Comscore Tracker

5 Film Terbaik Bertema Rasisme, Manusia Itu pada Dasarnya Setara!

Penonton dibuat geregetan karena ulah manusia

Sampai sekarang, rasisme masih menjadi topik hangat. Rasisme terjadi ketika sebuah kelompok merasa superior atas kelompok lainnya. Hal ini yang kemudian menjadi diskriminasi dan perpecahan kelompok.

Untuk mengetahui rasisme dari zaman ke zaman dan teritorial tertentu, berikut lima serial televisi dan film yang sukses mengangkatnya.

1. Selma

https://www.youtube.com/embed/x6t7vVTxaic

Laman Bustle dan IMDb menjadikan Selma salah satu film yang wajib ditonton. Film ini disutradarai oleh Ava DuVernay dan dibintangi oleh David Oyelowo, Tom Wilkinson, dan Carmen Ejogo.

Menceritakan Martin Luther King Jr. dengan perjuangannya melawan rasisme pada era 1960-an. Tokoh Martin Luther King Jr. pun dikenal sebagai pejuang antikekerasan di seluruh dunia. Selma merupakan kota di Alabama yang menjadi sasaran serangan kelompok Ku Klux Klan pada 1964. 

Film ini sangat menarik karena kamu bisa belajar bagaimana Martin Luther King Jr. memperjuangkan ribuan orang demi kesetaraan hidup, tanpa kekerasan.

2. The Help

https://www.youtube.com/embed/aT9eWGjLv6s

The Help merupakan film yang dirilis pada 2011. Disutradarai oleh Tate Taylor, film ini dibintangi oleh Jessica Chastain, Viola Davis, Bryce Dallas Howard, dan Emma Stone. 

The Help merupakan film dari buku karangan Kathryn Stockett dengan judul yang sama. Film ini menceritakan Eugenia "Skeeter" Phelan, yang tidak tahan perlakuan rasisme terhadap asisten rumah tangga dengan keturunan Afrika-Amerika. 

Kala itu, para asisten rumah tangga kerap mendapatkan perlakuan yang tidak layak. Skeeter yang dibesarkan oleh asisten rumah tangga keturunan Afrika-Amerika menulis perspektif setiap Afrika-Amerika yang dirinya temui. 

Film ini menceritakan Skeeter dengan orang-orang keturunan Afrika-Amerika yang kerap menjadi target rasisme, seperti Minny Jackson dan Aibileen Clark. Kamu akan belajar banyak tentang indahnya perbedaan.

Baca Juga: Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 

3. BlacKkKlansman

https://www.youtube.com/embed/pFc6I0rgmgY

BlacKkKlansman merupakan film yang disutradarai oleh Spike Lee. Film ini juga dibintangi oleh John David Washington dan Adam Driver. Film ini diangkat dari buku karangan Ron Stallworth, Black Klansman.

Film ini menceritakan Detektif Ron Stallworth, polisi keturunan Afrika-Amerika pertama di Colorado yang berhasil memberantas kelompok Ku Klux Klan di Colorado dengan bantuan Detektif Philip "Flip" Zimmerman. 

Stallowrth dibantu oleh Zimmerman menyamar sebagai anggota baru Ku Klux Klan. Keduanya pun berhasil melakukan penyamaran dengan kejadian tak terduga. Film ini diambil dari kisah nyata sang penulis, Ron Stalloworth. 

4. Gook

https://www.youtube.com/embed/6Duh20o-qWs

Gook merupakan film 2017 yang disutradarai oleh Justin Chon. Laman Bustle menulisnya sebagai film tentang rasisme yang wajib ditonton. Gook dibintangi oleh Justin Chon
Simone Baker dan David So.

Menceritakan kisah dua saudara dengan keturunan Korea Selatan yang menjalin persahabatan dengan anak keturunan Afrika-Amerika berusia 11 tahun. Namun, pada April 29 hingga Mei 4 1992, terjadi kerusuhan yang mengakibatkan kekerasan terjadi pada kaum minoritas di Los Angeles. 

Cerita ini melihat bagaimana susahnya hidup menjadi kaum minoritas. Gook sendiri merupakan ejekan yang ditujukan kepada keturunan Asia lainnya. Film ini merupakan debut Justin Chon. Dirinya juga menulis naskah film Gook ini. 

5. When They See Us

https://www.youtube.com/embed/u3F9n_smGWY

When They See Us merupakan salah satu seri Netflix yang menceritakan kisah nyata pada 1989. Mengisahkan tentang pelari perempuan yang diperkosa dan ditinggal hingga hampir tewas. Sebanyak lima tersangka kala itu adalah anak remaja dengan keturunan Hispanic dan Afrika-Amerika. 

Kejadian semakin memuncak ketika lima remaja tersebut mengakui perbuatannya, namun bukti yang ada tidak mengacu kepada lima remaja tersebut. Matias Reyes, pelaku kejadian nyata ini mengaku kepada polisi pada 2001. 

Seri ini disutradarai oleh Ava DuVernay dan dibintangi oleh Asante Blackk, Caleel Harris, Ethan Herisse, Jharrel Jerome, dan Marquis Rodriguez. 

Itulah lima film dan serial TV yang mengambil cerita dengan latar belakang rasisme. Perlakuan tidak adil kerap terjadi bagi kaum minoritas. Lantas, perlakuan yang kerap berakhir sebagai kekerasan bukan menjadi jalan penyelesaian. Jadi mari kita hargai perbedaan yang ada, tanpa harus saling menghakimi.

Baca Juga: 6 Film Horor Brazil yang Ceritanya Mengerikan, Sudah Nonton?

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You