Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Perjalanan Karir Rapper Rich Brian

Dari meme hingga superstar! 

Rich Brian menjadi musisi muda berbakat yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tak sedikit yang memberi selamat kepada rapper asal Indonesia ini. Mulai dari membuat meme dan jokes di Twitter hingga meledaknya single pertama, kini Brian telah diakui oleh musisi internasional.

Buat yang belum tahu, berikut 5 perjalanan karir Rich Brian yang bermulai dari meme hingga meraih kesuksesannya sekarang.

1. Diawali dengan Dat $tick

https://www.youtube.com/embed/rzc3_b_KnHc

Rich Brian memulai karir bermusiknya dengan lagu Dat $tick yang dibuatnya bersama teman-temannya ketika di Jakarta. Video Dat $tick itu sendiri menjadi viral dan membuatnya terkenal, video itu kini memiliki lebih dari 100 juta views. 

2. Kolaborasi pertama Rich Brian dengan artis luar negeri

https://www.youtube.com/embed/Z4eARl9omVs

Agensi musik 88rising yang menaunginya, kemudian merilis Dat $tick remix di mana ini adalah pertemuan Rich Brian dengan rapper internasional Ghostface Killah, dan Pouya.

Ghostface Killah merupakan anggota grup hip-hop Wu-Tang Clan, di mana member dari grup itu adalah produser Method Man.

3. Cetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang masuk iTunes hip-hop chart no. 1

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Perjalanan Karir Rapper Rich Brianpitchfork.com

Pada tahun 2018, Rich Brian juga mencetak sejarah sebagai orang Asia pertama yang menaungi no.1 di iTunes untuk hip-hop chart, dikutip dari NextShark. Angka yang sangat fantastis mengingat banyak sekali artis hip-hop yang mencoba karier mereka di Amerika Serikat. 

Dalam album terbarunya yang bertajuk The Sailor, Rich Brian mengambil cerita bagaimana pergi ke Amerika untuk menemukan mimpinya. Dirinya juga menuliskan lirik bagaimana agar anak-anak lainnya tak pernah berhenti bermimpi untuk meraih cita-cita mereka. Well said Rich Brian!

Baca Juga: 5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternama

4. Bekerja bersama Dave Meyers

https://www.youtube.com/embed/yeW1cCw3-Hc

Dalam musik video Yellow, Rich Brian bekerja sama dengan Dave Meyers, sosok di balik video seperti artis Kendrick Lamar, Taylor Swift, hingga grup KPop WINNER. Dave Meyers sendiri juga sutradara video All The Stars, soundstrack dari film Marvel, Black Panther.

Rich Brian bekerja sama dengan sosok Bekon yang bekerja sama dengan pemenang Grammy's Kendrick Lamar dalam album yang bertajuk DAMN. Dalam album ini Rich Brian juga berkolaborasi dengan anggota Wu-Tang Clan lainnya, RZA dalam lagu Rapapapa. 

5. Dari meme hingga superstar

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Perjalanan Karir Rapper Rich Brianinstagram.com/88rising

Rich Brian membuktikan bahwa dirinya lebih dari sekadar artis meme, dikutip dari Genius bahwa Rich Brian adalah artis yang menjadikan 88rising semakin dikenal pecinta hip-hop internasional. 

88rising sendiri menaungi artis-artis Asia lainnya, seperti NIKI, Joji, Keith Ape, dan Higher Brothers. Tema yang berani diambil oleh sang CEO Sean Miyashiro, dan co-founder Jaeson Ma mengambil pasar minoritas di negara Barat. 

Dan itulah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang perjalanan karir Rich Brian dari seorang artis meme, hingga artis yang menduduki iTunes Amerika Serikat. Gimana, apa lagu favorit kamu dari album Rich Brian yang terbaru?

Baca Juga: Disebut Bukan Rapper Panutan, 5 Fakta Lagu Terbaru Rich Brian "Kids"

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You