Comscore Tracker

10 Soundtrack Film Animasi Pixar Terbaik

Langsung teringat masa kecil nih!

Pixar adalah studio animasi yang merupakan bagian dari Walt Disney Studios. Mereka selalu menghadirkan film animasi keluarga yang memukau dan imajinatif. Tidak hanya jalan cerita yang keren, film-film mereka semakin keren karena adanya soundtrack film yang sangat mendukung. Beberapa komposer yang kerap menjadi langganan Pixar untuk pembuatan soundtrack adalah Randy Newman dan Michael Giachhino.

Beberapa film Pixar pun kebanyakan sudah pernah ditayangkan di televisi Indonesia dan sering menjadi tontonan favorit semasa kecil. Bisa dipastikan kamu pasti akan familiar dan langsung nostalgia masa kecil bila mendengar kembali soundtrack-soundtrack dalam film Pixar. 

Berikut ini adalah sepuluh soundtrack film animasi Pixar yang keren dan bakal bikin kalian nostalgia masa kecil. 

1. When She Loved Me-Toy Story 2 (1999) 

https://www.youtube.com/embed/QApcQh9_kQw

Soundtrack pertama yang ada di daftar ini adalah When She Loved Me dalam film Toy Story 2. Lagu ini dibuat oleh Randy Newman dan dinyanyikan oleh Sarah McLachlan. Menceritakan kisah Jessi yang mulai dilupakan dan ditinggalkan pemiliknya, soundtrack yang satu ini memiliki lirik dan nada yang sangat menyayat hati.

Banyak penggemar yang ikut merasakan kesedihan yang dirasakan Jessi, bahkan tak sedikit pula yang sampai meneteskan air mata. Apa kamu termasuk salah satunya? 

2. If I Didn't Have You-Monster, Inc. (2001) 

https://www.youtube.com/embed/41ill-Bq5UI

Randy Newman kembali dipercayakan untuk membuat soundtrack animasi Pixar lainnya. Kali ini ia diminta untuk membuat soundtrack film Monster, Inc. Film ini berfokus pada petualangan monster-monster yang mendapatkan energi dari teriakan ketakutan anak-anak kecil. Semula semua berjalan lancar, namun kekacauan muncul ketika seorang anak diam-diam mengikuti seorang mosnter bernama Sullivan ke dunia monster. Bersama teman monsternya, Mike, Sullivan lalu berusaha untuk mengembalikan anak ini tanpa diketahui oleh monster lainnya.

Sama seperti filmnya yang berwarna-warni dan berjalan cerita unik, soundtrack yang dihadirkan pun tak kalah keren. Salah satu soundtrack terbaiknya adalah "If I Didn't Have You" yang dinyanyikan oleh Billy Crystal dan John Goodman. 

3. Beyond the Sea-Finding Nemo (2003)

https://www.youtube.com/embed/43GkQcl2ID0

Memandang birunya laut selalu memberikan nuansa tenang dan santai. Itu pula yang dirasakan kebanyakan penonton tatkala menyaksikan film Finding Nemo. Petualangan ayah Nemo bersama Dory hingga ke lautan lepas dan kawasan manusia terasa semakin seru berkat diiringi oleh banyak soundtrack keren. 

Salah satu soundtrack yang paling memorable adalah "Beyond the Sea" yang dinyanyikan oleh Robin Williams. Lagu ini sebenarnya adalah lagu cinta romantis pop kontemporer yang sudah dirilis pada tahun 1945 silam dengan penyanyi orisinalnya Jack Lawrence. Walaupun begitu, versi Robin Williams-lah yang paling diingat oleh penggemar film animasi. 

4. Life's Incredible Again-The Incredibles (2004)

https://www.youtube.com/embed/vs4DNJxG4v4

Nama Michael Giacchino mulai dikenal penggemar Pixar sejak terlibat dalam pembuatan scoring dan soundtrack film The Incredibles. Film yang mengisahkan keluarga pahlawan super ini tentunya harus memiliki soundtrack yang luar biasa dan Giacchino berhasil membuktikkan bahwa ia bisa membuatnya. 

Karena kepiawaiannya dalam membuat soundtrack, ia pun kembali dipercaya menjadi komposer untuk film sekuelnya yang berjudul The Incredibles 2 (2018) dan beberapa film Pixar lainnya. 

5. Le Festin-Ratatouille (2007)

https://www.youtube.com/embed/-QuVe-hjMs0

Masih ingat kisah si tikus yang bercita-cita menjadi koki dalam film Ratatouille? Film yang satu ini terbilang istimewa karena memiliki jalan cerita yang tak biasa. Apalagi karena kisahnya berlatarkan di Perancis yang indah, membuat penonton semakin jatuh cinta dengan film yang satu ini.

Salah satu soundtrack yang bertajuk "Le Festin" memiliki tempat tersendiri di hati penggemar film Pixar. Soundtrack yang dibuat oleh Michael Giacchino dan dinyanyikan oleh Camille ini terdengar sangat seksi dan membuat penoton seakan-akan sedang berada di Paris. Keren banget!

Baca Juga: 7 Soundtrack The Penthouse, Ada Lagu Billie Eilish-No Time To Die

6. Down to Earth-Wall E (2018)

https://www.youtube.com/embed/6AhasTPWHTI

Walaupun film Wall-E bisa dikatakan cukup sunyi karena minim dialog, nyatanya soundtrack yang dihadirkan pada bagian akhir film jauh berbeda dengan nuansa film. "Down to Earth" adalah soundtrack pada bagian end credit film yang dibuat, diproduseri, dan dinyanyikan oleh musisi rock asal Inggris, Peter Gabriel. 

Lagu ini mendapatkan respon yang cukup baik dengan berhasil memasuki Canadian Singles Chart dan UK Singles Chart. 

7. Married Life-Up (2009)

https://www.youtube.com/embed/2rn-vMbFglI

Bagian pembuka dari film Up sangatlah istimewa dan menjadi salah satu adegan film animasi paling legendaris. Diiringi soundtrack "Married Life" garapan Michael Giacchino, penonton akan tenggelam dalam kisah percintaan antara Carl dan Ellie. Mulai dari adegan di masa awal pernikahan mereka hingga berakhir pada bagian di mana Ellie harus terlebih dahulu meninggalkan Carl karena penyakit yang dideritanya.

Saking bagusnya soundtrack yang satu ini, "Married Life" berhasil membawa pulang Piala Oscar kategori Best Original Score.

8. Touch the Sky-Brave (2012) 

https://www.youtube.com/embed/NvR9YOpDG4A

Merida adalah princess pertama yang dimiliki oleh Studio Pixar. Melalui film Brave, Pixar ingin menampilkan sosok putri yang unik dan berbeda dari putri kerajaan kebanyakan. Merida menyukai kebebasan, ia lebih senang menunggangi kuda untuk mengelilingi hutan sembari menembakkan panah dan sesekali berhenti untuk memanjang tebing. 

"Touch the Sky "adalah pembuka dari kisah film Brave yang diproduseri oleh Alex Mandel dan dinyanyikan oleh Julie Fowlis. Lagu ini cocok banget untuk didengarkan oleh kalian yang sedang membutuhkan motivasi dan semangat. 

9. Remember Me-Coco (2017)

https://www.youtube.com/embed/vgpBt5STusE

Setelah menjalani petualangan menakjubkan di dunia arwah, Miguel bertemu dengan ayah dari neneknya, Mama Coco, yang selama ini identitasnya disembunyikan. Namun, kondisinya sudah sangat parah. Tak lama lagi ia akan menghilang untuk selamanya karena orang-orang sudah melupakan dirinya. 

Miguel lalu menyanyikan lagu "Remember Me". Dalam film diceritakan bahwa lagu ini adalah buatan ayah neneknya yang dulu sering mereka nyanyikan bersama ketika kecil. Berkat kejadian ini, identitas papa dari Mama Coco tidak lagi disembunyikan dan keluarga mereka mulai mengenangnya seperti anggota keluarga yang lain. 

10. You've Got Friend in Me-Toy Story 4 (2019)

https://www.youtube.com/embed/DNZUKm0ApEM

Seri Toy Story adalah franchise animasi Pixar terbaik sekaligus yang paling sukses. Mengisahkan petualangan para mainan ketika tidak berada dalam pengawasan manusia ini digemari oleh banyak kalangan. Tidak hanya anak-anak yang suka, tapi juga ada banyak orang dewasa yang menggemarinya. 

Toy Story 4 yang dirilis tahun lalu membawakan sedikit nostalgia untuk penonton yang sudah mengikuti kisah mereka sejak film pertama. Soundtrack "You've Got Friend in Me" yang dinyanyikan Randy Newman di film pertama, digunakan kembali untuk film keempat dengan tanpa mengubah versi orisinalnya. 

Film animasi rasanya memang tidak akan lengkap bila tidak adanya soundtrack. Selain membuat film semakin berwarna, dengan adanya soundtrack penonton pun akan semakin hanyut ke dalam cerita.

Nah, di antara sepuluh soundtrack ini, manakah yang paling membuat kalian nostalgia?

Baca Juga: 9 Soundtrack Film Studio Ghibli Terbaik, Bikin Perasaan Campur Aduk!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya