Comscore Tracker

Bikin Geregetan! Ini 6 Film dengan Ending Paling Menyebalkan

Plot twist-nya kebangetan! #IDNTimesHype

Libur akhir pekan bisa kamu manfaatkan dengan menonton film-film bagus. Namun, sebetulnya gak ada salahnya juga jika kamu mau menikmati deretan film dengan ending atau akhir yang bikin gemas sekaligus jengkel.

Nah, dalam dunia perfilman Hollywood, yang namanya plot twist merupakan suatu hal yang lumrah. Namun, apa jadinya jika sebuah film memiliki plot twist yang sangat di luar prediksi yang malah membuat penonton menjadi sebal dibuatnya? Yuk, kita coba ulas satu per satu secara sederhana.

1. The Village (2004)

https://www.youtube.com/embed/sTGyhwvdY6k

The Village merupakan film misteri arahan M. Night Shyamalan, sutradara yang memang hobi menanamkan sebuah plot twist keren dalam setiap filmnya. Lihat saja film keren berjudul The Sixth Sense yang juga memiliki ending luar biasa mengejutkan. Namun, khusus The Village justru dinilai memiliki akhir kisah yang cukup menjengkelkan.

Kebanyakan penonton pastinya mengira bahwa orang-orang dalam kawasan desa tersebut adalah hantu. Namun, di luar dugaan, orang-orang tersebut adalah asli dan para orangtua di desa itu sengaja membangun sebuah desa dengan peradaban kuno. Tujuannya hanya untuk melindungi anak-anak mereka dari pengaruh buruk zaman modern.

2. The Number 23 (2007)

https://www.youtube.com/embed/TUTlOC4mVQ8

New Line Cinema pernah merilis film apik berjudul The Number 23 pada 2007 lalu. Tentu saja, film berdurasi 98 menit ini memiliki alur yang kompleks. Film ini juga dibintangi oleh Jim Carrey. Namun, kepadatan cerita yang disuguhkan dari awal film justru berantakan akibat plot twist yang dirasa menyebalkan.

Ekspektasi penonton akan digiring pada sebuah ending yang menyatakan bahwa Walter (tokoh utama) adalah pembunuh istrinya sendiri akibat berselingkuh. Karena lompat untuk bunuh diri dan gagal, ia menjadi lupa ingatan dan terobsesi dengan angka 23. Sayangnya, ada banyak pihak yang menganggap bahwa ending seperti ini terlalu basi untuk ditampilkan di era 2000-an.

3. Buried (2010)

https://www.youtube.com/embed/d8KBYAvYpO4

Terlepas dari akting Ryan Reynolds (memerankan Paul Conroy) yang cukup bagus, Buried dianggap sebagai salah satu film dengan jalan cerita menjengkelkan. Selama 90 menit penonton hanya akan disuguhkan dengan adegan seseorang yang sedang dikubur hidup-hidup. Namun, dialog yang dibangun bisa cukup intens karena di dalam cerita, Paul Conroy dibekali dengan telepon seluler.

Bukannya memiliki ending yang brilian, penonton malah dikejutkan dengan plot twist yang seharusnya tidak perlu dibuat. Yup, setelah berusaha setengah mati, Paul tetap berada dalam kuburnya. Pihak penolong rupanya salah dalam menentukan tempat penguburan Paul dan malah menemukan mayat orang lain. Sebetulnya, film ini juga menjadi sebuah kritik pedas dari birokrasi kapitalis macam Amerika dengan segala kerumitannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Bertemakan Hollywood yang Wajib Kamu Tonton

4. The Bone Collector (1999)

https://www.youtube.com/embed/w4z4Xsp-bos

The Bone Collector merupakan film lawas garapan dua perusahaan raksasa, yakni Universal dan Columbia Pictures. Meskipun dibintangi oleh Denzel Washington dan Angelina Jolie, film berdurasi 118 menit ini masih dirasa belum cukup memuaskan penonton. Bahkan, Rotten Tomatoes hanya memberikan skor sebesar 29 persen untuk film yang memiliki pemasukan box office sebesar Rp2 triliun ini.

Bukan tanpa sebab, The Bone Collector memiliki plot twist yang cukup mengejutkan, tapi dianggap sangat menjengkelkan. Bahkan, sejak awal, seharusnya antagonis utama sudah bisa ditangkap dengan mudah karena posisinya selalu dekat dengan protagonis utama. Namun, terlepas dari semuanya, kamu masih bisa menonton film ini di sela-sela kesibukanmu kok.

5. The Life of David Gale (2003)

https://www.youtube.com/embed/BnbNu4vl2Q0

Plot Twist dari film berjudul The Life of David Gale menjadi salah satu ending paling menyebalkan di jagat perfilman Hollywood. Film yang dibintangi oleh Kevin Spacey dan Kate Winslet ini menceritakan tentang seorang profesor dan aktivis yang terancam hukuman mati. Ia terbukti membunuh rekannya sendiri karena semua sidik jarinya ada di tempat kejadian perkara.

Uniknya, di akhir cerita dijelaskan bahwa David Gale sengaja meletakkan sidik jarinya di TKP hanya karena ingin membuktikan pada publik bahwa hukuman mati itu salah dan tidak seharusnya dilakukan. Plot twist macam ini sempat dikecam oleh banyak penonton karena justru merusak alur cerita yang sudah susah payah dibangun dari awal. Bahkan, Rotten Tomatoes hanya memberikan skor 19 persen akibat buruknya ending dalam film ini.

6. The Mist (2007)

https://www.youtube.com/embed/LhCKXJNGzN8

Rasanya, sampai detik ini, tidak ada film dengan plot twist paling gila dan menyebalkan seperti The Mist yang dirilis pada 2007 lalu. Karakter dan ide cerita sudah ditampilkan dengan brilian oleh Frank Darabont selaku sutradara. Sialnya, film berdurasi 126 menit ini justru dirusak oleh ending yang benar-benar menyebalkan.

Film ini bercerita tentang serbuan alien ke Bumi yang membuat banyak orang kebingungan dengan kabut yang tiba-tiba muncul di sebuah kota. Di akhir cerita, sang tokoh utama, David Drayton, membunuh keluarganya sebab ia mengira alien akan menghampiri persembunyian mereka. Sayangnya, justru yang menghampiri mereka adalah tentara dan bala bantuan yang memang akan menolong mereka. Sungguh ironis, kan?

Nah, itulah beberapa film dengan ending dan plot twist paling menjengkelkan. Bagaimana? Apa kamu suka dengan film-film yang memiliki ending mengejutkan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya