Comscore Tracker

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018

Penghasilannya gak setara sama biaya produksi

Sepanjang 2018 ada banyak banget film Hollywood keren yang tayang di bioskop. Gak sedikit yang diproduksi dengan biaya gila-gilaan. Sayangnya gak semua film-film mahal ini berhasil mencetak box office.

Meski begitu menjanjikan, tapi film-film ini tak bisa menutupi biaya produksi yang besar. Yuk tengok 5 film berbiaya besar Hollywood yang tetap gagal mencetak box office sepanjang 2018 berikut ini.

1. The Hurricane Heist

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018dok. Foresight Unlimited

Sutradara: Rob Cohen
Pemeran: Maggie Grace, Ralph Ineson

Film balapan ala Fast & Furious sering kali laris. Film bencana alam seperti The Day After Tomorrow juga ikonik. Tapi menggabungkan konsep keduanya belum tentu menghasilkan kesuksesan. Diproduksi dengan biaya mencapai 40 juta USD (sekitar Rp580 miliar), Hurricane Heist hanya mampu mengantungi 31 juta USD (sekitar Rp449 miliar). Itupun setelah penjualan di seluruh dunia digabung. Lebih besar pasak daripada tiang?

2. Annihilation

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018dok. Paramount Pictures

Sutradara: Alex Garland
Pemeran: Natalie Portman, Oscar Isaac

Walau mendapat review positif dan digadang-gadang sebagai salah satu sci-fi paling brilian, namun Annihilation tetap gagal di box office. Peran keren Natalie Portman gak bisa menyelamatkan film ini untuk mendongkrak penjualan di atas 43,1 juta USD (sekitar Rp625 miliar). Bandingkan dengan biaya produksinya yang mencapai 55 juta USD (sekitar Rp798 miliar).

Baca Juga: Dibintangi Michael Jordan & Sylvester Stallone, Ini 5 Fakta Creed 2 

3. A Wrinkle in Time

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018dok. Walt Disney Pictures

Sutradara: Ava DuVernay
Pemeran: Oprah Winfrey, Reese Witherspoon, Chris Pine

Walau diperankan oleh bintang-bintang sekaliber Oprah dan Chris Pine, A Wrinkle in Time gak berhasil menggebrak box office. Padahal usaha promosi untuk mengangkat film petualangan fantasi ini juga sudah jor-joran. Dengan biaya produksi mencapai 130 juta USD (sekitar Rp1,8 triliun) film ini hanya berhasil mencetak pemasukan 132,7 juta USD (sekitar Rp1,9 triliun). Bisa dibilang hampir tanpa keuntungan. 

4. The Nutcracker and the Four Realms

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018dok. Walt Disney Pictures

Sutradara: Lasse Hallström, Joe Johnston
Pemeran: Mackenzie Foy, Keira Knightley

Lagi, film Walt Disney Pictures dengan biaya gila-gilaan harus gagal mencetak keuntungan di 2018. Promosi besar-besaran, bintang-bintang muda paling bersinar, efek visual miliaran sepertinya semua sudah dikerahkan untuk produksi The Nutcracker and the Four Realms. Sayangnya dari biaya produksi yang mencapai sekitar 133 juta USD (sekitar Rp1,9 triliun), film teranyar Kiera Knightley ini hanya mampu mendulang 139,3 juta USD (sekitar Rp2 triliun).

5. Robin Hood

Berbiaya Besar tapi 5 Film Hollywood Ini Gagal di Box Office 2018dok. Lionsgate Film

Sutradara: Otto Bathurst
Pemeran: Taron Egerton, Jamie Fox, Jamie Dornan

Sudah didera kritik negatif habis-habisan, Robin Hood masih harus menghadapi kenyataan pahit bahwa pemasukannya jauh lebih rendah dari biaya produksinya. Meski bertaburan bintang-bintang terbaik Hollywood, namun film ini tetap gagal mencetak keuntungan. Dari biaya produksi yang mencapai 100 juta USD (Rp1,4 triliun), aksi terbaru Taron Egerton ini hanya bisa meraup 49,7 juta USD (Rp721 miliar). Ah, kali ini Robin gagal menembak tepat sasaran rupanya.

Baca Juga: Gagal 'Mencuri' Hati Penonton, 5 Kekurangan Robin Hood (2018)

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Just For You