Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Horor Gotik, Seram Sekaligus Memikat!

Hadirkan keseraman yang berbeda

Film horor gotik merupakan salah satu subgenre yang mampu meninggalkan kesan mendalam bagi penonton. Film-film yang mengangkat subgenre ini kerap memiliki visual memikat dengan cerita berunsur religi dan filsafat.

Bila kamu bosan dengan horor thrillerrekomendasi film horor gotik mungkin bisa menjadi pilihan baru. Berikut adalah tujuh rekomendasi film horor gotik yang bisa disaksikan. 

1. Rosemary's Baby (1968)

https://www.youtube.com/embed/BjpA6IH_Skc

Rosemary’s Baby merupakan film yang mengisahkan pasangan Rosemary (Mia Farrow) dan Guy (John Cassavetes) yang baru pindah ke sebuah apartemen di New York. Semenjak tinggal di sana, karir Guy mendadak menanjak drastis hingga ia kini menjadi lebih mapan. 

Di tengah kondisi keluarga yang membaik, Guy tiba-tiba ingin segera memiliki anak. Namun saat Rosemary akhirnya mengandung, serangkaian mimpi dan kejadian aneh mulai menghantuinya. Rosemary juga mulai berperilaku ganjil dan mencurigai semua orang termasuk suami, tetangga, dan dokter kandungannya. 

Seiring waktu, kondisi Rosemary memburuk karena ia turut mengalami paranoia hingga mengira bahwa orang-orang di sekitarnya akan menumbalkan bayi di perutnya untuk sebuah ritual penyembahan setan. 

2. The Crow (1994)

https://www.youtube.com/embed/N5uPZ7ocsqA

Dikisahkan sehari sebelum malam Halloween sepasang kekasih yang akan segera menikah diserang geng brutal. Eric (Brandon Lee), gitaris band rock pun harus meregang nyawa sedangkan tunangannya, Shelly (Sofia Shinas) berakhir meninggal di rumah sakit.

Pelaku penyerangan tersebut adalah geng preman yang dipimpin oleh T-Bird (David Patrick Kelly). Namun mereka menyerang Eric atas perintah dari Top Dollar (Michael Wincott), bos dunia hitam.

Beberapa saat setelah insiden mengerikan itu terjadi, seekor burung gagak memberikan kekutan supranatural yang mampu membangkitkan Eric dari kuburnya. Tidak hanya hidup kembali, Eric kini tidak bisa dilukai. Dengan menggunakan kekutan ini, ia pun membalas dendam kepada para pembunuh dirinya dan Shelly. 

3. The Others (2001)

https://www.youtube.com/embed/C7pKqaPtMiA

Berlatarkan era perang di tahun 1945, The Others menceritakan Grace (Nicole Kidman) yang tinggal di rumah tua terpencil bersama dua anaknya, Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley). Kedua anak Grace sangat sensitif terhadap sinar matahari sehingga semua tirai dan pintu di dalam rumah pun ditutup rapat.

Suatu hari, hal-hal misterius mulai terjadi di dalam rumah. Anne mengklaim bahwa ada anak laki-laki bernama Victor yang menyelundup ke rumah mereka. Namun anehnya hanya Anne satu-satunya orang yang bisa melihat Victor.

Merasa terancam, Grace menjadi curiga terhadap para pekerja di rumahnya. Apalagi di saat gangguan semakin banyak bermunculan. Apa sebenarnya yang mengganggu keluarga Grace, ya? 

4. The Raven (2011)

https://www.youtube.com/embed/7lzFIcfdH7g

The Raven adalah film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan penulis novel Edgar Allan Poe. Bersetting abad 19 di Baltimore, terjadi teror pembunuhan di rumah seorang wanita.

Kepolisian yang kesulitan mencari pembunuh wanita tersebut lalu  meminta bantuan Edgar. Dengan cepat Edgar menyadari bahwa cara terbunuhnya wanita itu sama seperti yang ada di dalam cerita yang pernah ia tulis.

Setelah itu, beberapa kasus pembunuhan kembali muncul dan kasus-kasus itu sangat mirip dengan tulisan Edgar hingga polisi akhirnya berbalik menudingnya sebagai pelaku. Untuk menghentikan rentetan kejahatan ini, Edgar pun harus mengambil langkah yang membahayakan nyawanya.

5. Crimson Peak (2015)

https://www.youtube.com/embed/6yAbFYbi8XU

Crimson Peak mengangkat kisah penulis kisah horor bernama Edith (Mia Wasikowska). Sejak kecil, ia telah kehilangan ibunya dan kerap merasa dihantui arwahnya. Sementara ayah Edith adalah pengusaha yang sangat sibuk. 

Suatu hari, rumah Edith kedatangan Thomas Shade (Tom Hiddleston) dan adiknya yang meminta perusahaan ayah Edith untuk menjadi investor usaha mereka di Inggris. Tentu saja ayah Edith curiga sehingga ia pun diam-diam menyelidiki kakak beradik tersebut dan malah tewas karenanya. 

Edith yang tidak tahu apa-apa malah jatuh hati kepada Thomas dan pindah ke rumah mereka di Inggris. Namun Edith lambat laun mencurigai banyak hal kepada Thomas, keluarganya, dan rumah tempat mereka berada. Ia yakin ada hal mengerikan yang mungkin akan terjadi. 

Baca Juga: 5 Film Horor Karya Kimo Stamboel, Sukses Hadirkan Teror!

6. A Cure of Wellness (2017)

https://www.youtube.com/embed/4mcVodJmBlU

A Cure for Wellness bercerita tentang cairan misterius yang dipercaya mampu menyembuhkan segala penyakit. Cerita bermula ketika Lockhart (Dane DeHaan) ditugaskan untuk menjemput CEO perusahaannya yang menetap di pusat rehabilitasi Dr. Heinreich Volmer (Jason Isaacs).

Kedatangan Lockhart ditolak mentah-mentah dan ia pun akhirnya memilih pergi tanpa bersama sang CEO. Belum sempat tiba di bandara, Lockhart mengalami kecelakaan dan tak sadarkan diri. Saat terbangun, ia sudah berada di pusat rehabilitasi Volmer.

Rasa penasaran muncul di dalam diri Lockhart karena ia menydari para penghuni pusat rehabilitasi selalu meminum cairan dari botol kaca biru. Tak hanya itu, ia juga menyadari bahwa para penghuni ini mengalami dehidrasi parah meskipun selalu minum air dan cairan misterius tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi? 

7. The Cursed (2021)

https://www.youtube.com/embed/xAt7DMP7mWA

Pada akhir abad sembilan belas, terjadi pembantaian dan perampasan tanah terhadap sebuah klan dari Roma yang dipimpin oleh Seamus (Alistair Petrie). Sebelum tewas, pemimpin klan tersebut mengucapkan mantera dan ia mengutuk tanah yang Seamus rampas.

Setelah pembantaian, anak-anak Seamus yang bernama Edward dan Charlotte diganggu mimpi buruk tentang taring perak. Saat seorang anak bernama Timmy (Tommy Rodger) mengatakan bahwa ia tahu di mana lokasi taring yang sering Edward dan Charlotte lihat, tanpa pikir panjang mereka malah mendatanginya. 

Tentu saja itu keputusan yang salah karena setelah itu berbagai kejadian mengerikan pun menimpa mereka dan semua orang yang hidup di tanah rampasan Seamus.

Film horor gotik mungkin tidak menghadirkan jump scare andalan. Namun ketujuh rekomendasi film horor gotik di atas akan memberikan jenis keseraman yang berbeda. Dijamin menarik!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Horor Garapan IFC Midnight

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya