ibu Emily tentu tidak terima bahwa kasus kematian anaknya tidak selesai dan pelaku tidak tertangkap. Ia kemudian mengancam keempat teman Emily yang menjadi saksi dan sejak saat itu, kehidupan keempat orang ini tidak sama lagi.

Dirilis pada 2012 lalu, Penance diangkat dari novel berjudul sama karangan penulis kenamaan Minato Kanae. Bergenre iyamisu atau sesuatu yang memberi rasa tidak nyaman pada pembaca, siap-siap merinding baca dan nontonnya. Penance juga sempat dijadikan film di tahun yang sama, lho.

Tidak hanya film animasinya, dorama Jepang juga tidak kalah bagus dari sisi ceritanya, lho. Apalagi yang diadaptasi dari novel seperti tujuh dorama di atas. Dari Mozu hingga Freeter, Ie o Kau, mana yang sudah atau akan kamu tonton?

Baca Juga: 8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Aurora Jang Photo Verified Writer Aurora Jang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya