Comscore Tracker

10 Film Horor Seram yang Bikin Merinding Sepanjang 2020

Film horor paling ramai dibicarakan sepanjang 2020

Film horor selalu ramai peminat dari tahun ke tahun. Walau takut, namun penonton terus dibuat penasaran dan ingin menyaksikan hingga rampung.

Walau dunia perfilman tahun ini cukup terdampak pandemik COVID-19, namun masih banyak film horor yang berjaya. IDN Times rangkum 10 film horor paling ngeri sepanjang 2020.

1. The Grudge (2020)

https://www.youtube.com/embed/O2NKzO-fxwQ

Sutradara: Nicolas Pesce
Pemeran: Andrea Riseborough, Demián Bichir, John Cho

Penggemar genre horor pasti tahu dong dengan franchise horor The Grudge. Tahun ini, horor hantu tersebut kembali digarap remake-nya. Film The Grudge 2020 ini mengikuti sepak terjang detektif Muldoon yang menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan. Ia pun menyadari bahwa rumah tempat kejadian perkara telah dikutuk oleh kekuatan jahat. 

Walau adaptasi terbaru franchise horor Jepang, Ju On ini mendapat mixed review, akan tetapi popularitasnya cukup bikin penggemar horor penasaran. Sebagian penonton pun tetap menganggapnya film horor yang menghibur.

2. Don't Listen (2020)

https://www.youtube.com/embed/yc1AueT27m4

Sutradara: Angel Gómez Hernández
Pemeran: Rodolfo Sancho, Ana Fernández, Ramón Barea

Don't Listen merupakan film horor supranatural asal Spanyol. Sejak pindah ke sebuah rumah antik yang dipugar ayahnya, Eric mulai mendengar suara-suara misterius. Perlahan tapi pasti, suara sinis tersebut mulai mengacaukan kehidupan para penghuni rumah dan orang-orang yang bersentuhan dengannya.

3. Impetigore alias Perempuan Tanah Jahanam

https://www.youtube.com/embed/CjZVv9swaAw

Sutradara: Joko Anwar
Pemeran: Tara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita

Setelah rilis 2019 di Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam akhirnya rilis secara internasional pada Juli 2020 lalu dengan judul Impetigore. Film horor garapan Joko Anwar ini pun kembali mendulang pujian baik dari dalam dan luar negeri.

Selain memborong sejumlah nominasi dan penghargaan di FFI 2020, Impetigore juga dianugerahi Méliès International Festivals Federation Award for Best Asian Film dari Bucheon International Fantastic Film Festival 2020. 

4. The Call (2020)

https://www.youtube.com/embed/hxkKeniT-0Q

Sutradara: Chung Hyun Lee
Pemeran: Park Shin Hye, Jong Seo Jun, Sung Ryung Kim

The Call merupakan film horor thriller kriminal yang dirilis November lalu. Film ini berkisah tentang seorang gadis yang bisa berkomunikasi dengan penghuni rumahnya di masa lalu. Lewat pesawat telepon rumah kuno tersebut, dua insan beda generasi ini menjalin persahabatan.

Sayangnya, gadis ini tak sadar bahwa setiap keputuan yang diambilnya di masa kini akan menimbulkan konsekuensi maut bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Park Shin Hye tampil cemerlang di sini. Namun, peran aktris pendatang baru Jong Seo Jun lah yang mencuri spotlight dalam film horor pembunuhan ini.

5. The Platform

https://www.youtube.com/embed/RlfooqeZcdY

Sutradara: Chung Hyun Lee
Pemeran: Park Shin Hye, Jong Seo Jun, Sung Ryung Kim

The Platform mulai dirilis umum pada Februari 2020 lalu. Horor thriller asal Spanyol ini juga cukup mencuri perhatian para penikmat film dunia. Film ini mengisahkan sebuah penjara vertikal yang diisi dua orang tahanan per tingkatnya.

Setiap harinya hanya ada satu platform makanan yang disajikan. Platform ini hanya akan berhenti dua menit di setiap tingkatan sel. Bayangkan apa yang tersisa untuk para tahanan di bawah? Selain horor psikologikal yang kental, film ini juga memberi kritik sosial yang menohok penontonnya.

Baca Juga: 10 Serial Thailand yang Mencuri Perhatian Selama 2020, Seru Parah!

6. Peninsula (2020)

https://www.youtube.com/embed/2kE1Ydf4jIo

Sutradara: Yeon Sang Ho
Pemeran: Kang Dong Won, Lee Jung Hyun, Lee Re

Sekuel Train to Busan ini mengambil setting empat tahun setelah film pertamanya. Dikisahkan bahwa semenanjung Korea semakin mengerikan sejak insiden tersebut. Seorang mantan tentara yang sempat berhasil kabur ke luar negeri mendapat misi baru. 

Tentara ini harus kembali ke semenanjung Korea dan menyelamatkan para survivor yang tersisa. Meskipun mendapat mixed review, akan tetapi hype Peninsula tetap bergaung kencang di kancah internasional.

7. #Alive (2020)

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Sutradara: Cho Il Hyung
Pemeran: Yoo Ah In, Park Shin Hye

Selain Peninsula, #Alive juga jadi film horor zombie Korea yang mencuri perhatian internasional. Film ini berkisah tentang seorang pemuda yang terjebak dalam apartemennya ketika pandemik zombie terjadi.

Penonton akan mengikuti usahanya berjibaku mempertahankan hidup dengan keterbatasan yang ada. Selain mayat hidup, ia harus bertahan dari kekurangan makanan, air, sampai kesehatan mental. Topik ini pun terasa relateable dengan penonton yang saat pandemik COVID-19 ini terpaksa stay di rumah aja.

8. The Invisible Man (2020)

https://www.youtube.com/embed/WO_FJdiY9dA

Sutradara: Leigh Whannell
Pemeran: Elisabeth Moss, Oliver Jackson-Cohen, Harriet Dyer

Horor thriller sci-fi yang satu ini juga begitu membekas di benak para penggemar film seram. The Invisible Man berkisah tentang seorang perempuan yang berusaha lepas dari kekasihnya yang kejam dan manipulatif. Dengan bantuan adiknya, ia berhasil kabur dari genggaman sang pacar.

Tak lama kemudian, pria itu pun dikabarkan meninggal dunia. Bukannya lega, justru sejak saat itu muncul sosok tak kasat mata yang mulai mengganggu kehidupan sang tokoh utama dan orang-orang disekitarnya. Film ini merupakan remake dari film berjudul serupa di tahun 1933 lho!

9. Host (2020)

https://www.youtube.com/embed/SNlKbqHqGcY

Sutradara: Rob Savage
Pemeran:  Haley Bishop, Jemma Moore, Emma Louise Webb 

Satu lagi film horor yang terasa sangat mengena alias relatable dengan kehidupan selama pandemik COVID-19. Host mengisahkan tentang enam sahabat yang sering bersilaturahmi lewat Zoom selama masa pandemik.

Suatu hari mereka memutuskan untuk mengundang seorang cenayang guna melakukan pemanggilan roh halus demi membunuh rasa bosan. Tak disangka, acara tersebut malah berubah jadi teror yang mengerikan. Walau hanya disorot dengan kamera hape dan laptop, namun film ini benar-benar terasa mencekam!

10. His House (2020)

https://www.youtube.com/embed/ZiXzUbw56RU

Sutradara: Remi Weekes
Pemeran: Sope Dirisu, Wunmi Mosaku, Matt Smith

Film horor supranatural yang satu ini ramai tuai pujian sepanjang 2020. His House berkisah tentang Bol dan Rial, sepasang suami istri pengungsi dari Sudan Selatan. Mereka berhasil kabur ke Inggris dan akhirnya mendapat bantuan.

Namun, sejak tinggal di rumah pinjaman pemerintah tersebut, muncul berbagai fenomena mistis yang mengusik kehidupan mereka. Bol dan Rial harus memilih, tetap bertahan di tengah gangguan mengerikan itu atau dikembalikan ke negara mereka yang penuh konflik.

Itu dia 9 film horor paling bikin merinding sepanjang 2020. Walau belum bisa nonton di bioskop, sebagian film di atas bisa kamu akses secara legal dari sejumlah layanan streaming film. Hati-hati nontonnya jangan sendirian terus ya!

Baca Juga: 10 Film Korea yang Berjaya Selama Pandemik 2020, Seru dan Menegangkan!

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya