Comscore Tracker

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendaris

Karakter antihero yang gak bisa dibenci #IDNTimesHype

Berbeda dengan hero atau pahlawan pada umumnya, karakter yang masuk dalam golongan antihero justru memiliki tempat tersendiri di kalangan para penggemar. Bukan tanpa sebab, antihero bukanlah karakter yang selalu lurus dalam menegakkan kebajikan, sebaliknya, mereka justru bisa membunuh siapa saja yang menghalangi tujuan mereka.

Namun, antihero juga berbeda dengan antagonis (penjahat) pada umumnya. Karakter antihero bukanlah penjahat yang berambisi untuk menguasai dunia. Malah, biasanya karakter antihero juga akan melawan karakter antagonis dalam sebuah cerita anime.

Nah, dalam beberapa anime legendaris, karakter antihero ditempatkan pada porsi yang cukup berimbang jika dibandingkan dengan porsi protagonisnya. Bahkan, banyak dari mereka yang terkesan keren, tanpa ampun, dan badass. Inilah beberapa karakter antihero paling berkesan dalam anime legendaris. Siapa saja, ya?

1. Ikki (Saint Seiya)

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendarisnocookie.net/Ikki - Saint Seiya

Kaum millennial pastinya mengenal serial Anime Saint Seiya yang dulu sempat ditayangkan di berbagai macam saluran televisi dunia. Saint Seiya awalnya ditulis dalam bentuk manga oleh Masami Kurumada pada 1986 - 1990 dengan judul Seinto Seiya atau Saint Seiya: Knights of the Zodiac.

Manga dan anime Jepang yang satu ini bercerita seputar perjuangan dari beberapa orang saint atau kesatria pelindung Athena dan Bumi. Kamu pastinya mengenal atau pernah mendengar nama-nama seperti Seiya, Hyoga, Shiryu, Shun, dan lain sebagainya. Namun, dalam anime ini ada satu tokoh saint yang sangat kuat dan berbeda dengan saint kebanyakan.

Yup, ia adalah Ikki atau Saint Phoenix. Diyakini bahwa Ikki Phoenix merupakan Saint Perunggu terkuat yang terdapat dalam cerita. Bahkan, kekuatan Ikki disebut-sebut mampu melampaui kekuatan dari beberapa kesatria Saint Emas. Awalnya Ikki lebih condong pada karakter antagonis yang berambisi untuk menjadi yang terkuat.

Dengan kekuatannya, Ikki bahkan sangat ditakuti di dunia bawah tanah (alam neraka). Ia juga merupakan satu-satunya saint yang sanggup berpindah tempat dan dimensi secara cepat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Ikki akhirnya kerap membantu para Saint Perunggu pada saat mereka terdesak. Ikki juga selalu terlihat menolong adiknya (Shun Adromeda) di saat adiknya tersebut hampir kalah oleh musuh.

2. Alucard (Hellsing)

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendarisbloody-disgusting.com

Dalam dunia vampir dan makhluk aneh lainnya di dunia anime Hellsing, karakter bernama Alucard sangat ditakuti oleh musuh-musuhnya karena memang ia tokoh protagonis yang memiliki prinsip sadis dalam hidupnya. Baginya, semua vampir dan makhluk neraka yang mengganggu keseimbangan hidup di Bumi ini wajib dimusnahkan.

Alucard sendiri bekerja di organisasi Hellsing, yakni sebuah perkumpulan yang bertugas sebagai pembasmi vampir dan makhluk buas lainnya. Uniknya, Alucard adalah seorang vampir dan memiliki kekuatan di atas rata-rata vampir lainnya. Tidak seperti karakter protagonis lainnya, Alucard sangat sadis dan tak segan untuk membunuh semua penjahat yang ada dalam dunia Hellsing.

Hellsing merupakan manga karya Kouta Hirano yang sempat diadaptasi dalam anime di tahun 2001 - 2002 lalu. Anime Hellsing lain yang lebih kompleks diputar di beberapa stasiun televisi dunia pada 2006 hingga 2012 lalu. Kalau suka dengan cerita mengenai pembasmi vampir dan monster-monster lainnya, kamu bisa mengikuti serial anime Hellsing yang juga sempat diputar oleh Netflix.

3. Guts (Berserk)

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendariscomicbook.com

Manga dan anime berjudul Berserk merupakan kisah yang menceritakan seorang pendekar pedang yang bernama Guts. Alih-alih menjadi protagonis dan pahlawan utama, Guts justru lebih cocok menjadi antihero karena prinsip hidupnya sangat bersebarangan dengan sifat-sifat protagonis.

Ya, meskipun Guts gemar menolong teman-temannya, namun ia hampir selalu membunuh musuh-musuhnya dengan brutal. Nah, uniknya, kebanyakan lawan dari Guts adalah iblis. Guts sendiri bertualang ke seluruh dunia khusus untuk memburu dan membantai para iblis tersebut.

Lupakan kisah-kisah kepahlawanan ala Superman atau Spiderman. Guts - sebagai pemeran protagonis - justru membawa dendam dan kekejaman dalam dirinya untuk menumpas kejahatan. Berserk sendiri merupakan manga dan anime karya Kentaro Miura, seorang penulis komik berpengalaman yang juga melahirkan judul-judul besar macam King of Wolves, Futatabi, dan Ourou Den.

Baca Juga: 5 Anime yang Wajib Kamu Tonton Jika Kamu Suka Anime Gurren Lagann

4. Saito Hajime (Rurouni Kenshin)

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendariseasternminute.com

Dalam manga dan anime Samurai X atau Rurouni Kenshin, karakter bernama Saito Hajime sudah menjadi salah satu karakter yang paling melekat dan tak kalah populer dengan Kenshin Himura. Selain kuat dan cerdik, Saito juga sangat mematikan dan tak segan membunuh siapa pun yang menghalangi jalannya.

Dalam kisahnya, Saito Hajime telah menjadi seorang kapten dari Shinsengumi, sekelompok pasukan elite Jepang yang tangguh dan dihormati. Tugas utamanya apa lagi jika bukan menumpas kejahatan dan menghentikan musuh yang mengganggu pemerintahan Jepang. Namun, alih-alih menangkap untuk diadili, Saito justru lebih suka langsung membunuh semua penjahat yang ia anggap telah mengganggu kedamaian tanah Jepang.

Yup, Saito Hajime memang sangat terkenal dengan prinsipnya yang bernama Aku Soku Zan yang secara harfiah berarti "penjahat harus segera dibunuh". Dalam manga dan anime, kekuatan Saito bisa dikatakan setara dengan Kenshin Himura, sang protagonis utama. Bahkan, Kenshin pun mengakui bahwa Saito Hajime adalah satu-satunya lawan yang tidak bisa ia kalahkan.

Nah, jika mengikuti serial manga dan anime Samurai X, tentunya kamu paham kenapa Saito Hajime selalu terlihat sangat berambisi untuk membunuh Kenshin. Hal ini dikarenakan dulunya Kenshin adalah penjahat (pembunuh bayaran) yang mampu mengancam pemerintahan Jepang. Tapi, pada akhirnya (saat penyerangan Shishio Makoto) mereka berteman dan membentuk kelompok samurai tangguh untuk menjaga Jepang.

5. Vegeta (Dragon Ball)

5 Karakter Antihero Hebat yang Paling Berkesan dalam Anime Legendarisgaryaswaby.com/Dragon Ball Z

Dalam dunia manga dan anime berjudul Dragon Ball dan Dragon Ball Z, nama Vegeta tentunya sangat familier di kalangan penggemar. Pasalnya, Vegeta bukanlah tokoh yang biasa-biasa saja. Bisa dikatakan bahwa Vegeta merupakan salah satu tokoh terkuat yang dapat bersaing dengan Goku sebagai pemeran utama.

Uniknya, Vegeta merupakan karakter yang tercipta di bawah bayang-bayang sikap antihero sejati. Ia tidak 100 persen baik, namun ia juga tidak sepenuhnya jahat. Yang jelas, pada awal-awal cerita, Vegeta sangat berambisi untuk bersaing dan mengalahkan Goku. Menurutnya, dengan mengalahkan Goku, gelar sebagai Saiyan terkuat bisa didapatkan.

Kita akan disuguhkan jalan cerita menarik mengenai Vegeta. Di balik keangkuhan dan kesombongannya, ternyata Vegeta juga sangat peduli dengan kelangsungan kehidupan alam semesta. Sebagai pangeran dari bangsa Saiyan, Vegeta tentu saja memiliki kemampuan dan kekuatan yang luar biasa dahsyat.

Dalam banyak kesempatan, Vegeta sering terlihat membantu Goku untuk mengalahkan musuh-musuh hebat mereka. Setidaknya, meskipun Vegeta sangat ambisius mengalahkan Goku, pada akhirnya ia rela menyingkirkan egonya untuk bekerja sama dengan Goku dalam menyelamatkan Bumi.

Itulah beberapa karakter antihero keren yang bahkan tidak kalah hebat dengan tokoh protagonis utama dalam manga dan anime. Kalau kamu, suka dengan karakter antihero yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Anime yang Berakhir dengan Kemenangan sang Antagonis

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya