Comscore Tracker

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!

Mereka sangat menginspirasi #IDNTimesHype

Jika membicarakan film-film Ghibli, studio satu ini terkenal sering menjadikan wanita sebagai tokoh utama filmnya. Tokoh-tokoh wanita ini datang dari berbagai latar belakang, mulai dari gadis sekolah yang mencoba meraih mimpi hingga putri kerajaan yang siap menyelamatkan dunia.

Para wanita di film-film Ghibli tidak hanya memiliki paras menawan, namun juga memiliki hati dan kepribadian yang luar biasa. Ada banyak hal-hal hebat yang bisa dipelajari dari para tokoh utama wanita Ghibli.

Berikut ini adalah delapan tokoh utama wanita Ghibli yang menginspirasi dan bisa dijadikan teladan. Siapa saja, ya?

1. Chihiro (Spirited Away)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Chihiro bersama Haku yang berada dalam wujud naga (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Saat film Spirited Away (2001) bermula, Chihiro adalah gadis penakut, keras kepala, dan suka mengeluh. Namun semua berubah tatkala ia terjebak di dunia arwah dan orang tuanya pun dikutuk menjadi babi. Berbagai petualangan yang Chihiro alami disana membuatnya menjadi sosok yang lebih dewasa dan berani.

Pertemuannya dengan karakter-karakter lain seperti Haku, Yubaba, Rin, dan sebagainya membuat Chihiro mulai belajar menjadi anak yang lebih ramah, sopan, dan bekerja keras. Sungguh luar biasa menyaksikan perubahan Chihiro selama berpetualang di dunia asing yang belum pernah dikunjunginya.

2. Shizuku (Whisper of the Heart)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Shizuku sedang menulis sembari mengunyah makanan (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Walaupun Whisper of the Heart (1995) lebih berfokus pada kisah cinta Shizuku dan Seiji, namun perjalanan hidup Shizuku yang mencoba mencari jalan hidupnya sendiri sangatlah menginspirasi. 

Shizuku adalah remaja kreatif yang berkeinginan untuk melakukan hal-hal hebat. Ia bermimpi untuk menjadi penulis novel terkenal. Kebingungan, keraguan, dan ketakutan akan masa depan sempat dirasakannya, namun tidak membuat Shizuku menyerah akan mimpinya. Karakter Shizuku sangat relate dengan remaja-remaja di dunia nyata yang terkadang bingung dan tidak tahu arah kehidupannya.

Beberapa orang terkadang hanya ikut-ikut mimpi orang lain atau mengikuti tujuan yang ditetapkan oleh orang lain. Namun Shizuku sangatlah berbeda. Dengan gagah berani, ia tidak ragu untuk mengambil jalan yang berbeda: jalan yang sesuai dengan keinginannya.

3. Sheeta (Castle in the Sky)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Sheeta tampak bahagia dikelilingi burung merpati (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Di awal-awal film, Sheeta tampak seperti gadis normal yang kebetulan memiliki kalung ajaib warisan keluarganya. Namun seiring cerita berjalan, Sheeta ternyata adalah pewaris dari Laputa, istana yang melayang di langit dan ia ternyata bukanlah gadis biasa.

Sheeta adalah gadis yang pemberani dan cerdik. Terbukti ia berulang kali berhasil lolos dari kejaran orang-orang jahat. Ia juga tidak ragu untuk bertarung melawan bahaya yang mengancam. Satu fakta yang menarik dari Sheeta adalah ia adalah satu-satunya tokoh utama wanita film Ghibli arahan Hayao Miyazaki yang mampu dan berhasil menyingkirkan sang antagonis utama. 

4. Nausicaa (Nausicaa the Valley of the Wind)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Nausicaa mengacungkan jempol (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Walaupun digambarkan sebagai putri kerajaan, Nausicaa dari anime Nausicaa: the Valley of the Wind (1984) sangatlah jauh dari kesan manja. Ia adalah wanita pemberani yang tak ragu untuk menjelahi hutan beracun ataupun pergi berkelana untuk mengumpulkan barang-barang langka.

Nausicaa adalah tokoh wanita yang sangat sempurna untuk film Ghibli. Dia selalu bisa melihat hal-hal baik dalam segala hal. Selain itu, Nausicaa sangat mendukung perdamaian dan tidak menginginkan adanya kerusakan alam. Dengan keberanian yang dimilikinya, Nausicaa adalah sosok inspiratif yang cocok dijadikan teladan.

Baca Juga: 5 Kisah Cinta dalam Film Ghibli yang Bikin Baper dan Menggemaskan

5. San (Princess Mononoke)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!San bersiap menyerang musuh yang merusak hutan (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Sosok wanita utama dari anime Princess Mononoke (1997), San, tak perlu diragukan lagi adalah salah satu karakter Ghibli yang paling badass. Dibesarkan oleh gerombolan serigala di hutan, San sangat tangguh dan tidak takut akan apa pun. Selain itu, ia pun sangat mencintai hutan dan makhluk-makhluk yang hidup di dalamnya.

Namun di balik sisi kerasnya, San memiliki sisi lembut dan hangat yang sangat mengharapkan perdamaian antara manusia dan hutan. Ia sangat mementingkan upaya pelestarian alam. Hebat sekali, ya.

6. Sophie (Howl's Moving Castle)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Sophie menjahit hiasan topi (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Sophie adalah wanita cantik yang sehari-hari bekerja sebagai pembuat topi. Ia merasa sangat minder karena merasa tidak secantik wanita-wanita lain. Untuk menutupi rasa malunya, ia selalu menggunakan topi ketika keluar rumah.

Suatu hari, Sophie dikutuk oleh penyihir jahat hingga rupanya pun tampak seperti nenek-nenek berusia 90 tahun. Dari sini, petualangan Sophie bersama Howl pun dimulai. Berbeda dengan karakter-karakter lainnya, keadaanlah yang mengubah Sophie hingga mampu mengalahkan rasa mindernya. Perlahan-lahan, ia pun mulai bisa menerima dirinya apa adanya. 

Yang menarik dari Sophie adalah meskipun ia digambarkan dalam wujud wanita paruh baya, tidak menjadikannya sosok yang malas-malasan. Justru Sophie sangat membantu Howl dan bahkan ikut membantu mengakhiri perang yang sedang terjadi. Kutukan yang harusnya menghancurkan Sophie justru membawanya menuju petualangan yang hebat dan magis.

7. Taeko (Only Yesterday)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Taeko memandangi bayangannya di kaca kereta (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Taeko dari anime Only Yesterday (1991) adalah salah satu karakter yang tergolong unik untuk sebuah film Ghibli. Bila kebanyakan tokoh-tokoh utama wanita Ghibli adalah anak-anak ataupun remaja, Taeko adalah wanita berusia 27 tahun yang sudah bekerja.

Taeko yang sedang melakukan perjalanan menuju kampung halamannya sedikit demi sedikiy mengingat masa kecilnya. Hal ini menjadi kisah Taeko sangatlah menyentuh karena bukanlah sesuatu aksi magis yang penuh tantangan, melainkan salah satu bentuk refleksi atau renungan akan masa lalu.

Ia adalah seorang wanita pekerja keras dan sangat mandiri. Melalui kenangan-kenangan ini, Taeko belajar untuk memaknai siapa dirinya sendiri dan apa hal yang sebenarnya ingin dilakukannya.

8. Kiki (Kiki's Delivery Service)

8 Tokoh Utama Wanita Film Ghibli Terbaik, Inspiratif!Kiki tiduran di atas rerumputan sambil mendengarkan radio (dok. Ghibli via ghibli.jp)

Kiki adalah penyihir muda yang merantauh jauh dari rumahnya untuk menjalani pelatihan sendirian di kota asing. Di kota baru ini, ia pun bekerja sebagai jasa layanan antar barang. Pekerjaannya ini memang tidak sekeren penyihir-penyihir lainnya, tapi Kiki mengerjakannya dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Sepanjang film, dapat disaksikan Kiki yang semua sangat optimis mengerjakan tugas-tugasnya perlahan mulai merasa rendah diri dan bahkan sempat mengalami burn out juga, lho! Meskipun begitu, Kiki dengan bantuan orang-orang di sekitarnya mampu dengan cepat bangkit kembali dan berubah menjadi sosok yang jauh lebih baik. 

Karena itu, kisah Kiki di film Kiki's Delivery Service (1989) dianggap sebagai salah satu kisah paling realistis dan juga dinilai sebagai anime slice of life terbaik yang pernah dibuat.

 

Itulah delapan tokoh utama wanita Ghibli yang sangat menginspirasi. Semangat dan keberanian mereka, membuat para wanita ini sangat cocok untuk dijadikan role model. Apakah kamu juga ingin menjadi wanita inspiratif seperti mereka?

Baca Juga: 7 Kisah Persahabatan Terbaik di Film-Film Ghibli, Penuh Keajaiban!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya