Comscore Tracker

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua Dunia

Menembus batas ruang dan waktu #WaktunyaKorea

Dua dunia atau lebih dikenal dengan nama dunia paralel merupakan sebuah dunia yang berjalan sejajar atau beriringan dengan dunia realita. Selain kehidupan yang kita kenal saat ini, ada satu atau bahkan lebih kehidupan lain yang juga berjalan secara bersamaan dalam dunia paralel. Konsep semacam ini sering diangkat dalam film Hollywood seperti The Dark Tower dan Spider-Man: Into the Spider-Verse.

Ternyata konsep dua dunia semacam ini juga diterapkan dalam pembuatan drama Korea atau KDrama. Berikut empat belas KDrama yang hadir dengan konsep dua dunia alias dunia paralel.

1. W: Two Worlds Apart

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaW: Two Worlds Apart (Dok. MBC)

Sesuai judulnya, KDrama yang satu ini menggambarkan dua dunia yang jadi satu. Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo) merupakan seorang ahli bedah di dunia nyata yang ditarik ke dunia webtoon yang dibuat oleh ayahnya, di mana dia jatuh cinta dengan protagonis dalam dunia tersebut yakni Kang Chul (Lee Jong Suk), yang keluar dunia webtoon untuk menemukan siapa yang membunuh keluarganya.

Dengan visual yang mencolok dan plot yang berkelok-kelok, kamu akan terpikat di setiap episodenya.

2. The King: Eternal Monarch

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaThe King: Eternal Monarch (Dok. SBS)

Pada tahun 1994, Kerajaan Corea mengalami pergolakan. Sang Raja (Kwon Yool) dibunuh oleh saudaranya, Lee Lim (Lee Jung Jin) dan putra Raja Lee Gon (Jeong Hyun Jun) ditikam di leher, tetapi dia bisa bertahan. Lee Lim berusaha untuk memiliki Manpasikjeok, yang merupakan seruling legendaris dan memiliki kekuatan supernatural.

Setelah sosok misterius muncul dengan pistol, Lee Lim menyelinap pergi dengan membawa setengah dari seruling yang rusak. Lee Gon memegang lencana polisi yang dia ambil dari sosok misterius itu. Keesokan harinya, Lee Goon ditunjuk sebagai penguasa Kerajaan Corea berikutnya.

Pada 25 tahun kemudian, pada musim gugur 2019, Raja Lee Gon (Lee Min Ho) memerintah Kerajaan Corea sebagai pemimpin yang baik hati. Dia masih dihantui dengan apa yang terjadi ketika dia masih kecil dan misteri di balik lencana polisi yang ditinggalkan oleh penyelamatnya.

Musim gugur 2019, di Republik Korea, Jeong Tae Eul (Kim Go Eun) adalah seorang detektif di Divisi Kejahatan Kekerasan di Kantor Polisi Seoul Jongo. Dia sedang menyamar untuk menghapus perjudian online ilegal.

Sementara itu, di Kerajaan Corea, Raja Lee Gon mengejar seseorang yang berpakaian seperti aneh. Raja Lee Gon memiliki perasaan bahwa orang yang berpakaian seperti kelinci mungkin adalah penyelamat misteriusnya dari 25 tahun sebelumnya.

Raja Lee Gon menaiki kudanya Maximus dan memasuki hutan. Segera, dia menyeberang dari Kerajaan Corea ke dunia paralel Republik Korea. Raja Lee Gon akhirnya bertemu dengan Detektif Jeong Tae Eul, nama yang sama dengan nama yang ada di lencana yang Raja Lee Gon punya.

3. Goblin

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaGoblin (Dok tvN)

Di zaman kuno, Kim Shin (Gong Yoo) adalah jenderal yang tidak terkalahkan dalam perang, tetapi Raja muda (Kim Min Jae) cemburu pada Kim Shin dan membunuhnya. Kim Shin menjadi Dokkaebi atau Goblin dan memiliki kehidupan yang abadi. Awalnya dia berpikir bahwa dia diberkati, tetapi dia menyadari bahwa dia dikutuk.

Kim Shin telah menunggu 900 tahun untuk pengantin manusia dan mengakhiri kehidupan abadi. Suatu malam, dia menyelamatkan seorang wanita hamil yang sekarat (Park Hee Von) yang ditakdirkan untuk mati. Sementara itu, Grim Reaper (Lee Dong Wook) tidak dapat menemukan wanita hamil yang meninggal itu. Wanita itu melahirkan seorang bayi perempuan bernama Ji Eun Tak.

Sembilan tahun kemudian, Ji Eun Tak tinggal bersama ibunya dan dapat melihat hantu. Suatu malam, ibunya tiba-tiba meninggal. Pada malam itu, dia bertemu Grim Reaper.

Ji Eun Tak adalah seorang siswi sekolah menengah. Dia masih melihat hantu dan mendengar bisikan mereka tentang pengantin Dokkaebi. Dia sekarang tinggal bersama keluarga bibinya, tetapi dia diperlakukan dengan buruk oleh mereka. Di hari ulang tahunnya, Ji Eun Tak duduk di tepi laut dengan kue ulang tahun yang menyala.

Saat itu, Kim Shin tiba-tiba muncul di hadapannya. Kim Shin tidak tahu mengapa, tapi dia bisa mendengar suara Eun Tak dan muncul di hadapannya walaupun bertentangan dengan keinginannya. Secara kebetulan, Kim Shin tinggal bersama Grim Reaper di rumah yang sama. Suatu hari, Ji Eun Tak memberitahunya bahwa dia adalah Dokkaebi dan dia adalah istrinya.

4. Chicago Typewriter

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaChicago Typewriter (Dok tvN)

Jika kamu menyukai alur cerita tentang reinkarnasi, KDrama ini tepat untuk kamu. Tiga teman yang hidup sebagai penulis pada tahun 1930-an di Korea yang diduduki Jepang bereinkarnasi di zaman modern, satu adalah penulis terlaris (Yoo Ah In), yang lain menjadi penulis bayangannya yang misterius (Go Kyung Pyo) dan satu lagi adalah seorang aktivis revolusioner yang menjadi penggemar berat penulis buku terlaris (Im Soo Jung).

Baca Juga: 5 KDrama Besutan tvN yang Pernah Diterpa Skandal, Penasaran Apa Aja?

5. Circle: Two Worlds Connected

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaCircle (Dok tvN)

KDrama sci-fi ini berlatar di dua masa Korea Selatan, satu set pada tahun 2017, yang lain pada tahun 2037. Di masa depan Korea Selatan, masa depan orang bergantung pada mereka yang bisa mengendalikan emosi mereka.

Sementara itu pada tahun 2017, putra kembar (Yeo Jin Goo, An Woo Yeon) dari seorang ahli saraf sedang berburu alien humanoid (Gong Seung Yeon) yang sedang diujicobakan oleh ayah mereka, setelah serangkaian kasus bunuh diri di universitas mereka. Tapi apakah itu bunuh diri atau pembunuhan?

6. Extraordinary You

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaExtraordinary You (Dok. MBC)

Eun Dan O (Kim Hye Yoon) adalah seorang siswi di sekolah menengah bergengsi. Keluarganya kaya, tapi Eun Dan O mengidap penyakit jantung. Tunangannya Baek Kyung (Lee Jae Wook) bersekolah di sekolah yang sama. Tiba-tiba, Eun Dan O kehilangan ingatan jangka pendek dan dia bisa melihat apa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Dia bingung dengan gejalanya.

Kemudian, Jinmiche dari kantin sekolah, memberi tahu Eun Dan O bahwa dia adalah karakter dalam komik Secret. Eun Dan O mengetahui bahwa karakternya bahkan bukan karakter utama, melainkan ekstra dan dia tidak punya banyak waktu untuk hidup. Eun Dan O tertegun, tapi dia memutuskan dia ingin menemukan cinta pertamanya yang sebenarnya dan bukan seseorang yang ditulis oleh penulis komik.

Suatu hari, dia jatuh dari tangga sekolah. Dia merasakan punggungnya menyentuh punggung siswa lain, di antara sekelompok siswa laki-laki. Jantungnya tiba-tiba mulai berdebar-debar. Eun Dan O ingin menemukan siswa laki-laki yang membuat hatinya berdebar-debar.

Dia akhirnya menemukan siswa tersebut (Ro Woon) dan dia adalah teman sekelasnya. Dia adalah karakter yang tidak memiliki nama dalam komik Secret. Mereka mendekat dan Eun Dan O menamainya Ha Roo.

7. My Love From the Star

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaMy Love From the Star (Dok. SBS)

Do Min Joon adalah alien yang mendarat di Bumi 400 tahun yang lalu selama periode Dinasti Joseon. Do Min Joon memiliki penampilan yang hampir sempurna dan kemampuan fisik diatas manusia normal dalam hal penglihatan, pendengaran dan kecepatannya.

Do Min Joon memiliki pandangan sinis terhadap manusia, tetapi dia jatuh cinta dengan aktris Cheon Song Yi.

8. Splash Splash Love

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaSplash Splash Love (Dok. MBC)

Dan Bi (Kim Seul Gi) adalah seorang siswa sekolah menengah atas. Dia memiliki kemampuan khusus yang memungkinkannya untuk bepergian ke mana saja di hari hujan. Saat ujian masuk universitasnya, Dan Bi tidak bisa mengatasi tekanan dan ia lari ke taman bermain.

Tanpa mengetahui alasannya, Dan Bi masuk ke genangan air dan mendapati dirinya sedang berada pada periode Joseon. Di sana, dia bertemu Lee Do (Yoon Doo Joon). Lee Do adalah Raja muda periode Joseon. Lee Do berada dalam situasi sulit karena kekeringan dan penyebaran wabah penyakit.

9. Signal

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaSignal (Dok tvN)

Lee Je Hoon, Kim Hye Soo dan Jo Jin Woong masing-masing berperan sebagai Park Hae Young, seorang profiler kriminal, Cha Soo Hyun, seorang detektif dan Lee Jae Han, seorang petugas polisi. Hae Young menemukan walkie talkie yang memungkinkannya berkomunikasi dengan Jae Han yang menjangkau masa lalu.

Bersama-sama, mereka mencoba menyelesaikan sebanyak mungkin kasus, masing-masing dengan waktu mereka sendiri, tetapi tindakan yang mereka lakukan melahirkan konsekuensi yang tidak terduga.

Baca Juga: IU dan 11 Tokoh Perempuan Paling Tangguh di Drama Korea Horor

10. Hit the Top

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaHit the Top (Dok. KBS2)

Pada tahun 1993, Hyun Jae (Yoon Si Yoon) adalah anggota grup idol populer Jay-2. Dia disukai karena suaranya, keterampilan menari dan fashionnya. Gwang Jae (Cha Tae Hyun) adalah manajer Hyun Jae dan penyanyi populer Bo Hee (Yoon Son Ha) adalah pacarnya. Suatu hari, Hyun Jae tiba-tiba menghilang.

Pada 2017, Gwang Jae menjalankan perusahaan hiburan kecil. Putranya adalah Ji Hoon (Kim Min Jae), tapi Ji Hoon bukanlah anak kandungnya. Orang tua asli Ji Hoon adalah Bo Hee dan Hyun Jae. Setelah Hyun Jae menghilang pada tahun 1993, Bo Hee mengetahui bahwa dia hamil. Gwang Jae memiliki perasaan terhadap Bo Hee dan memutuskan untuk mendaftarkan Ji Hoon di daftar keluarganya.

Sekarang, Ji Hoon berusia 23 tahun. Gwang Jae ingin dia bekerja di bidang pegawai negeri, tetapi Ji Hoon ingin menjadi seorang idola. Ji Hoon berpura-pura belajar untuk ujian pegawai negeri, tetapi dia sebenarnya menghabiskan waktunya sebagai trainee untuk perusahaan hiburan top Star Punch.

Kembali pada tahun 1993 dan pada hari Hyun Jae menghilang, topan menghantam Korea Selatan. Hyun Jae secara tidak sengaja meluncur menuruni tangga gedung tempat kantor manajemennya berada dan membawanya keluar dari gedung. Dia hampir tertabrak mobil. Mobil tersebut dikendarai oleh Ji Hoon, Woo Seung dan MC Drill (Dong Hyun Bae). Hyun Jae entah bagaimana telah tiba di tahun 2017.

11. Tunnel

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaTunnel (Dok. OCN)

Pada tahun 1986, Detektif Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) berusaha mati-matian untuk menangkap seorang pembunuh berantai. Dia mengejar pembunuh berantai dan melewati terowongan. Di sisi lain terowongan, Detektif Park Gwang Ho menemukan dirinya di tahun 2017.

Pembunuh berantai telah melanjutkan pembunuhan yang dimulai 30 tahun lalu. Detektif Park Gwang Ho bekerjasama dengan Detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan Profesor Psikologi Kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo Young) untuk menangkap si pembunuh.

12. Manhole

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaManhole (Dok. KBS2)

Bong Pil (Kim Jae Joong) telah mempersiapkan diri untuk ujian pegawai negeri selama 3 tahun terakhir, tetapi dia tidak antusias dengan studinya. Dia kecewa karena teman seumur hidupnya Soo Jin (Uee) akan segera menikah.

Bong Pil merasa cintanya pada Soo Jin selama 28 tahun terakhir sia-sia saja. Bong Pil kemudian jatuh ke dalam lubang dan melakukan perjalanan melalui waktu. Dia berjuang untuk mencegah pernikahan Soo Jin yang akan segera terjadi.

13. Angel's Last Mission: Love

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaAngel's Last Mission: Love (Dok. KBS2)

Kim Dan adalah seorang malaikat. Dia juga pembuat onar dan juga seorang yang sangat optimis. Yeon Seo adalah seorang balerina yang tidak percaya pada cinta. Kim Dan kemudian menerima misi. Jika dia berhasil, dia bisa kembali ke Surga. Misinya adalah menemukan cinta sejati untuk Yeon Seo, tetapi Kim Dan segera jatuh cinta padan Yeon Seo.

14. Hotel Del Luna

Tak Cuma Satu Dunia, Ini 14 KDrama yang Menyajikan Konsep Dua DuniaHotel Del Luna (Dok tvN)

Jang Man Wol (IU) adalah CEO Hotel del Luna. Hotel ini terletak di pusat kota di Seoul dan memiliki tampilan yang sangat tua. Man Wol membuat kesalahan besar bertahun-tahun yang lalu dan karena itu dia terjebak di Hotel del Luna.

Koo Chan Sung (Yeo Jin Goo) bekerja sebagai asisten manajer termuda di sebuah perusahaan hotel multinasional. Dia adalah seorang perfeksionis. Karena kasus yang tidak terduga, Chan Sung mulai bekerja sebagai manajer di Hotel del Luna. Pelanggan hotel ini terdiri dari hantu.

Nah, itulah empat belas KDrama yang menghadirkan konsep dua dunia dalam ceritanya. Menurut kamu, apakah dunia seperti yang ada dalam KDrama di atas benar-benar nyata?

Baca Juga: 5 Drama Korea Kurang Populer Ini Ternyata Keren Abis! 

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya