Comscore Tracker

John Wick dan 6 Film Action yang Tokohnya Punya Kehebatan Terpendam

Nobody (2021) kasih pelajaran agar gak menyepelekan orang 

Film action thriller ternyata masih punya sub genre atau tropes yang semakin unik, lho. Salah satunya adalah vigilante action-thriller. Biasanya film ini bercerita soal orang-orang yang terlihat biasa saja, bahkan tertindas, tapi diam-diam punya 'kesaktian' luar biasa.

Salah satu yang paling ikonik dalam satu dekade terakhir adalah film seri John Wick, nih. Selain itu masih ada sejumlah film bertema serupa yang gak kalah seru. 

1. Nobody (2021)

https://www.youtube.com/embed/wZti8QKBWPo

Nobody (2021) merupakan salah satu film action thriller terbaru yang suguhkan ide cerita keren ini. Sehari-harinya, Hutch Mansell (Bob Odenkirk) menjalani hidup sebagai seorang pria yang tampak tak berwibawa alias nobody (bukan siapa-siapa).

Pekerjaannya membosankan, istri dan anaknya bersikap dingin, ia pun sering diremehkan orang lain. Suatu hari, percobaan perampokan di rumahnya menghidupkan sesuatu mengerikan yang sudah lama tertidur dalam diri Hutch.

Seperti efek domino, kejadian itu membuatnya memicu peristiwa demi peristiwa laga gila sepanjang film. Dijamin seru dan bikin ternganga!

2. Riders of Justice (2020)

https://www.youtube.com/embed/j9Okx5teGBQ

Bukan Hollywood, film action-comedy ini datang dari Denmark. Riders of Justice mengisahkan tentang Markus (Mads Mikkelsen) yang baru saja kehilangan istrinya dalam sebuah kecelakaan kereta. Tengah dinas di luar negeri, ia pun kembali ke Denmark untuk mengasuh putrinya, Mathilde, seorang diri. 

Otto (Nikolaj Lie Kaas), seorang mantan analis di perusahaan asuransi sekaligus penyintas dari kecelakaan tersebut, mencurigai bahwa kejadian itu disengaja. Ia pun menghubungi Markus demi berusaha mencari tahu dan membalaskan dendam kepada pihak yang bertanggung jawab. 

Tampak seperti duda yang depresi, Markus rupanya seorang tentara spesial yang selama ini bertugas di Afganistan. Perjalanannya dalam mencari 'keadilan' ini gak hanya menegangkan, tapi juga emosional dan kocak, lho! Unik ya?

3. The Equalizer 

https://www.youtube.com/embed/VjctHUEmutw

Bob McCall (Denzel Washington) dikenal sebagai pegawai pusat bahan bangunan yang ramah dan kebapakan. Ia sering membantu rekan-rekan kerjanya yang lain dan supel.

Alami insomnia, pria paruh baya tersebut kerap habiskan waktunya membaca di sebuah kafe. Suatu hari ia mulai berteman dengan Alina (Chloe Grace Moretz), seorang remaja yang terjebak prostitusi oleh mafia Rusia. Lambat laun, keduanya akrab bak ayah dan anak.

Ketika Alina masuk rumah sakit akibat dihajar muncikari, Bob pun merencanakan balas dendam. Diam-diam, ia adalah seorang mantan tentara Angkatan Laut dan juga agen rahasia! Seperti apa perang antara Bob versus mafia Rusia ini?

Baca Juga: 7 Film Agen Rahasia Korea Terbaik, Gak Kalah Seru dari Film Hollywood!

4. The Accountant (2016)

https://www.youtube.com/embed/3KQX2sIhQJY

Christian Wolff (Ben Affleck) sehari-hari berprofesi sebagai akuntan biasa. Ia punya sebuah kantor konsultan kecil dan sering membantu orang yang membutuhkan. Akan tetapi, Chris mengidap autisme yang membuatnya sangat mahir dengan angka, namun kesulitan bersosialisasi.

Suatu hari, ia diminta mengaudit keuangan sebuah perusahaan teknologi. Keganjilan yang dirinya dan Dana (Anna Kendrick), akuntan internal perusahaan tersebut temukan membuat nyawa mereka terancam. 

Usut punya usut, akuntan hanyalah kedok bagi Chris yang selama ini punya koneksi dengan dunia kriminal. Tak hanya itu, ia juga terlatih di bidang bela diri dan senjata. Tadinya jadi 'mangsa,' ia justru balik menjadi 'pemburu' dalam kisah sengit ini. 

5. Taken 

https://www.youtube.com/embed/XK9zL0ze9O4

Bryan Mills (Liam Neeson) adalah seorang duda yang berusaha menjalin hubungan baik dengan putrinya, Kim. Walau biasanya tegas, namun pria yang berprofesi sebagai petugas sekuriti ini akhirnya mengizinkan anak gadisnya untuk liburan ke Eropa tanpa ditemani. 

Sialnya, Kim jadi korban penculikan sindikat perdagangan manusia asal Albania saat berada di Paris. Bryan pun memperingatkan sang penculik untuk melepas putrinya, namun tak dihiraukan.

Di balik penampilannya sebagai bapak-bapak pegawai keamanan biasa, ternyata ia merupakan mantan agen CIA. Bryan pun memburu para penculik putrinya dan memantik perang terhadap geng Albania tersebut. Saking larisnya, film ini sampai dibuat dalam beberapa sekuel!

6. Wanted (2008)

https://www.youtube.com/embed/sCksgTB1ssY

Wesley Gibson (James McAvoy) selama ini dipandang sebagai pemuda 'pecundang'. Ia dicampakkan ayahnya sejak bayi, ditindas atasan di kantor, dan pacarnya selingkuh dengan sahabatnya sendiri. 

Hidupnya yang membosankan berubah ketika ia bertemu Fox (Angelina Jolie). Assassin perempuan itu memberi tahu bahwa Welsey merupakan anak dari seorang pembunuh profesional.

Walau sangat hebat, ayah Wesley baru saja dihabisi oleh seorang pengkhianat bernama Cross. Sambil dibimbing oleh Fox dan organisasi pembunuh profesional, Fraternity, Welsey bertransformasi menjadi 'penerus' sang ayah untuk membalaskan dendamnya. Berhasil gak ya?

7. John Wick

https://www.youtube.com/embed/2AUmvWm5ZDQ

Belum lengkap kalau belum ada film action-thriller yang satu ini. John Wick hanyalah seorang pria yang baru saja kehilangan istri tercinta akibat kanker. Sebagai gantinya, sang istri telah menyiapkan seekor anak anjing lucu untuk menemani John Wick setelah ia meninggal. 

Suatu ketika, mobil Ford Mustang klasik milik John mencuri perhatian Iosef Tasarov (Alfie Allen). Merasa tersinggung karena tawarannya ditolak, Iosef dan teman-temannya merampok mobil John dan membunuh anjing kesayangannya. Hal ini memicu John membangkitkan kembali masa lalunya sebagai pembunuh profesional legendaris.

Saking 'saktinya,' ia dikenal luas dengan julukan Baba Yaga alias Si Hantu. Viggo, ayah Iosef yang seorang bos mafia Rusia pun berusaha melindungi sang anak dari pembalasan dendam John Wick. Satu orang pria yang berduka versus satu kerjaan kriminal, siapa yang akan menang?

Itu dia John Wick dan enam film action dengan tokoh punya kehebatan tersembunyi. Saking larisnya, beberapa judul seperti John Wick dan Taken sampai dibuat ke dalam beberapa sekuel. Jadi pelajaran, nih, untuk tidak meremehkan siapa-siapa. Jangan sampai kamu dapat pembalasan yang berkali-kali lipat.

Baca Juga: Review Film John Wick Chapter 3: Parabellum, Penentuan Nasib John Wick

Bebe Cervesa Photo Verified Writer Bebe Cervesa

Aku hidup dalam kata-kata, aku bernapas dalam syair nada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya