Comscore Tracker

Gak Cuma Rich Brian, Ini 5 Rapper Indonesia yang Juga Keren Abis

Ada rapper Indonesia yang nge-rap dengan Bahasa Jawa lho

Kesuksesan Rich Brian di kancah internasional tentu membuat para musisi Indonesia makin bangga dengan karya anak bangsa mereka. Namun tak hanya Rich Brian yang dimiliki oleh Indonesia. Komunitas hip-hop mulai bermunculan dan terkenal. Ada beberapa musisi hip-hop di kancah industri musik Indonesia juga tak kalah keren dengan rapper macanegara! 

Berikut ada 6 rapper yang berkarir di Indonesia namun mereka tidak kalah keren dan SWAG dengan Rich Brian lho!  Siapa saja kira-kira?

1. Jayko

https://www.youtube.com/embed/K1Dv4fTlW44

Jayko, rapper asal Jakarta yang memiliki gaya khas potongan jamur dengan kacamata hitamnya. Kamu pasti tahu Jayko di kerumunan karena kacamata hitamnya merupakan statement piece yang tak akan pernah ketinggalan.

Salah satu lagu terkenal Jayko adalah Abidin, view dari musik video ini sudah mencapai 1 juta lebih, lho! Kamu wajib menontonnya. 

2. Laze

https://www.youtube.com/embed/ltxkc0YSfOc

Laze adalah salah satu rapper Indonesia yang namanya sedang meroket. Bahkan dikutip melalui MTV Asia, bahwa Laze sempat muncul di acara Yo! MTV Raps. Acara Yo! MTV Raps adalah acara di mana kamu juga dapat menyaksikan rapper Asia lainnya membahas tentang hip-hop, dan gaya mereka masing-masing. 

Laze juga berkolaborasi dengan musisi seperti Dipha Barus dan rapper Indonesia lainnya seperti A. Nayaka! 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Perjalanan Karir Rapper Rich Brian

3. Yacko

https://www.youtube.com/embed/Q5aoFTzfMuI

Yacko merupakan salah satu rapper wanita asal Indonesia yang memperkenalkan hip-hop kepada masyarakat. Gaya Yacko ini berbeda, karena pada awalnya dirinya berani membawa hip-hop yang konon masih di sangkut pautkan dengan kegiatan gang. Buat kalian pecinta rapper Indonesia, Yacko menjadi salah satu artis yang wajib kalian dengarkan! 

4. A. Nayaka

https://www.youtube.com/embed/riJWlkFFptw

Ariel Nayaka juga merupakan salah satu rapper yang sedang naik daun di Indonesia. Sama seperti Laze, Ariel Nayaka juga sempat muncul di acara hip-hop Yo! MTV Raps, dikutip oleh MTV Asia. 

Di Yo! MTV Raps ini, ada kemunculan artis hip-hop seperti Basick, pemenang Show Me the Money 4, dan G2 dari Korea Selatan. Orang Indonesia harus bangga dong, karya anak bangsa diakui dengan diundang ke salah satu acara terkenal asal Amerika Serikat. 

5. Mario Zwinkle

https://www.youtube.com/embed/AHLGGzrYVS0

Mario Zwinkle merupakan salah satu member terbaru Hell House, salah satu group hip-hop yang berbasis di Jogja. Proyek Hell House ini mengusung tema hip-hop di era 1990an. Gaya Mario Zwinkle pun tak kalah dengan rapper-rapper 1990an seperti Wu Tang Clan. Dan kalian bisa melihat sisi Jogja yang berbeda dari lainnya. 

6. Jogja Hip Hop Foundation

https://www.youtube.com/embed/F18vJTtX_Ns

Bila kamu sudah biasa mendengarkan orang nge-rap dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, mungkin kamu belum terbiasa mendengarkan rap dengan Bahasa Jawa? 

Jogja Hip Hop Foundation merupakan grup hip-hop yang berasal dari Jogja. Namun siapa sangka bahwa mereka juga pernah diundang ke acara di Amerika Serikat. Penampilan mereka pun menuai banyak pujian. 

Berdasarkan Asia Society, Jogja Hip Hop Foundation berhasil memiliki identitas yang unik, dengan rap Bahasa Jawanya yang khas dengan budaya Jawa. Grup ini dimulai pada tahun 2003 dan masih aktif hingga sekarang. 

Itulah 6 musisi hip-hop Indonesia yang gak boleh kamu lewatkan! Apakah kamu juga pecinta hip-hop? Siapa rapper Indonesia favoritmu?

Baca Juga: 10 Fakta Joji, Penyanyi Asal Jepang yang Selabel dengan Rich Brian

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You