Comscore Tracker

5 Film yang Menceritakan Kecelakaan di Laut, Bikin Ngeri!

Waduh, hati-hati! #IDNTimesHype

Setelah menjalani keseharian yang melelahkan, beberapa orang terkadang mencari hiburan dengan menikmati waktu di atas transportasi laut seperti kapal laut ataupun kapal pesiar. Jika perjalanan itu berjalan baik tanpa ada rintangan, tentunya perjalanan seperti itu akan memberikan kesan baik yang menyenangkan. 

Namun, bagaimana jika selama di jalan terjadi kerusakan kapal atau musibah yang tidak terduga? Insiden seperti ini pasti akan memutar balikkan kebahagiaan menjadi memori mengerikan yang dapat membuat trauma. 

Oleh karena itu, berikut ini adalah lima film terbaik tentang kecelakaan laut yang dapat dijadikan referensi agar kita lebih berhati-hati ataupun lebih siap apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama di kapal. 

1. Titanic (1997)

https://www.youtube.com/embed/kVrqfYjkTdQ

Siapa yang tidak kenal dengan film romansa satu ini? Titanic adalah film yang sukses melambungkan nama Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet menjadi bintang top dan masuk ke dalam jejeran film dengan penghasilan terbesar sepanjang masa.

Kisah dalam film ini dikembangkan dari peristiwa tragis yang terjadi di tahun 1912 di Samudera Atlantik dan hanya sedikit penumpang yang selamat. Titanic mengisahkan cinta tragis antara Rose (Kate Winslet) dan Jack (Leonardo DiCaprio) yang sama-sama merupakan penumpang kapal tersebut.

Rose sebenarnya nyaris mengakhiri hidup di atas kapal, namun untunglah Jack datang menyelamatkannya. Setelah kejadian itu, mereka pun mulai bersahabat dan berakhir munculnya benih-benih cinta. Saat mereka semakin dekat, kapal Titanic menabrak gunung es dan kekacauan pun terjadi.

2. The Perfect Storm (2008)

https://www.youtube.com/embed/RZvljNvnd18

Pekerjaan yang identik dengan laut adalah nelayan. Nelayan adalah salah profesi yang cukup beresiko karena harus berani menantang badai dan ganasnya lautan.  Kisahnya sendiri berfokus pada Billy Tyne (George Clooney) yang merupakan kapten kapten kapal ikan dari Gloucester.

Suatu hari, Billy memutuskan untuk tetap berlayar terlepas akan cuaca yang kurang baik. Lima orang akhirnya bergabung dengan Billy pada pelayaran dan karena tangkapannya tidak banyak mereka pun berlayar ke semakin jauh dan mengacuhkan peringatan badai. 

Tangkapan mereka memang bertambah, tetapi mesin es di dalam kapal rumah dan mereka harus segera kembali ke darat agar hasil tangkapan bisa diawetkan. Namun, untuk menuju daratan mereka harus melewati badai yang sangat berbahaya. 

Baca Juga: 7 Film Agen Rahasia Korea Terbaik, Gak Kalah Seru dari Film Hollywood!

3. Life of Pi (2012)

https://www.youtube.com/embed/3mMN693-F3U

Film yang cukup fenomenal ini menceritakan Pi Patel (Suraj Sharma) yang terdampar di tengah lautan pasca kapal yang ia naiki karam. Pi dapat selamat karena ia menumpang di dalam sekoci yang juga terdapat seekor macan di dalamnya.

Dari sini, Pi harus berjuang hidup di atas lautan terombang-ambing sekaligus mencari cara agar tidak menjadi santapan si harimau. Tidak hanya itu, ia juga merasakan banyak keajaiban selama perjalanannya.

4. All is Lost (2013)

https://www.youtube.com/embed/no1rl9Gvx-s

All Is Lost menceritakan seorang pria (Robert Redfords) yang tengah berlayar sendirian di  Samudera Hindia. Suatu hari pria ini menyadari bahwa kapal yang ia naiki telah berlubang karena benturan kontainer dan ini mengakibatkan kebocoran.

Seakan tidak habis penderitaannya, kapal kembali dihantam badai besar yang membuatkan keadaan semakin memburuk. Pada situasi ini, sang pria harus berjuang bertahan hidup di tengah lautan dengan kondisi kapal rusak dan peralatan serta makanan yang tidak banyak.

5. In the Heart of the Sea (2015)

https://www.youtube.com/embed/K-H35Mpj4uk

Selanjutnya ada film In the Heart of the Sea. Film ini mengangkat kisah tenggelamnya kapal pemburu ikan paus, Essex di tahun 1820 yang juga sempat diadaptasi menjadi novel non-fiksi berjudul sama karangan Nathaniel Philbrick. 

Cerita bermula dikala ketika sebuah perusahaan peruburuan ikan paus akan berpartisipasi dalam misi perburuan dan perdagangan minyak ikan paus yang harganya mahal. Perusahaan lalu mengirimkan sebuah tim kecil untuk memburu hiu yang beranggotakan remaja 14 tahun bernama Thomas (Tom Holland), pemburu vaus veteran bernama Owen (Chris Hemsworth), dan beberapa orang lainnya.

Setelah berbulan-bulan melaut, kru kapal tidak kunjung mendapatkan paus hingga mereka pun nekat untuk pergi berburu ke tempat yang lebih jauh dan terkenal berbahaya. Sesampainya di sana Owen dan anggota kapal lain pun dikejutkan dengan puas besar yang meluluh lantakkan kapal mereka. Apa yang kemudian terjadi? 

Kelima film terbaik di atas menggambarkan betapa mengerikannya kecelakaan di tengah lautan. Semoga musibah seperti di atas tidak akan pernah menimpa kita, ya. 

Baca Juga: 10 Serial Film Horor Paling Seram, Terornya Bikin Jantungan! 

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya