Comscore Tracker

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarming

Perfect buat weekend-mu

Tak perlu ditanya lagi, semua anime Jepang produksi Studio Ghibli selalu sukses mencuri hati pemirsa. Bahkan bagi kamu yang bukan penggemar atau follower anime Jepang, film-film Studio Ghibli mungkin akan mengubah stigmamu tentang film animasi Jepang. 

Namun, seiring pensiunnya sang motor utama, Studio Ghibli yang sempat dikabarkan akan tutup ini mulai dapat pesaing-pesaing baru. Tak kalah dengan film-film Ghibli, beberapa anime berikut sanggup buat akhir pekanmu lebih menyenangkan. Simak list berikut, yuk! 

1. Mirai (2018)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Seorang anak laki-laki bernama Kun tidak suka dengan kehadiran adik perempuannya yang menurutnya menyita seluruh perhatian orang tuanya. Ia pun sering marah dan membentak sang adik. Saat tak sengaja menemukan sebuah kebun yang merupakan gerbang untuk menjelajah waktu, ia justru bertemu dengan adiknya yang sudah menginjak usia SMP. Bisakah Kun pulang ke waktu asalnya? 

Film tentang persaudaraan ini penuh aksi kocak sekaligus haru yang berpadu jadi satu. Harus ditonton nih!

2. Mary and The Witch's Flower (2017)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Masih ingat dengan Kiki's Delivery Service? Film satu ini sedikit banyak punya kemiripan cerita dengan Kiki. Seorang anak perempuan bernama Mary tak sengaja menemukan sebuah bunga yang aneh. Tak disangka bunga tersebut dapat memberinya kekuatan seperti penyihir, tetapi hanya bertahan dalam waktu semalam saja.

Ia pun tanpa sengaja melayang dengan sapu penyihir ke sebuah tempat antah berantah yang mirip sekolah sihir. Saat menceritakan kejadian aneh yang ia alami pada sang kepala sekolah, ia justru mendekati bahaya yang mengintai. 

3. 5 Centimeters Per Second (2007)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Film romansa remaja ini bukan kisah klise biasa. Seorang anak laki-laki bernama Takaki bersahabat dengan anak perempuan seusianya yang bernama Akari. Mereka menjalin persahabatan hingga usia remaja. Namun, suatu ketika Takaki harus pindah karena pekerjaan orang tuanya. Mereka berjanji akan saling berkirim email. Namun, takdir berkata lain, jarak yang memisahkan mereka ternyata terlalu kejam untuk membiarkan cinta tumbuh kembali. 

Film ini jadi salah satu film anime terlaris di Jepang dan internasional, lewat ide cerita yang tidak biasa dan sinematografi yang luar biasa. 

Baca Juga: 7 Tokoh Cewek Animasi Inspiratif di Studio Ghibli, Pas Jadi Role Model!

4. The Boy and The Beast (2015)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Seorang anak laki-laki bernama Ren baru saja kehilangan Ibunya, ia tak mau tinggal dengan kerabat dan justru melarikan diri. Menggelandang di jalanan, ia bertemu dengan Kumatetsu yang berasal dari The Beast Kingdom. Kumatetsu yang memiliki kekuatan super tetapi malas ini ditugaskan untuk melakukan misi yang bermanfaat. Ia pun bertekad membantu Ren dengan melatihnya cara bertahan hidup. 

5. Wolf Children (2012)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Setelah sukses dengan Summer War, Mamoru Hosoda kembali lewat film Wolf Children yang dirilis tahun 2012 lalu. Sesuai dengan judulnya, film ini mengikuti perjalanan seorang Ibu tunggal bernama Hana yang harus mengurus dua anaknya yang masih kecil. Menariknya, keduanya adalah manusia setengah serigala sebab Hana menikah dengan manusia serigala yang meninggal saat mencari makanan untuk kedua anaknya. 

Kedua anak tersebut Yuki dan Ame belum bisa mengontrol kekuatan mereka, sehingga mereka bisa berubah menjadi serigala secara tiba-tiba. Keunikan mereka menjadi tantangan tersendiri bagi Hana yang single parent

6. Giovanni's Island (2014)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingelectric-shadows.com

Jika kamu menikmati film anime bertema sejarah seperti Grave of The Fireflies, Giovanni's Island film yang cocok buatmu. Dikisahkan Junpei dan Kanta tinggal di sebuah pulau terluar Jepang bernama Shikotan pada masa Perang Dunia II. Saat Uni Soviet berhasil merebut kekuasaan atas pulau tersebut, penduduk Uni Soviet pun mulai merebut beberapa bangunan di sana. 

Mereka kemudian bertemu dengan seorang anak perempuan Uni Soviet bernama Tanya. Mereka pun berkawan baik. Namun, dengan makin panasnya perang, persahabatan mereka pun mulai terdampak. 

7. To the Forest of Firefly Lights (2011)

Bukan Produk Studio Ghibli, 7 Film Anime Jepang Ini Juga Heartwarmingimdb.com

Seorang gadis kecil bernama Hotaru tersesat di hutan selama beberapa waktu. Ia bertemu dengan makhluk dengan topeng aneh bernama Gin. Saat akhirnya ia diselamatkan, Gin ternyata masih mengikutinya dan menjadi sahabatnya. Hotaru beranjak remaja dan Gin masih di usia yang sama membuat keduanya sepantaran dan mulai saling jatuh cinta. Namun, dengan perbedaan yang mencolok antar dunia keduanya, mereka tak tahu bagaimana mereka bisa bersatu di masa depan. 

Mau nonton yang mana dulu, nih? 

Baca Juga: 5 Film Produksi Studio Ghibli yang Masuk Nominasi Oscar

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You