Comscore Tracker

5 Film Terbaik tentang Era Kolonial Jepang atas Korea

Produk hiburan sekaligus penggugah rasa nasionalisme

Korea Selatan bisa dianggap sebagai salah satu negara yang menjunjung nasionalisme, bahkan warga laki-lakinya pada rentang usia tertentu harus wajib militer sebagai bentuk pengabdian pada negara.

Bahkan semangat nasionalisme itu terbawa ke karya seni mereka, salah satunya adalah film. Sama seperti Indonesia, Korea Selatan pernah dikolonisasi oleh Jepang.

Masa itu sering diangkat oleh sineas mereka, selain sebagai bisnis hiburan juga penggugah rasa nasionalisme. Berikut adalah lima film terbaik tentang kolonisasi Jepang atas Korea.

1. Assassination (2015)

https://www.youtube.com/embed/jLs5zf5XtGo

Sekelompok pemberontak berencana untuk membunuh pemimpin militer Jepang yang berkedudukan di Korea, tapi satu-satunya orang yang bisa melakukan tugas itu sedang dipenjara. Sekarang, para pemberontak harus menerobos penjara, membebaskan sang pembunuh, dan menemukan pengkhianat di antara mereka.

2. The Age of Shadows (2016)

https://www.youtube.com/embed/zoYsQcGV4b4

Berlatar di akhir 1920-an, mengisahkan aksi kejar-kejaran ala kucing dan tikus antara sekelompok pemberontak yang mencoba menyelundupkan bom dari Shanghai untuk meledakan fasilitas Jepang di Seoul, dan agen polisi Jepang yang mencoba menghentikan mereka.

Seorang perwira polisi Jepang kelahiran Korea, yang sebelumnya pernah ikut gerakan kemerdekaan Korea, berada dalam dilema antara membela bangsanya atau keselamatan diri dan keluarganya.

3. Dongju: The Portrait of A Poet (2015)

https://www.youtube.com/embed/F_njywR6FNY

Di era kolonial Jepang, Dongju muda menulis puisi tentang kejamnya kehidupan nyata. Namun, karena ketatnya pengawasan Jepang, menulis apapun dalam bahasa Korea dilarang.

Sadar akan bakat luar biasa Dongju, seorang profesor Jepang menyarankan Dongju untuk menulis puisinya dalam bahasa Inggris.

Tapi, sebelum pekerjaannya selesai, Dongju dicurigai sebagai aktivis anti-Jepang. Akankah mimpi Dongju gagal dan puisinya hilang tak berbekas?

Baca Juga: Drama hingga Aksi, Rekomendasi 10 Film Tema Feminisme Tahun 2010-an

4. Spirits' Homecoming (2016)

https://www.youtube.com/embed/XZj0CUywKmo

Pada 1943, Jung Min yang masih berumur 14 tahun dibawa oleh tentara Jepang ke sebuah kamp konsentrasi di China. Di sana, banyak gadis remaja yang mengalami kekerasan seksual. Meski punya harapan untuk pulang, Jung Min tewas dieksekusi bersama gadis lainnya.

Pada 1991, Eun Kyung yang juga mengalami trauma kekerasan seksual menyadari jika dia punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang mati.

Bertapa di sebuah kuil, dia meminta bantuan Young Ook, salah satu penyintas dari kamp konsentrasi Jepang untuk menemui arwah Jung Min. Eun Kyung memulai ritual untuk mengembalikan Jung Min ke kampung halamannya.

5. Anarchist from Colony (2017)

https://www.youtube.com/embed/vIWmzrfVeW4

Pada 1923 selama era kolonial Jepang, orang Korea yang tinggal di Tokyo menderita karena dieksploitasi Jepang. Setelah Gempa Kanto melanda Jepang, masyarakat di sana kacau.

Untuk menenangkan kecemasan, Kabinet Pemerintah Jepang memutuskan menangkap orang-orang Korea secara acak. Salah satu pemuda yang ditangkap adalah Park Yeol.

Namun, Yeol justru malah membuat pihak Jepang gusar karena dia bercerita tentang rencana ekstrimnya bersama anarkis Jepang Kaneko Fumiko, yakni membunuh Putra Mahkota Kekaisaran Jepang.

Nah, itulah lima film terbaik tentang era kolonial Jepang atas Korea. Apakah kamu sudah menonton film-film tersebut di atas?

Baca Juga: 5 Film Jepang Genre Drama Romantis yang Cocok Ditonton Bareng Pasangan

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya