Comscore Tracker

10 Band Rock Terbaik Asal Inggris yang Pernah Berjaya di Era 60-90an

Dikenal juga dengan istilah British Invasion

Dari hard rock ke punk, new wave, indie, dan Britpop, band-band Inggris telah mendefinisikan seluruh genre dan mempengaruhi jutaan penggemar rock selama bertahun-tahun.

Musik asal Inggris telah menghasilkan beberapa band dan artis paling ikonik di dunia, yang karyanya tetap sama populer dan dihormati sampai hari ini.

Dan di bawah ini adalah 10 band rock terbaik berasal dari Inggris yang pernah berjaya di era 60-90an.

1. The Beatles

https://www.youtube.com/embed/A_MjCqQoLLA

The Beatles awalnya mengusung genre pop lalu berubah menjadi genre rock selama karir mereka dan menghasilkan musik terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa. Mereka terus-menerus mendorong batas, mengambil suara mereka ke tempat-tempat yang kamu tidak pernah berpikir mungkin dan bersama-sama dengan produser George Martin mereka menghasilkan karya yang luar biasa.

Kisah dan musik mereka legendarisd an kamu bisa melihat masa lalu mereka sebagai band rock Inggris terhebat sepanjang masa.

2. Led Zeppelin

https://www.youtube.com/embed/xbhCPt6PZIU

Monster rock Led Zeppelin adalah salah satu band rock terhebat yang pernah ada dan keempat anggota band semuanya adalah beberapa musisi terbaik dari generasi mereka juga.

Robert Plant, John Paul Jones, John Bonham, dan Jimmy Page sebagai musisi individu memiliki skill di atas rata-rata dan bakat mereka bergabung untuk menciptakan musik rock terthebat di generasi mereka.

Bahkan, Communication Breakdown sering dianggap sebagai lagu heavy metal pertama. Apakah kamu percaya atau tidak, pengaruh band Led Zeppelin tidak dapat disangkal dan status mereka sebagai dewa rock Inggris tidak dapat disentuh.

3. Radiohead

https://www.youtube.com/embed/XFkzRNyygfk

Radiohead bisa terus membuat album seperti The Bends dan OK Computer lalu menjadi band Inggris terbesar sepanjang masa di akhir 1990-an. Namun, mereka bereksperimen untuk mengubah suara mereka dan dengan Kid A mereka menunjukkan bakat sangat jenius dari seorang seniman. Mereka adalah band hebat yang menolak untuk menetap pada satu genre, tetapi masih berhasil membuat musik yang aneh dan indah. 

4. Pink Floyd

https://www.youtube.com/embed/IXdNnw99-Ic

The Dark Side of the Moon, The Wall, Wish You Were Here adalah masterpice dari Pink Floyd. Pink Floyd telah menciptakan beberapa lagu rock UK yang paling berhasil dan paling sukses yang pernah dibuat dan selalu mempertahankan rasa eksentrisitas dan keistimewaan Inggris yang khas.

Legenda prog rock ini adalah salah satu band Inggris paling sukses secara komersial yang pernah ada dan David Gilmour tetap menjadi salah satu gitaris yang paling disegani di generasinya.

5. The Rolling Stones

https://www.youtube.com/embed/RcZn2-bGXqQ

Tanpa diragukan lagi salah satu band rock Inggris paling berpengaruh sepanjang masa, Rolling Stones dapat dengan mudah menduduki peringkat teratas dalam daftar grup rock Inggris yang ikonik.

Teman-teman masa kecil Mick Jagger dan Keith Richards membentuk band anak-anak pada 1950-an sebelum membentuk Rolling Stones dengan Brian Jones, Charlie Watts, Bill Wyman dan Ian Stewart.

Band ini membuat sampul awal lagu mereka yang terisnpirasi dari legenda blues Howlin 'Wolf dan Chuck Berry untuk menghasilkan lebih banyak dan lebih banyak suara yang ekspansif, tetapi tetap membuat genre blues-rock menjadi inti dari musik mereka. 

Baca Juga: 10 Album Rock Terbaik Ini Rilis 50 Tahun Lalu Lho, Dengerin Yuk!

6. Oasis

https://www.youtube.com/embed/bx1Bh8ZvH84

Berapa kali seseorang mengambil gitar dan melakukan rendering lagu Wonderwall di sebuah pesta? Atau sudah berapa kali seseorang  bernanyi lagu Don't Look Back In Anger di karaoke?

Lagu-lagu Oasis sendiri adalah lagu Inggris yang paling mudah diakses dan instan yang pernah ditulis. Gallagher bersaudara adalah otak dibalik kesuksesan Oasis. Tetapi karena ketegangan yang terjadi pada awal 90an, Oasis bubar dan menyisakan karya terbaik mereka.

7. Queen

https://www.youtube.com/embed/fJ9rUzIMcZQ

Tidak ada band yang tampil seperti Queen. Vokal live Freddie Mercury yang tak tertandingi dan tontonan band yang luar biasa menjadikan mereka salah sati band dengan pertunjukan langsung paling terkenal yang pernah ada di Inggris.

Queen menciptakan beberapa musik yang paling dikenal dan populer pada 1970-an dan 1980-an. Kematian dini Freddie Mercury pada tahun 1991 mengejutkan dunia musik tetapi warisan band ini sangat luar biasa.

8. The Cure

https://www.youtube.com/embed/mGgMZpGYiy8

The Cure adalah salah satu band Inggris paling ikonik pada era 1980-an dan 1990-an dan mendapat tempat khusus di hati banyak penggemar musik di seluruh Britania Raya. Dari sifat album yang tajam dan intens seperti Pornografi yang rilis tahun 1982, hingga rekaman yang lebih flamboyan dan menyenangkan seperti Wish, Kiss Me, Kiss Me, Kiss Me dan Disintegration bisa dibilang mahakarya dari The Cure.

9. Blur

https://www.youtube.com/embed/SSbBvKaM6sk

Begitu banyak yang dibuat dari persaingan Blur vs Oasis yang membentang sepanjang puncak Britpop dan memang benar bahwa mereka adalah dua band paling penting dalam dekade ini. Blur yang mengesankan menawarkan kekayaan penulisan lagu Inggris yang tak terhapuskan dengan beberapa lirik paling lucu tahun 1990-an dan juga beberapa yang paling sederhana.

Damon Albarn akan terus membuat musik dengan Gorillaz dan mengejar sejumlah proyek menarik lainnya, tetapi bintang sebenarnya dari pertunjukan adalah Graham Coxon, yang tetap menjadi salah satu gitaris Inggris yang paling diremehkan pada abad ke-20.

10. Black Sabbath

https://www.youtube.com/embed/5s7_WbiR79E

Ozzy Osbourne bekerja sama dengan Brummies Geezer Butler, Bill Ward dan Tony Iommi pada akhir 1960-an untuk membentuk Black Sabbath yang sangat berpengaruh pada perkembangan musik dunia. Band ini merilis lagu rock klasik seperti Paranoid, War Pigs dan Iron Man dan mempengaruhi pandangan musik rock Inggris lebih dari kebanyakan band sebelum atau sesudahnya.

Nah itulah 10 band rock terbaik asal Inggris di era 60-90an. Adakah dari mereka yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 8 Lagu Rock Ini Terinspirasi Dari Kejadian Nyata yang Mengerikan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Riau.saya gemar mendengarkan musik dan sangat tertarik dengan dunia olahraga terkhusus nya sepakbola. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You