Comscore Tracker

5 Film Setting Zaman Prasejarah yang Punya Cerita Menarik

Cocok buat yang penasaran sama manusia purba

Zaman purba atau disebut dengan zaman prasejarah merupakan suatu masa sebelum manusia mengenal tulisan, yang berkisar antara 3,3 juta tahun yang lalu hingga 5.300 tahun yang lalu. Pada zaman tersebut Bumi masih dihuni oleh manusia purba dan berbagai hewan-hewan mamalia raksasa, dengan bentuk yang unik banget. Namun terdapat juga film-film yang berlatar zaman purba yang pastinya memberikan kita gambaran keadaan pada masa tersebut. 

Buat kamu yang tertarik dengan sejarah kehidupan zaman purba dulu. Pastinya gak boleh ketinggalan melihat beberapa film yang berlatar pada masa tersebut berikut ini. 

1. Ice Age 1-5 (2002-2016)

https://www.youtube.com/embed/Ohq6NmKMja8

Ice Age merupakan seri film yang menghadirkan kisah tentang persahabatan dan petualangan dari sekelompok mamalia purba yang bersetting pada Zaman Es, sekitar 2 juta tahun yang lalu. Film komedi animasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2002, hingga berlanjut ke sequel ke-limanya yang berjudul Ice Age: Collision Course (2016). Film Ice Age selalu menjadi tontonan cocok bagi anak-anak serta keluarga karena menghadirkan kisah lucu dan juga drama menarik di dalamnya. 

2. 10.000 BC (2008)

https://www.youtube.com/embed/kxLKoa6pkxo

Selanjutnya ada nih film berjudul 10.000 BC yang mengisahkan mengenai seorang anggota suku manusia purba pemburu Mammoth, bernama D'Leh dan istrinya Evolet yang tinggal di Pegunungan Ural. Namun suatu ketika Evolet diculik oleh pasukan berkuda dan D'Leh harus mencari dan menyelamatkan istrinya. 

Film produksi dari Warner Bros ini sudah dirilis pada tanggal 7 Maret 2008 di AS, yang disutradarai oleh sutradara asal Jerman, bernama Roland Emmerich. 

3. AO The Last Hunter (2010)

https://www.youtube.com/embed/GjxnclWlFKQ

AO The Last Hunter juga termasuk film yang bersetting pada zaman prasejarah, tepatnya sekitar 30.000 tahun yang lalu. Film asal Perancis ini diadaptasi dari kisah novel berjudul Ao, l'homme ancien karya Marc Klapczynski. Kisah tayangan ini mengenai seorang manusia purba Naendhertal yang mengembara menuju ke selatan setelah, di mana tempat ia berasal, usia seluruh keluarganya dibunuh. 

Film AO The Last Hunter sudah diluncurkan sejak 29 September 2010 dan menggunakan bahasa Perancis dan Inggris sebagai pengantarnya. 

Baca Juga: Ini 7 Hewan Prasejarah yang Menakutkan Selain Dinosaurus, Tahu Semua?

4. The Croods (2013)

https://www.youtube.com/embed/4fVCKy69zUY

Kemudian ada The Croods film animasi yang mengisahkan keluarga manusia purba pada Zaman Pliosen. Kisah film ini mengenai sebuah keluarga manusia purba yang harus berpetualang di dunia luar untuk mencari tempat tinggal baru usai goa mereka hancur, dan tentunya dengan aksi-aksi lucu dari tokohnya. 

Film ini sudah ditayangkan sejak 22 Maret 2013, serta mampu meraih komentar positif dari para penontonnya. Serta mendapatkan keuntungan besar dari penayangannya dan tak kalah ketinggalan mampu masuk dalam nominasi ajang Academy Awards dan Golden Globe. Kabar baiknya akan diluncurkan sequel The Croods pada Desember 2020 mendatang. 

5. Alpha (2018)

https://www.youtube.com/embed/uIxnTi4GmCo

Terakhir ada film Alpha yang sudah diluncurkan tanggal 17 Agustus 2018 dan disutradarai oleh Albert Hughes. Film berlatar prasejarah ini melakukan pengambilan gambar di Kanada pada tahun 2016 dan sempat diundur penayangannya beberapa kali. Selain itu juga mendapatkan review positif dari para penonton dan berbagai media. 

Film Alpha bersetting pada masa Upper Paleolitic sekitar 20.000 tahun lalu di Eropa mengenai sebuah suku purba kecil. Kisah film ini tentang seorang anak kepala suku bernama Keda yang terpisah dari kelompoknya hingga akhirnya bersahabat dengan serigala yang sebelumnya akan memangsanya. 

Nah udah tahu kan beberapa film bersetting zaman prasejarah. Kira-kira mana nih udah kamu tonton?

Baca Juga: Sering Dibalut Miskonsepsi, Ini 9 Fakta Tentang Kehidupan Prasejarah

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya