Comscore Tracker

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan Karier

Kevin awalnya hampir terjun ke dunia akting #IDNTimesHype

Kevin Hugo adalah seorang musisi muda berbakat Indonesia yang namanya makin dikenal setelah ia berhasil menjadi salah satu finalis dari ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Pada tahun 2020, Kevin merilis single pertamanya yang bertajuk A Letter to You yang bisa terbilang sukses. Kemudian disusul dengan karya Kevin yang lain, yaitu Unpleased dan Nostalgia.

Baru-baru ini, Kevin merilis single terbarunya yang berjudul Fairytale. Bersama IDN Times di Live Instagram CETAR (CERITA ARTIS) pada Kamis, 17 Juni, Kevin Hugo ceritakan proses dan cerita di balik lahirnya Fairytale hingga perjalanan kariernya.

 

1. Kevin Hugo tentang Fairytale

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan KarierKevin Hugo. (Dok. Pribadi)

Secara harfiah, Fairytale dapat diartikan sebagai dongeng atau cerita pengantar tidur. Berangkat dari ide ini, Kevin mengungkapkan bahwa lagunya yang bertajuk Fairytale adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang seseorang yang sedang mengingat hubungannya di masa lalu.

"Aku ingin menyampaikan kalau move on tuh bukan berarti kita harus lupa sama orangnya atau memorinya. Kita hanya perlu untuk mengikhlaskan," ungkap Kevin pada penonton Live CETAR sore tadi. 

Selain itu, Kevin juga mengungkapkan jika penggalan lirik kesukaannya dari lagu ini adalah "Loving is magic loving is stragic". Dimana menurutnya, mencintai seseorang tidak selamanya indah dan manis.

"Saat kita mencintai seseorang, kita akan rela untuk melakukan apapun buat orang yang kita sayang. Dalam prosesnya bisa aja kita sampai kehilangan jati diri. Pokoknya apapun bakal kita lakuin buat orang itu," ujar Kevin.

2. Kevin ceritakan proses di balik produksi lagu Fairytale

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan KarierKevin Hugo. (Dok. Pribadi)

Dalam proses penulisan lagu ini, Kevin Hugo bekerja sama dengan Will Mara. Saat ditanya apakah proses pembuatan lagu ini membutuhkan waktu yang lama, Kevin menjelaskan bahwa proses pembuatan lagu Fairytale relatif lebih cepat dari lagu sebelumnya. Menurutnya, ini karena saat menulis lagu sebelum Fairytale, ia harus beradaptasi dengan cara kerja baru yang dipengaruhi oleh pandemik.

"Aku mulai nulis lagu ini dari bulan Februari terus bulan Mei rilis. Jadi kira-kita sekitar 4 bulan, gak begitu lama kalau dibanding lagu yang sebelumnya," ujar Kevin sambil menghitung menggunakan jarinya.

Selanjutnya, Kevin bercerita bahwa tantangan yang dirasakan saat menulis Fairytale adalah ia merasa harus lebih keras lagi dalam mendalami perasaan. Meskipun semua lagu yang ia tulis merupakan bagian dari pengalaman pribadinya, ia ingin lagu ini bisa bercerita tentang semua orang. 

"Aku pengen lagu ini tuh gak cuma tentang aku aja. Aku pengen orang-orang yang denger lagu ini bisa merasa relate dengan pengalaman mereka masing-masing," ujar Kevin.

Selain itu, menurut Kevin, momen yang tidak bisa ia lupakan saat memproduksi lagu ini adalah masa-masa workshop yang menurutnya merupakan masa yang menyenangkan.

Baca Juga: Berawal dari Nada Random, 5 Fakta Lagu Kevin Hugo 'A Letter to You'

3. Ceritakan awal perjalanan karier hingga terjun ke dunia musik

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan KarierKevin Hugo. (Dok. Pribadi)

Jika ditanya soal karier, banyak hal menarik dari cerita perjalanan karier Kevin. Kevin awalnya belum tertarik dengan dunia musik dan pernah hampir menjadi aktor. Menurut cerita Kevin, dulu semasa sekolah ia seringkali menemani teman-temannya casting dan audisi sana-sini.

"Aku dulu akting, karena dulu sempet nemenin temen buat casting terus ditawarin buat audisi juga sampe akhirnya kontrak sama manajemen. Sempet casting sana-sini tapi emang belum ada tawaran," cerita Kevin.

Setelah itu, Kevin ungkap jika ia belum sadar akan ketertarikannya dengan musik tapi ia memang sering bermain dengan teman-temannya yang berkecimpung di dunia musik. Hingga pada akhirnya ia ikut coba-coba dan merasa cocok.

"Aku awalnya belum sadar kalau tertarik dengan musik. Sampai akhirnya aku coba-coba dan ngerasa cocok. Dari situ aku mulai cover-cover lagu, sampai ikut ajang pencarian bakat," jelas Kevin.

 

4. Sosok inspirasi hingga ingin menulis lagu berbahasa indonesia

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan KarierKevin Hugo. (Dok. Pribadi)

Dari awal berkecimpung di dunia musik, Kevin mengaku dirinya banyak terinspirasi dari musisi-musisi ternama. Untuk musisi internasional, Kevin merasa bahwa dirinya banyak terinspirasi oleh Bruno Major. Sedangkan, untuk musisi lokal, Kevin sangat menyukai seluruh karya dari Kunto Aji.

Karya-karya Kunto Aji juga merupakan salah satu alasan Kevin mempunyai keinginan yang besar untuk menulis lagu dalam bahasa Indonesia. "Pengen banget, aku pengen banget nulis lagu berbahasa Indonesia. Tapi mungkin karena referensi aku tinggi banget seperti mas Kunto, jadi agak susah," ujar Kevin.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa Fairytale awalnya ingin ia tulis dalam bahasa Indonesia. Tetapi, ia merasa kesulitan dalam menulis lagu berbahasa Indonesia dan sejauh ini merasa lebih nyaman menulis lagu dalam bahasa Inggris.

5. Harapan hingga kesan dan pesan untuk penggemar

Kevin Hugo: Tentang Fairytale hingga Perjalanan KarierKevin Hugo (instagram.com/keviinhugo)

Untuk rencana ke depan, Kevin mengaku belum memiliki sesuatu yang spesifik. Namun, ia berharap nantinya bisa semakin berkembang dan bisa menghasilkan karya yang lebih bervariasi lagi dan bisa keluar dari zona nyamannya. Tak hanya itu, Kevin juga berharap bisa main film jika ada kesempatan suatu saat nanti.

Jika ditanya tentang kolaborasi, Kevin ungkap ingin berkolaborasi dengan Gangga atau Will Mara, para musisi muda berbakat yang bisa dibilang memiliki gaya musik yang sama dengan Kevin.

Selain itu, Kevin juga sampaikan rasa terima kasihnya kepada para penggemar. Ia merasa sangat bersyukur atas seluruh dukungan para penggemar, karena menurut Kevin, tanpa mereka dirinya nggak mungkin bisa berada di posisi sekarang ini.

Nah, itu dia cerita di balik lahirnya lagu Fairytale, hingga cerita perjalanan karier Kevin Hugo. Kalau kalian udah dengerin Fairytale belum? Jangan lupa dengerin di platform-platform musik yang tersedia, ya!

Baca Juga: Bak Sahabat, 10 Potret Sibling Goals Kevin Hugo dan Regina Blancha

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya