Comscore Tracker

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film Orisinal

Siapa saja, ya? #IDNTimesHype

Bermula di tahun 2014, Disney memulai era film yang tidak biasa di mana salah satu villain menjadi karakter utama dan mendapatkan film orisinalnya sendiri. Tokoh ini adalah Maleficent, penyihir jahat dari film Sleeping Beauty (1959). Maleficent mendapatkan film orisinalnya sendiri yang menceritakan kisah dari sudut pandang si penyihir jahat. 

Melalui film Maleficent, Disney mencoba untuk mengubah pandangan terhadap para villain ini. Hal itu menjadikan karakter tersebut menjadi lebih disukai dan meraih banyak simpati dari penggemar. 

Di tahun 2021, tokoh villain dari seri 101 Dalmatian, Cruella, mendapatkan gilirannya dan filmnya meraih kesuksesan yang sangat besar. Dengan kesuksesan Cruella dan Maleficent, Disney mungkin akan mulai mengembangkan film baru dengan karakter villain lainnya. Berikut ini adalah lima villain film Disney yang juga layak mendapatkan film orisinalnya sendiri. 

1. Ursula (The Little Mermaid)

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film OrisinalUrsula, villain di film The Little Mermaid (dok. Walt Disney Studio via syfy.com)

Sosok jahat yang sangat memorable karena tubuhnya bernama ungu ini bernama Ursula. Ia adalah villain dari salah satu film animasi Disney di era Disney, yakni The Little Mermaid (1989). 

Kepribadian Ursula terbilang unik. Ia memiliki kombinasi antara humor yang menggelikan dan kekejaman yang membuatnya sangat mencolok dibandingkan karakter antagonis lainnya.

Ursula mempunyai kemampuan sihir yang hebat dan tentunya akan sangat menarik untuk diangkat ke dalam sebuah film.

2. Hades (Hercules)

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film OrisinalHades, villain di film Hercules (dok. Walt Disney Studio via cinemablend.com)

Hades adalah salah satu dewa di mitologi Yunani yang diadaptasi ke dalam salah satu film Disney, Hercules (1997). Dia adalah dewa yang mengendalikan dunia bawah, tempat yang dipenuhi oleh kegelapan dan kengerian.

Di film Hercules, Hades menjadi antagonis utama walaupun di kenyataannya dewa-dewa lain pun tidak kalah kejam dan berbahaya dari dirinya. Sosok Hera lebih cocok untuk menjadi sosok villain karena dirinya yang memengaruhi Hercules di film tersebut. 

Sepertinya udah saatnya bagi Hades untuk menceritakan sisi dirinya yang lain. Mungkin ditambah dengan cerita hubungannya bersama para dewa lain juga menarik untuk dibahas. 

Baca Juga: 6 Villain Paling Ikonik di Film Superhero, Bikin Susah Tidur Deh!

3. Queen of Hearts (Alice in Wonderland)

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film OrisinalQueen of the hearts, villain di film Alice in Wonderland (dok. Walt Disney Studio via disney.fandom.com)

Di film Alice in Wonderland (1951), Queen of Hearts adalah villain yang menganggu petualangan Alice. Film ini pernah diadaptasi dalam bentuk live action di tahun 2010 dan diarahkan oleh sutradara ikonik Tim Burton. 

Walaupun di film live action tersebut sosok Queen of Hearts sudah digambarkan sedikit lebih manusiawi dibandingkan versi orisinalnya, sayangnya tetap masih banyak misteri yang melingkupi sosoknya.

Bila Disney ingin membuat film dengan tokoh utama seorang villain lagi, mungkin Queen of the Hearts bisa menjadi alternatif pilihan dan juga Helena Bonham Carter yang sebelumnya memainkan karakter ini di film live action-nya mungkin bisa kembali memerankan tokoh yang sama. 

4. Lady Treimaine (Cinderella)

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film OrisinalLady Treimaine, ibu tiri Cindrella (dok. Walt Disney Studio via disney.fandom.com)

Salah satu film awal yang diproduksi Disney, Cinderella (1950) sebenarnya sudah mendapatkan banyak adaptasi. Terakhir film ini diangkat menjadi live-action di tahun 2015 dengan dibintangi artis papan atas seperti Lily James dan Cate Blanchet.

Villain dari film Cinderella adalah ibu tiri Cinderella yang juga dikenal dengan nama Lady Tremaine. Treimaine adalah sosok yang kompleks dan kejam, namun sayangnya tidak ada perkembangan pada karakter ini di film. 

Hingga kini Tremaine masih menjadi karakter yang misterius. Cinderella terlalu fokus pada kisah sang protagonis dan tidak terlalu memerhatikan ataupun menjelaskan alasan dari perlakuan buruk Lady Tremaine kepada anak tirinya. 

5. Captain Hook (Peter Pan)

Selain Cruella, 5 Karakter Villain Disney Layak Dapat Film OrisinalCaptain Hook tanpa topi (dok. Walt Disney studio via insdethemagic.net)

Kapten Hook adalah musuh Peter Pan sekaligus menjadi tokoh antagonis utama di filmnya. Di satu sisi ia adalah pria yang elegan dan cukup tampan, namun di satu sisi ia cukup jahat dan menyebalkan.

Disney menggambarkan Hook sebagai seorang pria yang agak berbeda dari kisah orisinalnya yang ditulis oleh J. M. Barrie. Selain itu, tidak banyak diceritakan latar belakang ataupun hal lain mengenai Hook di luar sikap dan rencana jahatnya. Film mengenai Hook sebelum bertemu Peter atau kisah kehidupannya mungkin akan menjadi tontonan yang cukup menyenangkan.

Itulah lima villain Disney yang juga layak mendapatkan film orisinal. Kalau menurutmu karakter manakah yang layak mendapatkan filmnya sendiri?

Baca Juga: 5 Kejahatan yang Pernah Dilakukan Princess Disney, Jangan Ditiru!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya