Comscore Tracker

7 Film "Found Footage" yang Unik dan Bikin Otak Kalian Berputar

Lumayan buat menemanimu selama #dirumahaja

Dalam dunia film, ada satu jenis film yang cukup unik yakni Found Footage atau dokumentasi (namun fiksi). Film jenis ini biasanya menampilkan visual amatir seolah merupakan rekaman dokumentasi dari seseorang atau sekelompok orang. Keunikan dari film jenis ini adalah suasana yang dibangun dalam film jauh lebih realistis daripada film-film pada umumnya.

Berikut rekomendasi 7 film bergenre "found footage" yang siap menemani masa social distancing kalian. Simak di bawah ini !

1. The Visit (2015)

https://www.youtube.com/embed/YfQnRjkuvaY

Pernahkah terbayang ketika berkunjung ke rumah kakek dan nenek kalian, awalnya baik-baik saja. Namun, beberapa hari berikutnya kakek dan nenek kalian bertingkah sangat aneh.

Film The Visit yang tayang pada tahun 2015, menceritakan dua anak muda yang berkunjung ke rumah kakek dan nenek mereka, untuk pertama kalinya. Sebelumnya mereka berdua tidak pernah mengenal dan bertemu dengan kedua orang tua dari ibunya tersebut.

Selama tujuh hari mereka tinggal keanehan terus terjadi di rumah tersebut, bukan dari hantu atau iblis namun dari kakek dan neneknya sendiri. Film karya M. Night Shyamalan ini cocok buat kalian yang lagi mencari film Horor found-footage di masa social distancing ini.

2. Keramat (2009)

https://www.youtube.com/embed/tsKzb35pawc

Film jenis found footage bukan cuma film luar negeri. Indonesia sendiri punya satu film jenis ini yang tak kalah bagus, yakni Keramat. Film ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan rilis pada tahun 2009.

Bercerita tentang sekelompok kru film yang melakukan survei lokasi film buatan mereka di Yogyakarta. Awalnya semua berjalan baik-baik saja, namun beberapa hari setelahnya mulai muncul keanehan yang terjadi dengan salah satu aktor mereka. Semua tergambar jelas melalui rekaman Behind The Scene mereka. Film ini menyajikan suasana rekaman amatir di balik layar yang menyeramkan dan menegangkan, namun minim penampakan.

3. Chronicle (2012)

https://www.youtube.com/embed/UD0DshFbmxA

Film Science Fiction dipadukan dengan Found Footage akan menjadi perpaduan yang cukup unik namun juga seru.

Chronicle menceritakan rekaman dokumentasi sekelompok anak muda yang secara tidak sengaja menemukan pecahan meteor. Alih-alih terluka, mereka malah mendapatkan kekuatan super seperti telekinesis, terbang dan kekuatan fisik lainnya. Hal tersebut secara langsung mengubah hidup mereka. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

4. Cloverfield (2008)

https://www.youtube.com/embed/_afPFLvh2qg

Mungkin untuk jenis film Found Footage, film ini menjadi yang paling terkenal selain Paranormal Activity.

Cloverfield bercerita tentang dokumentasi sekelompok anak muda yang terjebak dalam sebuah kota yang diserang oleh monster aneh. Mereka mencoba untuk keluar dari kota tersebut menghindari monster serta tentara yang sedang bertempur melawan monster tersebut. Di film ini kita dibuat menegangkan oleh bentuk visual yang amatir dan bentuk moster yang tidak tergambar jelas hingga akhir film.

5. V/H/S (2012)

https://www.youtube.com/embed/MmLh4NUu6E4

Tema Found Footage biasanya emang erat kaitannya dengan genre Horor atau Thriller. V/H/S merupakan salah satunya, film ini merupakan gabungan beberapa "rekaman amatir" yang setiap rekamannya memiliki masalah mereka masing-masing.

Salah satu yang paling seram adalah Amateur Night, bercerita tentang sekelompok anak muda yang menemukan kacamata "kamera" yang bisa digunakan untuk merekam semua kegiatan mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk bersenang-senang dan merekam semua kegiatan mereka, yang kemudian berakhir tragis.

6. Unfriended (2014)

https://www.youtube.com/embed/Q72LWqCx3pc

Film Found Footage tidak melulu melalui rekaman kamera genggam, namun bisa melalui kamera video call.

Selain Searching, film Unfriended juga tak kalah epik. Bercerita sekumpulan anak muda yang sedang melakukan panggilan video grup, namun berakhir teror dari orang yang tidak mereka kenal yang turut hadir dalam panggilan grup tersebut.

7. Project X (2012)

https://www.youtube.com/embed/3BEIhA8CcY0

Selain Horor dan Thriller, found footage juga bisa masuk dalam genre lainnya. Film Project X, bercerita tentang 3 anak muda "culun" yang merencanakan sebuah pesta akhir sekolah yang meriah. Mereka berencana melakukan pesta masa lajang tersebut dirumah dan membuat pesta semeriah mungkin agar mendapat pengakuan dari teman-teman sekolah mereka. Namun, pada akhirnya pesta tersebut berubah menjadi kacau balau.

Nah, guys itulah 7 rekomendasi film found footage yang bisa kalian tonton dalam masa social distancing. Yuk, di rumah aja, jangan kemana-mana dulu dan tetap sehat ya!

Baca Juga: Film Pertama Sukses, 10 Sekuel Film Hollywood Paling Dinanti

Daniel Ariyanto Photo Writer Daniel Ariyanto

Movie Enthusiast, Reviewer, Director and Writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya