Comscore Tracker

7 Film Terbaik Karya Roland Emmerich, Sutradara Film Moonfall

Ada yang sudah pernah kamu tonton?

Karya terbaru Roland Emmerich berjudul Moonfall merupakan salah satu film yang sangat ditunggu penayangannya pada awal tahun ini. Rilis Februari lalu, film ini menghabiskan budget hingga 150 juta dolar atau sekitar Rp2,1 triliun. Namun, film ini justru gagal di box office, karena hanya meraup pendapatan 40 juta dolar, setara dengan Rp573,5 miliar. 

Moonfall merupakan salah satu kegagalan Roland Emmerich, namun dalam sejarahnya sebagai seorang sutradara film, ia pernah melahirkan film-film terbaik di Box Office dengan pendapatan yang luar biasa. Berikut adalah 7 film terbaik karya Roland Emmerich.

1. The Patriot

https://www.youtube.com/embed/R_C_dPHEWN0

Roland Emmerich merupakan sutradara yang dikenal lewat film bertemakan bencana alam dan juga fiksi ilmiah. Namun, film terbaiknya bukan berasal dari dua genre tersebut. Film The Patriot yang bercerita tentang perang revolusi Amerika Serikat merupakan film terbaiknya hingga saat ini.

Aktor kawakan Mel Gibson berperan sebagai Benjamin Martin, seorang pria yang memutuskan untuk meninggalkan hidupnya dan kembali berperang ketika salah satu putranya terbunuh. Tak hanya Mel Gibson, film ini juga dihiasi oleh nama-nama tenar lainnya, Heath Ledger, Jason Isaacs, dan Joely Richardson.

Film ini akan membuat kamu bersimpati pada karakter Benjamin, karena kehilangan anak bukan perkara yang mudah. The Patriot masuk dalam tiga kategori pada ajang Oscar yakni Best Cinematography, Best Original Score, dan Best Sound, walaupun tak meraih satupun dari ketiganya.

2. Stargate

https://www.youtube.com/embed/qMLyCQq6Gvc

Tidak banyak sutradara yang mampu membuat sebuah film menjadi sebuah franchise sukses, tapi Roland Emmerich berhasil melakukannya dalam film Stargate. Film fiksi ilmiah yang rilis pada tahun 1994 ini berfokus pada Daniel Jackson dan Kolonel O'Neill yang melakukan perjalanan ke dunia lain setelah mereka melalui portal yang misterius.

Karena kesuksesannya, film ini dijadikan sebuah serial TV berjudul Stargate SG-1 yang tayang pada tahun 1997 hingga 2007. Sama seperti filmnya, serial ini masih diarahkan Roland Emmerich dan menuai sukses besar.

3. Independence Day

https://www.youtube.com/embed/B1E7h3SeMDk

Konsep film bertemakan alien sangat mudah ditebak. Sekelompok alien turun ke Bumi dengan niatan untuk melakukan invasi dan menguasai Bumi. Konsep semacam ini juga digunakan dalam film sci-fi  berjudul Independence Day. Di mana sekelompok Alien berencana untuk menghancurkan kota-kota besar dan membunuh banyak orang.

Untungnya, beberapa orang pemberani memutuskan untuk melawan mereka, termasuk Kapten Steven Hiller yang diperankan oeh Will Smith. Film ini mendapat sekuelnya pada tahun 2016 berjudul Independence Day: Resurgence, tetapi film ini tak sesukse film pertamanya.

Baca Juga: Gak Cuma Will Smith, 5 Seleb Ini Juga Dilarang Hadiri Oscar

4. Anonymous

https://www.youtube.com/embed/uBmnkk0QW3Q

William Shakespeare adalah salah satu penulis paling legendaris sepanjang masa. Sampai hari ini, ada teori tentang siapa Shakespeare sebenarnya. Film Anonymous mencoba menceritakan salah satu teori tentang Shakespeare bahwa ia adalah Edward De Vere, Earl of Oxford ke-17.

Secara visual, film ini sangat menajubkan dengan karakter di dalamnya menggunakan kostum pada era Ratu Elizabeth. Film ini dibintangi oleh aktor Inggris terkenal, seperti Vanessa Redgrave, David Thewlis, dan Rhys Ifans. 

5. Midway

https://www.youtube.com/embed/Z_7eN5iloyk

Selama berkarir sebagai sutradara, Roland Emmerich suka beralih antara genre film fiksi ilmiah dan sejarah. Cerita yang terjadi selama Perang Dunia II masih relevan hingga saat ini, dan itu juga yang menjadi inspirasi bagi Roland Emmerich dalam film Midway.

Film ini berfokus pada bagan penting dari sejarah Perang Dunia II yang mengubah keadaan dan menunjukkan bahwa sekutu bisa menang. Dalam film ini, Roland Emmerich bekerja dengan pemeran berbakat termasuk Patrick Wilson, Woody Harrelson, dan Luke Evans.

6. The Day After Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/HUBDFoMNXzA

Pemanasan global adalah ancaman nyata bagi Bumi yang banyak dibicarakan masyrakat dan menjadi fokus para ilmuwan saat ini. Tapi, filmThe Day After Tomorrow menyajikan skenario yang berlawanan dan menunjukkan apa yang akan terjadi jika tercipta zaman es.

Dennis Quaid yang berperan sebagai Jack Hall sedang mencari putranya Sam Hall (diperankan oleh Jake Gyllenhaal) di New York yang sudah menjadi hamparan es.

Film ini memiliki efek khusus yang mengesankan dan sangat menarik untuk menyaksikan transformasi Bumi. Para aktor memberikan penampilan yang luar biasa dan selain adegan aksi yang spektakuler, The Day After Tomorrow juga membuat penonton berpikir.

Baca Juga: 9 Aktor Hollywood yang Bintangi Film Ambulance, Ada Jake Gyllenhaal

7. White House Down

https://www.youtube.com/embed/WfaTlmYvTA8

Roland Emmerich sering memasukkan karakter presiden Amerika Serikta dalam film-filmnya. Dalam film White House Down, Presiden Sawyer yang diperankan oleh aktor Jamie Foxx memainkan salah satu peran utama. Selain itu, ada juga pengawal Presiden bernama John Cale yang diperankan oleh Channing Tatum.

John Cale harus melindungi Presiden ketika sekelompok orang bersenjata menyerbu White House. Film ini berhasil menggabungkan aksi dan humor, sehingga membuat penonton terhibur dari awal hingga akhir. 

Nah, di atas merupakan film-film terbaik karya sutradara Roland Emmerich. Identik dengan aksi, fiksi ilmiah, alien dan bencana alam, film karya Roland Emmerich sangat mudah dikenali. Film mana nih, yang sudah pernah kamu tonton?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya