Comscore Tracker

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat Ngabuburit

Sajikan jalan cerita yang bernuansa hukum #WaktunyaKorea

Kamu mungkin bosan dengan KDrama yang bertemakan tentang cinta atau romance dengan jalan cerita yang itu-itu saja dan minim konflik. Nah, jika ya, kamu termasuk salah satunya, kenapa tidak mencari KDrama yang hadir dengan tema berbeda?

Misalnya adalah KDrama yang berkaitan dengan kasus hukum atau lebih dikenal dengan nama legal. Jadi, legal adalah salah satu genre dalam film dan televisi yang berfokus pada narasi mengenai praktek hukum dan sistem peradilan.

Dengan konflik, intrik serta penuh dengan teka-teki, dijamin deh KDrama seperti ini tak bakal membuat kamu bosan dan kamu akan merasa penasaran tiap episodenya. Terdengar menarik bukan? Berikut tiga belas KDrama terbaik bertemakan legal yang bisa jadi teman ngabuburit kamu.

1. Suits

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitSuits (dok. KBS2)

Choi Kang Seok (Jang Dong Gun) adalah pengacara terbaik di Firma Hukum Kang & Ham yang bergengsi. Dia dipromosikan menjadi mitra senior. Go Yeon Woo (Park Hyung Sik) memiliki ingatan yang baik dan keterampilan pemahaman yang sangat baik.

Dia bercita-cita menjadi seorang pengacara, namun karena latar belakangnya yang buruk dia saat ini bekerja sebagai pelayan parkir. Untuk membayar tagihan rumah sakit neneknya, dia bekerja mengantarkan obat-obatan ke kamar hotel.

Saat berada di depan kamar hotel, Go Yeon Woo menyadari bahwa dia dijebak. Go Yeon Woo kemudian dikejar oleh polisi, tapi dia malah masuk ke kantor sekretaris Pengacara Choi Kang Seok. Saat itu, sekelompok orang sedang menunggu untuk wawancara dengan Choi Kang Seok. Go Yeon Woo kemudian diterima di kantor Choi Kang Seok. Choi Kang Seok terkesan dengan kecerdasan dan ingatan Go Yeon Woo.

Choi Kang Seok memutuskan untuk mempekerjakan Go Yeon Woo sebagai pengacara pemula meskipun dia tidak memiliki izin praktik hukum. Keputusan Choi Kang Seok bahkan dapat membahayakan kariernya sendiri. Suits merupakan serial adaptasi drama asal Amerika Serikat berjudul sama yang tayang pada 2011 silam.

2. My Lawyer, Mr Jo season 1 dan 2

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitMy Lawyer, Mr. Jo (dok. KBS2)

My Lawyer, Mr Jo merupakan adaptasi dari webtoon karya Haechoolring berjudul Dongnebyunhosa Jodeulho. Bercerita tentang Jo Deul Ho (Park Shin Yang) tumbuh di panti asuhan, tetapi sekarang menjadi seorang jaksa penuntut. Istrinya, Jang Hae Kyung (Park Sol Mi) adalah seorang pengacara dan putri dari seorang CEO firma hukum.

Kehidupan Jo Deul Ho berubah drastis setelah dia memutuskan untuk menuntut CEO Jung (Jung Won Joong). Jo Deul Ho mengetahui bahwa teman masa kecilnya dari panti asuhan ditetapkan sebagai orang yang dihukum dalam kasus pembakaran yang disebabkan oleh putra CEO Jung.

Saat menuntut CEO Jung, Jo Deul Ho dijebak oleh orang di sekitarnya dan didakwa menerima suap dari terdakwa. Kariernya berakhir. Tiga tahun kemudian, Jo Deul Ho menjadi tunawisma dan tinggal di jalanan. Dia kebetulan bertemu Lee Eun Zo (Kang So Ra) yang salah mengira dia pencopet.

Lee Eun Zo adalah pengacara dan bekerja untuk firma hukum yang dijalankan oleh mantan ayah mertua Jo Deul Ho. Di hadapannya, teman masa kecilnya itu tertabrak truk dan meninggal. Setelah pemakamannya, Jo Deul Ho mengetahui bahwa polisi telah menangkap tersangka baru dalam kasus pembakaran. Jo Deul Ho memulai karier barunya sebagai seorang pengacara.

3. I Can Hear Your Voice

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitI Can Hear Your Voice (dok. SBS)

Setelah mengatasi kemiskinan dan masa kecil yang sulit, Jang Hye Sung (Lee Bo Young) menjadi seorang pengacara. Hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan Park Soo Ha (Lee Jong Suk), seorang siswa SMA dengan kemampuan supernatural untuk membaca pikiran orang lain. Soo Ha memperoleh kemampuan membaca pikiran saat menyaksikan ayahnya dibunuh sepuluh tahun lalu.

Kematian ayahnya awalnya dianggap sebagai kecelakaan mobil sampai Hye Sung memberikan kesaksian yang tegas di pengadilan meskipun ia menerima ancaman pembunuhan.

Saat Hye Sung bekerja dengan Soo Ha dan seorang polisi yang berubah menjadi pengacara, Gwan Woo (Yoon Sang Hyun), tim yang tidak biasa ini menggunakan metode yang tidak biasa untuk menyelesaikan kasus mereka.

4. Whisper

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitWhisper (dok. SBS)

Shin Young Joo (Lee Bo Young) adalah polisi perempuan karismatik yang bersemangat dalam kariernya. Dengan keluarganya yang menghadapi kesulitan keuangan, dia harus menjalani penderitaan dan membayar hutang keluarganya.

Lee Dong Joon (Lee Sang Yoon) adalah hakim elit yang berbudi luhur, berpikiran cemerlang dan memiliki kemauan untuk menolong orang-orang yang membutuhkannya.

Keduanya bergabung dalam sebuah aliansi untuk mengungkap kasus korupsi industri pertahanan di Taebaek, firma hukum terbesar di Korea Selatan, yang ternyata menjadi salah satu skandal korupsi terbesar yang pernah ada.

Baca Juga: Tangguh Abis, 10 Potret Aktris yang Lakoni Karakter Reporter di KDrama

5. Innocent Defendant

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitInnocent Defendant (dok. SBS)

Park Jung Woo (Ji Sung) adalah seorang jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Suatu hari, dia bangun dan mendapati dirinya berada ditahanan kantor polisi. Dia mengalami amnesia sementara.

Park Jung Woo dituduh dan dijatuhi hukuman mati. Dia harus berjuang untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah dan membersihkan nama baiknya sebagai seorang jaksa.

6. A New Leaf

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitA New Leaf (dok. MBC)

Kim Seok Joo adalah pengacara korporat yang cekatan, sukses, sikapnya sangat dingin dan tidak berperasaan. Tapi setelah dia mengalami kecelakaan, Seok Joo didiagnosis menderita amnesia. Hilangnya ingatan memotivasi Seok Joo untuk menemukan siapa dia sebenarnya dan membuka lembaran yang baru.

Saat mencoba memulihkan ingatan dan identitasnya, ia yang di masa lalu tak memiliki sikap peduli pada orang lain, kini memandang masyarakat dari sudut pandang yang berbeda. Tapi perubahan kepribadian ini membuat Seok Joo berselisih paham dengan firma hukum tempat ia bekerja dan Seok Joo kini melawan rekan-rekannya saat dia melakukan pembelaan terhadap penyakit sosial.

7. Ms. Hammurabi

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitMs. Hammurabi (dok. JTBC)

Park Cha Oh Reum adalah hakim baru yang ditugaskan di Departemen Urusan Sipil di Distrik Pusat Seoul. Dia selalu mencari ketidakadilan dan mampu berempati secara mendalam dengan orang lain.

Dibandingkan dengannya, Im Ba Reun adalah pria berkepala dingin yang memiliki prinsip pengadilan yang berimbang untuk semua orang dan dia tidak senang dengan hakim junior Park Cha Oh Reum yang terlalu simpatik dalam menangani sebuah kasus.

Baca Juga: 5 KDrama yang Bisa Bantu Hilangin Lesu saat Berpuasa, Bikin Semangat!

8. Suspicious Partner

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitSuspicious Partner (dok. SBS)

Eung Bong Hee (Nam Ji Hyun) adalah jaksa magang di Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Suatu hari, di kereta bawah tanah, dia salah mengira Noh Ji Wook (Ji Chang Wook) sebagai pelaku pelechan. Ji Wook adalah seorang jaksa penuntut.

Tiga bulan kemudian, Bong Hee ditugaskan untuk bekerja di kantor Ji Wook. Dalam masa ini, Bong Hee bertemu dengan mantan pacarnya dan memintanya untuk mengambil barang-barangnya dari apartemennya. Malamnya, Bong Hee pergi ke toko terdekat dan ketika dia kembali ke apartemennya, dia menemukan Jang Hee Jon alias mantan pacarnya telah tewas.

Bong Hee ditangkap atas pembunuhan dan Ji Wook menjadi jaksa penuntut dalam kasus tersebut. Ji Wook menemukan bukti bahwa Bong Hee tidak bersalah dan membebaskannya. Karena kejadian ini, Ji Wook berhenti sebagai jaksa dan menjadi pengacara.

Dua tahun kemudian, Bong Hee dan Ji Wook bertemu lagi, tetapi dalam kubu yang berseberangan. Bong Hee mewakili penggugat dan Ji Wook mewakili tergugat dalam sebuah kasus.

9. Witch at Court

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitWitch at Court (Dok. KBS2)

Ma Yi Deum (Jung Ryeo Won) telah bekerja sebagai jaksa selama 7 tahun. Ia adalah seorang jaksa yang materialistis dan tidak ragu untuk menggunakan serangan fisik, memalsukan butki dan menghasut untuk memberikan kesaskian palsu agar memenangkan kasus yang ia tangani. Suatu hari, Ma Yi Deum dipindahkan ke divisi khusus yang menangani kejahatan seks.

Di sana ia bertemu dengan Yeo Jin Wook (Yoon Hyun Min), seorang jaksa pemula yang juga bergabung dengan gugus tugas dan bersama-sama mereka memecahkan kasus kejahatan seksual yang mengerikan.

10. Lawless Lawyer

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitLawless Lawyer (Dok tvN)

Bong Sang Pil adalah pengacara terbaik dengan presentasi memenangkan kasus tertinggi di Korea Selatan. Bong Sang Pil akan melakukan apa saja untuk kemenangannya. Ketika Bong Sang Pil (Lee Joon Gi) masih kecil, dia tinggal bersama ibunya di Gisung.

Ibunya bekerja sebagai pengacara dan dia menangani kasus yang melibatkan Hakim Cha Moo Sook (Lee Hye Young). Hakim Cha Moon Sook adalah orang yang paling dihormati di kota.

Suatu malam, Bong Sang Pil menyaksikan ibunya dibunuh oleh bawahan Hakim Cha Moon Sook. Ia pergi dari Gisung dan tinggal bersama paman bos gengnya, Choi Dae Woong (Ahn Nae Sang).

Selang 18 tahun kemudian, ia melihat berita di TV bahwa seorang detektif ditangkap karena membunuh walikota Gisung. Detektif itu memegang kunci kasus pembunuhan ibu Bong Sang Pil. Bong Sang Pil kembali ke Gisung untuk pertama kalinya dan membuka kantor hukum di sana.

Sementara itu, Ha Jae Yi (Seo Yea Ji) adalah seorang pengacara. Dia memukuli hakim di pengadilan dan lisensi hukumnya ditangguhkan. Ha Jae Yi kembali ke kampung halamannya di Gisung.

Di sana, Bong Sang Pil mendekati Ha Jae Yi dan menyuruhnya bekerja di kantor hukumnya. Bong Sang Pil menyimpan rahasia terkait kematian ibu Ha Jae Yi.

11. Hyena

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitHyena (dok. SBS)

Hyena bercerita mengenai seorang pengacara swasta yang sangat kompetitif yang hanya bekerja untuk 1 persen masyarakat terkaya. Pengacara Jung Geum Ja melintasi batas-batas hukum dan pelanggaran hukum, keadilan dan ketidakadilan, etika dan korupsi. Dia adalah hyena sejati yang mengejar kesuksesan dan uang. Dipersenjatai dengan naluri bertahan hidup terkuat, dia bertahan melalui itu semua.

Yoon Hee Jae adalah pengacara elit yang sukses. Percaya diri dengan kemampuannya, dia memiliki pikiran cemerlang yang membungkus egonya. Menggunakan keahliannya untuk mendukung yang tertinggi di negeri ini, dia ahli dalam mengarahkan hukum untuk memenuhi kebutuhan mereka.

12. Pride and Prejudice

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitPride and Prejudice (dok. MBC)

Lima tahun lalu, Yeol Moo (Baek Jin Hee) melompat ke dalam mobil Jaksa Dong Chi (Choi Jin Hyuk). Dong-Chi jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Dia memintanya untuk bertemu dengannya sepuluh kali dan kemudian memutuskan apakah dia ingin melanjutkan hubungan mereka. Pada pertemuan ke-10, Yeol Moo menemukan beberapa kertas di ranselnya dan pergi tanpa mengatakan apapun kepada Dong Chi.

Sekarang, Yeol Moo mulai bekerja sebagai jaksa trainee dan bertemu Dong Chi di depan kantornya. Dia ditugaskan ke tim tempat Jaksa Dong Chi bekerja. Yeol Moo sangat antusias dengan pekerjaannya. Dong Chi, masih menyimpan perasaan padanya, mencoba membantunya menjadi jaksa terbaik, tapi Yeol Moo menyimpan sebuah rahasia.

13. Diary of a Prosecutor

13 KDrama Terbaik Bertema Legal yang Cocok Kamu Tonton saat NgabuburitDiary of a Prosecutor (dok. JTBC)

Diary of a Prosecutor menggambarkan kehidupan sehari-hari para jaksa yang bekerja seperti pegawai kantoran.

Lee Sun Woong (Lee Sun Kyun) bekerja sebagai jaksa di kantor distrik di Jinyoung. Dia tampak santai dan tampaknya tidak memiliki keinginan untuk sukses. Cha Myung Joo (Jung Ryeo Won) adalah jaksa penuntut elit di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat di Seoul. Suatu hari, dia tiba-tiba ia dipindahkan ke kantor kejaksaan umum distrik di Jinyoung.

Nah, itulah tiga belas KDrama terbaik bertemakan legal yang bisa jadi teman ngabuburit kamu. Kamu mau nonton KDrama yang mana nih?

Baca Juga: 11 Male Lead yang Kepincut Pesona Dokter Cewek di KDrama, Ada Tentara

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya