Comscore Tracker

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap Afasia

Mulai dari Emilia Clarke hingga Dick Clark

Pada Rabu (30/03/2022) keluarga Bruce Willis mengumumkan bahwa Bruce Willis telah didiagnosis afasia, sebuah kondisi kesehatan yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi. Afasia bisa disebabkan oleh stroke atau cedera kepala.

Lebih lanjut, putri sulung Bruce Willis, Rumer Willis, mengumumkan pengunduran diri Bruce Willis dari dunia akting karena kondisi tersebut. Menurut National Aphasia Association, afasia mempengaruhi sekitar 180.000 orang di Amerika Serikat. Jadi, penyakit ini merupakan gangguan yang umum terjadi, tak hanya pada Bruce Willis saja. 

Bruce Willis bukan satu-satunya selebriti yang mengidap afasia. Sebelumnya ada beberapa selebriti yang juga pernah mengidap penyakit ini.

1. Emilia Clarke

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap AfasiaEmiliar Clarke dalam serial Game of Thrones (dok. HBO/Game of Thrones)

Emiliar Clarke dilaporkan menderita afasia pada 2011 hingga menyebabkan stroke. Operasi otak dilakukan agar kondisinya kembali pulih. Sekitar dua minggu setelah operasinya, Clarke tidak dapat mengingat namanya sendiri.

Pada The New Yorker, Emilia Clarke menceritakan bagaimana kondisinya, "Bahkan ketika saya menggumamkan omong kosong, ibu saya melakukan kebaikan dengan mengabaikannya dan mencoba meyakinkan saya bahwa saya bisa kembali berbicara."

Namun, Emilia Clarke mampu bangkit kembali dari afasia dan menerima banyak pujian dan penghargaan berkat perannya sebagai Daenerys Targaryen dalam Game of Thrones.

2. Sharon Stone

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap AfasiaSharon Stone (dok. Hello Magazine)

Sharon Stone tidak menderita stroke atau mengalami cedera kepala yang menyebabkan ia menderita afasia. Sharon Stone dilaporkan mengalami aneurisma otak pada 2001. Hingga saat ini, Sharon Stone terkadang masih gagap ketika berbicara, tapi tak pernah ia perlihatkan ketika sesi wawancara.

Ketika ditunjuk sebagai narasumber The Hollywood Reporter, Sharon Stone mengungkapkan bahwa dia harus menghabiskan dua tahun untuk belajar berjalan dan berbicara lagi.

"Saat dinyatakan sembuh dari stroke, saya tidak bisa membaca selama dua tahun. Ini adalah perjalanan yang sulit. Saya mengalami kesulitan untuk berdialog. Saya dapat membicarakannya sekarang karena saya baik-baik saja sekarang. Saya merasa sangat senang bisa berbicara lagi." kata Sharon Stone dalam suatu wawancara.

3. Kirk Douglas

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap AfasiaKirk Douglas (dok. CNN))

Superstar Hollywood terkenal pada masanya dan ayah dari aktor Michael Douglas, mendiang Kirk Douglas, juga pernah menderita afasia. Pada 1996, Kirk Douglas mengalami stroke yang membuatnya mengalami gangguan bicara.

Namun, Kirk Douglas tetap mampu membuat dua film setelah ia divonis stroke. Kirk Douglas mengungkapkan kondisinya dalam sebuah buku yang rilis pada 2002 berjudul My Stroke of Luck yang ditulis olehnya.

Dalam buku tersebut, Kirk Douglas menyatakan bahwa setelah dirinya dinyatakan mengidap stroke, ia syuting dua film dengan gangguan bicara.

Baca Juga: Fakta Afasia, Kondisi yang Bikin Bruce Willis Pensiun dari Akting

4. Randy Travis

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap AfasiaRandy Travis (dok. Country Music Awards)

Penyanyi country terkenal, Randy Travis, menderita stroke pada 2013 yang dilaporkan membuatnya membutuhkan terapi wicara selama lebih dari dua tahun. Pria asal North Carolina ini menderita kondisi afasia sejak saat itu.

Secara mengesankan, Travis masih bisa bernyanyi walau dalam durasi yang tak lama. Sejak menderita stroke dan afasia, Randy Travis mendirikan Randy Travis Foundation yang memberikan bantuan kepada pasien stroke seperti dirinya.

5. Dick Clark

Selain Bruce Willis, 5 Selebriti Ini Pernah Mengidap AfasiaDick Clark (dok. Daily News)

Pembawa acara dan penyiar radio yang menginspirasi ini dikenal sebagai pembawa acara salah satu perayaan New Year's Eve terbesar di Times Square. Setelah memiliki karier yang cemerlang, Dick Clark menderita stroke pada Desember 2004.

Clark kembali menjadi host untuk perayaan New Year's Eve di akhir 2005. Dick Clark mendapat banyak tepuk tangan dari para penyintas stroke lainnya saat itu. Namun, ia juga menerima beberapa kritikan karena beberapa orang tidak dapat memahami pidatonya karena Clark mengidap afasia yang membuatnya sulit berbicara.

Banyak selebriti dunia yang ternyata menderita afasia. Gak mau terpuruk, mereka bisa bangkit dan kembali berkarya seperti sebelumnya. Salut banget, ya!

Baca Juga: 7 Film Terbaik Emilia Clarke yang Wajib Kamu Tonton, Seru dan Berkesan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya