Comscore Tracker

7 Anime Movie Terbaik di Era 2000-an, Wajib Tonton

Dominasi film Studio Ghibli #IDNTimesHype 

Seiring waktu berlalu dunia anime semakin berkembang. Semakin banyak anime yang diproduksi dan kualitasnya pun semakin meningkat. Beberapa anime pun digemari tidak hanya oleh penonton Jepang, namun juga di seluruh dunia sebut saja seperti Your Name (2016), A Silent Voice (2016), dan Mirai (2018). 

Jika melihat ke belakang sejenak, ternyata di era tahun 2000-an pun sudah banyak anime bagus yang diproduksi. Satu-dua di antaranya bahkan menjadi legenda dan masih dicintai hingga detik ini. Untuk itu, berikut ini adalah tujuh anime movie terbaik di era 2000-an yang wajib banget untuk ditonton. 

1. Spirited Away

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Tidak hanya termasuk ke dalam anime movie terbaik di era 2000-an, Spirited Away juga masuk ke dalam deretan film animasi terbaik sepanjang masa. Anime ini juga sukses menyabet Piala Oscar dan menjadi film animasi non bahasa Inggris pertama yang melakukannya. 

Spirited Away sendiri menceritakan seorang anak perempuan bernama Chihiro yang terjebak di dunia arwah. Tidak hanya itu, orang tuanya pun telah dikutuk menjadi babi. Agar bisa menyelamatkan dirinya dan orang tuanya, Chihiro pun bekerja di sebuah pemandian air panas miliki penyihir bernama Yubaba. 

Selama di dunia arwah, Chihiro juga bertemu dengan makhluk dan orang-orang baru yang membantunya bertahan di sana. Perlahan, Chihiro pun berubah menjadi sosok yang lebih dewasa dan mandiri. Akankah Chihiro berhasil menyelamatkan dirinya dan keluarganya?

2. 5 Centimeter per Second

https://www.youtube.com/embed/1X95eE2fwuc

Bagaimana jika dua orang yang saling mencintai tidak ditakdirkan untuk bersama? Tentu sangat menyakitkan. Inilah yang coba diangkat dalam film 5 Centimeters per Second arahan Makoto Shinkai. 

Diceritakan Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah teman semasa kecil. Namun, keadaan yang tidak mendukung membuat mereka akhirnya hidup terpisah. Tidak mau kehilangan satu sama lain, Takaki dan Akari pun saling berjanji untuk tetap berhubungan.

Walaupun waktu terus membuat hubungan mereka semakin renggang, keduanya berharap suatu hari dapat bertemu dan membuat kenangan baru. Sayangnya, karena sama-sama hidup dengan setengah hati, tanpa sengaja mereka malah menyakiti diri sendiri dan orang-orang di sekitar. 

3. Summer Wars

https://www.youtube.com/embed/UbmdYasVDDg

Bagi Kenji Koiso, matematika adalah makanan sehari-hari. Remaja yang bekerja sebagai moderator di dunia virtual OZ ini tidak punya banyak teman dan bukan pula remaja populer. Ia lebih fokus belajar dan bekerja. Tentu saja Kenji tidak pernah menyangka bahwa suatu hari kelak ia akan menjadi pahlawan yang akan menyelamatkan seluruh isi bumi.

Kisah bermula ketika Kenji mendapat tawaran untuk berpura-pura menjadi kekasih Natsuki Shinohara. Ketika tengah bertemu keluarga besar Natsuki, tiba-tiba avatar-nya di dunia OZ diambil alih sebuah program yang disebut Love Machine.

Love Machine tidak hanya mengambil avatar saja, namun juga mengambil alih kendali dunia dunia OZ dan digunakan untuk mengacaukan dunia nyata. Tidak ada yang mampu menghentikan Love Machine kecuali Kenji Koiso. Kini ia pun harus menyelamatkan dunia nyata dari kehancuran.

Baca Juga: 7 Film Anime yang Visualnya Tak Kalah Indah dari Film Ghibli

4. The Girl Who Leapt Through Time

https://www.youtube.com/embed/eWnTeKEsDlU

The Girl Who Leapt Through Time adalah film arahan Mamoru Hosoda yang sukses memenangkan banyak penghargaan. Film ini menceritakan Makoto, seorang gadis SMA yang menemukan sebuah benda misterius. Setelah itu, ia tiba-tiba memiliki kekuatan bisa "melompati" waktu. 

Makoto pun memanfaatkan kekuatan ini untuk mengubah hidupnya menjadi jauh lebih lancar dan bahagia. Sayangnya, ia baru menyadari bahwa tiap kali ia mengubah hidup akan ada konsekuensi yang harus diterima, tidak hanya oleh Makoto sendiri, namun juga orang-orang di sekitarnya. 

5. Howl's Moving Castle

https://www.youtube.com/embed/iwROgK94zcM

Dari Studio Ghibli lagi, kali ini ada film Howl's Moving Castle yang dirilis tahun 2004 lalu. Film arahan Hayao Miyazaki ini berpusat pada seorang gadis cantik bernama Sophie. Suatu hari, Sophie dikutuk oleh penyihir jahat hingga rupanya pun berubah menjadi seperti nenek-nenek. 

Sophie kemudian kabur dari rumahnya dan bekerja sebagai asisten rumah tangga di kastil penyihir tampan bernama Howl. Selama bekerja di sana, Sophie mulai mengalami banyak hal-hal ajaib. Selain itu, ia pun perlahan juga jatuh cinta pada Howl. Sayangnya, Howl ternyata menyimpan banyak misteri yang cukup berbahaya. 

6. Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone

https://www.youtube.com/embed/rof6qBz84vE

Shinji Ikari adalah remaja berusia 14 tahun yang menerima telepon yang memintanya untuk datang ke pusat gerakan NERV. NERV sendiri adalah organisasi yang misterius yang bermarkas di sekitaran danau Hakone.

NERV menginginkan Shinji untuk menjadi pilot di salah satu operasi penyelamatan Kota Tokyo. Ketika tengah menjalani misi, Shinji mengalami pergulatan batin dan mengubahnya dari sosok pendiam menjadi pemberani.

Shinji juga dihadapkan dengan banyak situasi sulit di mana apakah ia harus menyelamatkan kota Tokyo atau rekan wanitanya yang bernama Ayanami Rei. Pilihan apakah yang dibuat oleh Shinji?

7. One Piece: The Cursed Holy Sword

https://www.youtube.com/embed/-3ean_Qphxc

Diceritakan di Pulau Asuka, Luffy si Bajak Laut Topi Jerami mendengar kabar seputar Shichiseiken, pedang paling indah di dunia sekaligus harta yang sangat berharga. Namun pedang ini ternyata menyimpan kutukan mematikan.

Suatu hari, salah satu anggotanya yang bernama Zoro menghilang. tdak hanya itu, mereka juga diserang oleh Angkatan Laut. Setelah berhasil kabur, Luffy dan rekan-rekannya pun tiba di sisi lain pulau. 

Di sana, mereka ditugaskan untuk menjaga agar Pedang Tujuh Bintang tetap tersegel. Sayangnya, mereka diserang kembali dan di antara penyerang tersebut ada sosok Zoro. Kenapa Zoro berkhianat dan apa hubungan semua kejadian yang mereka alami dengan pedang misterius ini?

 

Itulah tujuh anime movie terbaik yang tayang di era 2000-an. Walaupun sudah lebih dari satu dekade berlalu, film-film ini tetap layak dan menarik untuk disaksikan. Apakah ada film yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 11 Anime Movie Terlaris dalam Dua Dekade Terakhir, Ada Demon Slayer

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya