Comscore Tracker

Dari Spirited Away hingga My Neighbour Totoro, Ini 5 Film Keren Ghibli

Film terbaru, How Do You Live? akan tayang 2020, lo

Studio Ghibli merupakan salah satu studio anime terbesar di dunia. Karya-karyanya banyak dicintai oleh pencinta anime. Bahkan, orang-orang yang tak terlalu menyukai anime pun menyukai karya dari Studio Ghibli. Karya Studio Ghibli punya nilai tersendiri karena membawa kehangatan bagi keluarga. Berikut lima karyanya yang harus kamu tonton.

1. How Do You Live? (2020)

Dari Spirited Away hingga My Neighbour Totoro, Ini 5 Film Keren Ghiblisgcafe.com

How Do You Live? merupakan film Studio Ghibli yang direncanakan tayang pada 2020. Hayao Miyazaki memutuskan untuk kembali bekerja bersama Toshio Suzuki sebagai produser dari film ini. 

Meski belum ada tanggal pasti untuk film ini, fans tentu telah menunggu karya dari Studio Ghibli yang hiatus sejak 2014 ini. How Do You Live? merupakan cerita yang diangkat dari novel tahun 1937 oleh Genzaburo Yoshino, dikutip dari The Washington Post.

Film ini akan menceritakan Junichi Honda, seorang remaja yang harus pindah ke rumah pamannya usai sang ayah meninggal. Sang ayah merupakan eksekutif sebuah bank dan ibunya adalah pekerja rumah tangga. Kehidupan Honda berubah ketika harus pindah dengan anak-anak pengusaha lain.

Di situasi tersebut, Honda mulai menganalisis kehidupan masyarakat dan mulai menulis novel dari pengalaman miliknya. 

2. Spirited Away (2001)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Spirited Away merupakan film karya Studio Ghibli pada 2001. Spirited Away bisa dibilang serupa dengan cerita Alice in Wonderland. Film ini merupakan film terbaik Studio Ghibli karena berhasil memenangkan Oscar untuk kategori Best Animated Feature.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Hayao Miyazaki. Menceritakan karakter Chihiro dan kedua orangtuanya yang tersesat di dunia lain. Kedua orangtua Chihiro pun berubah menjadi babi dan dirinya harus menyelamatkan orangtuanya dari sihir Yubaba dengan memberikan namanya. 

Chihiro pun bertemu dengan Haku yang menolongnya di dunia roh itu. Petualangan Chihiro pun dimulai. Film ini mengajarkan membalas segalanya dengan kebaikan. 

Baca Juga: 12 Potret Unik Resto Serba Totoro, Destinasi Wajib Fans Studio Ghibli!

3. My Neighbour Totoro (1988)

https://www.youtube.com/embed/92a7Hj0ijLs

My Neighbour Totoro merupakan film yang khas dengan Studio Ghibli. Karakter Totoro pun menjadi ikon dari perusahaan sejak 2003. Berdasarkan The New York Times dan NME, My Neighbour Totoro juga masuk dalam daftar film terbaik Studio Ghibli.

Menceritakan tentang Satsuki dan Mei yang pindah ke desa agar lebih dekat dengan rumah sakit sang ibu. Kedua saudara ini bertemu Totoro, roh penghuni hutan. Meski begitu, hanya anak-anak saja yang dapat melihat sosok ini. 

Satsuki dan Mei pun menjadi sahabat dari Totoro dan bus kucing, kendaraan para penghuni hutan. Kisah ini sangat menyentuh karena mengajarkan sisi pertemanan sejati, meski di Indonesia sosok penghuni selalu dikaitkan dengan sesuatu yang menyeramkan. Film My Neighbour Totoro juga disutradari oleh Hayao Miyazaki. 

4. From Up on Poppy Hill (2011)

https://www.youtube.com/embed/9-rhgSCAqDU

From Up on Poppy Hill mengambil latar belakang 1960-an. NME dan The New York Times menulis bahwa From Up on Poppy Hill merupakan salah satu film terbaik dari Studio Ghibli. 

Film ini disutradarai oleh Goro Miyazaki dan ditulis oleh Hayao Miyazaki serta Keiko Niwa. Menceritakan tentang Umi Matsuzaki dan Shun Kazama yang berjuang untuk menyelamatkan Gedung Quartier Latin. 

Quartier Latin merupakan gedung ekstrakurikuler sekolah SMA mereka yang hendak dibongkar demi sebuah usaha baru di desa tersebut. Film ini menceritakan kisah persahabatan dan masa sekolah yang tak dapat dilupakan. 

5. Grave of the Fireflies (1988)

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Grave of the Fireflies merupakan film Studio Ghibli yang mengambil setting Perang Dunia II. Film ini diangkat dari cerita pendek karangan Akiyuki Nosaka. Grave of the Fireflies disutradarai oleh Isao Takahata.  Film ini juga merupakan salah satu film terbaik Studio Ghibli menurut The New York Times.

Menceritakan tentang Seita dan Setsuko yang harus perjuang setelah Perang Dunia II melanda. Bom telah merengut rumah dan sang ibu, sehingga mengharuskan kedua saudara ini tinggal bersama tante yang kurang peduli. Sementara, sang ayah menjalankan tugas sebagai tentara. 

Seita dan Setsuko pun berakhir dengan tragis akibat kurang makan dan tempat tinggal yang tidak layak. Kisah ini mengajarkan bagaimana kejamnya perang terhadap kehidupan sekitar. 

Isao Takahata sendiri meninggal pada 5 April 2018 di usianya yang ke-82, namun karyanya tetap dikenang sepanjang masa.  

Itulah lima film Studio Ghibli yang wajib kalian tonton. Apakah kamu sangat mencintai film karangan Studio Ghibli ini?

Baca Juga: Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarming

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You