Comscore Tracker

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak Terduga

Berasa jadi detektif juga deh #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Drama Korea atau KDrama memang sangat identik dengan genre romance atau komedi. Hal ini tak terlepas dari banyaknya penonton yang menyukai genre ini. Buat kamu yang bosan dengan drama romance atau komedi, tak ada salahnya kok kamu merilik KDrama dengan genre lain, misalnya yang bertemakan detektif.

KDrama bertema detektif mengisahkan tentang pengungkapan sebuah kasus rumit yang bermula dari sebuah kejadian yang tak terduga. Buat kamu yang penasaran dengan genre ini, dibawah ini adalah sepuluh KDrama terbaik yang bertemakan detektif.

1. Tell Me What You Saw   

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak Terdugaforbes.com

Tell Me What You Saw bercerita tentang seorang profiler genius nan eksentrik bernama Oh Hyun Jae, dengan seorang gadis yang memiliki kemampuan ingatan yang tinggi hanya dengan melihat sesuatu bernama Cha Soo Young. Mereka mengejar pria bernama peppermint candy yang sudah meninggal bertahun-tahun lalu karena pembunuhan misterius.

Drama ini sukses membuat para penonton penasaran. Siapa sebenarnya sih si peppermint candy dan apakah dia masih hidup atau tidak? 

2. Less Than Evil

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. MBC

Less Than Evil merupakan remake dari drama TV Inggris yang diperankan oleh Idris Elba berjudul Luther. Karakter utama dalam serial ini ialah Woo Tae Suk. Woo Tae Suk yang diperankan oleh Shin Ha Kyun adalah seorang detektif yang sangat handal, mapan dan juga berpengalaman dalam menyelesaikan kasus.

Namun, kariernya sebagai detektif mengalami perjalanan yang berliku. Tae Suk tidak pernah peduli bagaimana dia memecahkan sebuah kasus. Baik atau buruk, Tae Suk akan melakukan segalanya untuk memecahkan teka-teki dalam kasus yang harus ia selesaikan.

3. Partner for Justice 1 & 2

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. MBC

Drama korea misteri ini berfokus pada sosok seorang peneliti forensik dan ilmuwan yang bekerjasama untuk melacak orang jahat. Season pertama tayang tahun 2018 sedangkan season kedua tayang tahun 2019. Karena menceritakan tentang seorang ahli bedah forensik, beberapa adegan mungkin membuat kamu mual atau tidak nyaman saat menontonnya.

Dengan cerita yang menarik, kamu pasti penasaran dengan ending dari drama yang memiliki dua season ini. Drama ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang menyukai drama dengan genre medis, detektif dan legal!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea 2020 Buat Kamu yang Suka Thriller

4. Life on Mars 

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. OCN

Sama seperti Less Than Evil, drama Korea Life on Mars juga merupakan remake dari drama TV asal Inggris pada tahun 2006-2007 dengan judul yang sama. Life on Mars bercerita tentang seorang polisi bernama Hae Tae Joo. Drama ini dibumbui dengan perjalanan waktu dan kasus pembunuhan berantai.

Seorang detektif yang sedang bertugas mengalami kecelakaan dan terlempar kembali pada tahun 1988. Dia menjadi detektif di sebuah kantor polisi di masa lalu. Untuk kembali ke kehidupan nyata, dia harus menyelesaikan kasus selama periode itu hingga semuanya tuntas.

5. Criminal Minds 

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok tvN

Serial dengan kisah menarik ini diadaptasi dari drama televisi Amerika berjudul sama. Criminal Minds menceritakan kehidupan anggota spesial dari departemen investigasi kriminal saat mereka mencoba mengungkap sebuah kasus.

Saat mengikuti kasus ini, satu per satu informasi baru mengenai kasus ini terkuak. Pastinya, drama misteri dan detektif versi Korea ini menghadirkan jalan cerita yang menarik dan sangat detail. Ditambah dengan peralatan canggih yang digunakan dalam menyelesaikan kasus tersebut.

6. Vagabond

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. SBS

Vagabond menjadi drama Korea yang ditunggu-tunggu di tahun 2019 karena dibintangi oleh Bae Suzy. Drama ini dimulai dengan kecelakaan pesawat yang membawa atlet taekwondo anak-anak asal Korea Selatan ke Maroko dan diakhiri dengan pembongkaran korupsi nasional yang dilakukan oleh badan intelijen negara Korea Selatan.

Banyak konflik politik juga ditampilkan dalam Vagabond dan membuat kamu berpikir keras saat menontonnya. Lokasi yang digunakan dalam drama ini tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di Maroko dan Portugal. Hal ini membuat Vagabond semakin menarik untuk ditonton.

7. Voice 1, 2 dan 3

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. OCN

Buat kamu pecinta drama Korea bertema detektif pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Voice adalah salah satu drama misteri paling populer dengan cerita yang mencekam. Drama ini menceritakan tentang kepala tim panggilan darurat 112 bernama Kang Kwon Joo yang memiliki kemampuan khusus. Dia bisa mendengar suara-suara yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia biasa.

Kasus-kasus yang terdapat dalam ketiga season Voice tidak membosankan dan membuat penonton penasaran karena pengambilan kasusnya berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini.

8. Signal

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak Terdugahancinema.net

Hal utama yang membuat Signal menarik adalah kasus-kasus dalam ceritanya yang terinspirasi dari kejahatan yang pernah terjadi di Korea Selatan. Signal bercerita tentang seorang detektif bernama Park Hae Young yang menemukan sebuah tas dari 15 tahun yang lalu.

Cerita bermula ketika seorang petugas polisi bernama Park Hae Young secara tidak sengaja menemukan walkie-talkie tua yang ternyata milik seorang polisi senior bernama Lee Jae Han. Kemudian Park Hae Young mulai percaya bahwa dia dan Lee Jae Han dapat berkomunikasi melalui ruang dan waktu melalui walkie-talkie lama ini. Bersama-sama, mereka berdua berusaha memecahkan kasus-kasus yang rumit.

9. Tunnel

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. OCN

Mirip dengan Life on Mars, Tunnel juga mengisahkan tentang seorang detektif yang mengalami perjalanan waktu. Namun pada Tunnel, detektif ini terlempar ke masa depan hingga tahun 2016 saat mengejar seorang pembunuh berantai pada 1986 melalui sebuah terowongan.

Untuk kembali ke masa lalu, detektif bernama Kwang Ho harus melalui terowongan tua yang sama yang ada di masa lalu dengan cara yang sama pula.

10. Mad Dog

10 KDrama Terbaik Bertema Detektif, Banyak Plot Twist Tak TerdugaDok. KBS2

Drama Korea yang menegangkan ini mengisahkan tentang tim investigasi yang dibentuk oleh mantan perwira polisi dan seorang hacker. Kecelakaan pesawat yang menewaskan istri dan anak mantan polisi bernama Choi Kang Woo adalah awal dari semuanya.

Suatu ketika, Kang Woo bertemu dengan Kim Min Joon yang ternyata adalah saudara laki-laki salah satu korban kecelakaan pesawat. Dari sana, Choi Kang Woo dan Kim Min Joon memulai aksi bersama untuk menyelesaikan misi tim investigasi Mad Dog dalam mencari kebenaran dari kecelakaan pesawat yang menimpa orang terdekat mereka.

Nah itulah sepuluh KDrama terbaik yang bertemakan detektif. Buat kamu yang bosan dengan KDrama dengan tema yang itu-itu saja, KDrama dengan tema detektif ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu tonton, happy watching.

Baca Juga: Suka Serial Drama Misteri? Yuk, Tonton 5 KDrama Tema Detektif Ini

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya